5 Tips Perawatan Tubuh Tradisional Warisan Nenek Moyang

5 Tips Perawatan Tubuh Tradisional Warisan Nenek Moyang
GAYA | 31 Mei 2020 06:28 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Orang-orang zaman dahulu punya segudang resep kecantikan yang khasiatnya terpercaya hingga saat ini. Semuanya menggunakan bahan-bahan alami, jadi relatif aman untuk kesehatan.

Soal perawatan tubuh, nenek dan buyut kita mungkin punya resep rahasia. Berikut ini aneka tips perawatan tubuh tradisional warisan nenek moyang yang masih ampuh.

1 dari 5 halaman

1. Lulur Mangir

ilustrasi lulur

©Shutterstock

Mangir terbuat dari kunyit, tepung beras, daun kemuning, temu giring, dan bunga kenanga. Lulur ini berfungsi sebagai scrub untuk mengelupas sel kulit mati sekaligus menutrisi kulit dengan kandungan antioksidan kunyit dan bahan-bahan lainnya.

2 dari 5 halaman

2. Scrub Bengkoang

ilustrasi bengkoang

©Shutterstock

Menurut Dr. Oz, bengkoang kaya akan vitamin B1 dan vitamin C yang ampuh untuk mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit. Dapatkan khasiat umbi kecantikan ini dengan mengolahnya menjadi body scrub. Cukup parut bengkoang segar, kemudian gosokkan pada kulit. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3 dari 5 halaman

3. Mandi Susu

ilustrasi mandi susu

©Shutterstock

Ini adalah resep cantik ala putri keraton. Mandi susu untuk mendapatkan kulit yang halus, cerah, dan lembut. Vitamin A, vitamin B6, vitamin D, biotin, Alpha Hidroxy Acids, dan protein dalam susu ampuh untuk menjadikan kulit halus dan lembut.

Campurkan 5 cangkir susu segar ke dalam air hangat untuk mandi, tambahkan setengah cangkir madu dan minyak esensial. GUnakan untuk berendam. Lakukan perawatan ini seminggu sekali atau seminggu dua kali agar hasilnya cepat terlihat.

4 dari 5 halaman

4. Rendaman Air Beras

ilustrasi air beras

©Shutterstock

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2013, air beras yang sudah difermentasi bisa membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi kenyal. Air rendaman beras bermanfaat untuk mendinginkan kulit yang iritasi, berjerawat, dan eczema.

Anda bisa mencampur air mandi hangat dengan air cucian beras. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambahkan aroma yang menenangkan dan kelembapan ekstra. Gunakan untuk berendam atau membilas tubuh.

5 dari 5 halaman

5. Mandi Air Sirih Hangat

ilustrasi sirih hijau

©Shutterstock

Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih. Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

Demikian berbagai resep perawatan tubuh tradisional warisan nenek moyang yang bisa dicoba di rumah. (mdk/tsr)

Baca juga:
6 Manfaat Tea Tree Oil untuk Perawatan Tubuh, Ampuh Atasi Jerawat hingga Ketombe
Rekomendasi Produk: Nutrisi Yogurt dalam 7 Produk Kecantikan untuk Perawatan di Rumah
6 Cara Menurunkan Retensi Air dalam Tubuh, Jaga Tubuh dari Cairan Berlebih
Merawat Diri dengan Oukup Spa, Mandi Rempah Tradisional Khas Sumatera Utara
Agar Tak Bosan selagi Social Distancing, Ini 5 Perawatan yang Bisa Dicoba di Rumah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5