5 Trik Merawat Tanaman Hias Indoor Biar Tetap Cantik dan Nggak Gampang Layu

5 Trik Merawat Tanaman Hias Indoor Biar Tetap Cantik dan Nggak Gampang Layu
5 Trik Merawat Tanaman Hias Indoor Biar Tetap Cantik dan Nggak Gampang Layu. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 11 Oktober 2021 17:30 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Tren merawat tanaman hias masih terus bertahan seiring dengan berkembangnya gaya hidup di rumah saja. Jadi hobi baru yang ngehits selama pandemi, merawat tanaman hias memang bisa menjadi kegiatan seru yang dilakukan agar tetap produktif di rumah. Nggak hanya itu, tanaman hias yang tumbuh subur di rumah juga bisa memberikan sensasi yang sedap di pandang, terlebih setelah berjam-jam hanya menatap layar laptop saja.

Kalau nggak punya lahan berlebih di luar rumah, memanfaatkan sudut di dalam rumah juga bisa jadi ide mengingat ada berbagai macam tanaman hias yang memang bisa dipelihara di lokasi indoor. Namun, yakin sudah melakukan perawatan yang tepat? Perhatikan trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu berikut ini.

2 dari 6 halaman

Beri Pencahayaan yang Cukup

5 trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu
©Shutterstock

Tanaman hias indoor memang bisa bertahan hidup dengan kondisi minim cahaya matahari. Namun, dalam perawatannya tentu saja kamu harus memastikan bahwa tanaman yang ada di rumah mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup sesuai dengan kebutuhannya.

Trik merawat tanaman hias indoor sebaiknya adalah dengan rutin memindahkan ke luar ruangan setidaknya dua minggu sekali. Selain itu, jika menyimpannya di dalam rumah, hindari paparan sinar matahari langsung yang malah membuat tanaman jadi gampang layu.

3 dari 6 halaman

Jadwal Menyiram Tanaman

5 trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu
©Shutterstock

Selain cahaya matahari, air juga menjadi komponen penting dalam trik merawat tanaman hias indoor yang ada di rumah. Namun, berbeda dengan tanaman hias yang hidup di luar ruangan, pada tanaman hias indoor sebaiknya tidak disiram air setiap hari. Perhatikan kondisi tanah, jika masih dalam keadaan lembap tandanya tanaman tidak perlu disiram. Jika tanah terendam air maka bisa menyebabkan pembusukkan akar yang malah membuat layu tanaman kesayangan.

Nah, jika ingin menyiram tanaman dalam ruangan, sebaiknya dilakukan saat pagi hari. Hal ini sangat penting agar air sempat menyerap ke seluruh bagian tanaman sebelum kembali menguap setelah terkena sinar matahari di siang hari.

4 dari 6 halaman

Pangkas Tanaman Secara Rutin

5 trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu
©Shutterstock

Mengontrol pertumbuhan adalah salah satu trik merawat tanaman hias indoor yang perlu dilakukan agar tumbuh sehat. Memangkas tanaman secara rutin sangat diperlukan, sebab tanaman hias yang tumbuh terlalu tinggi jelas kurang sedap dipandang.

Kamu bisa melakukannya dengan rutin memangkas area yang dapat dikontrol pertumbuhannya. Misalnya saja ranting, batang, dan daun. Selain untuk membuatnya terlihat rapi, pemangkasan ini ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan tanaman hias indoor. Misalnya saja menyingkirkan bagian tanaman yang terkena hama supaya tidak menjalar ke bagian tanaman lainnya.

5 dari 6 halaman

Jaga Kelembapan Suhu Ruangan

5 trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu
©Shutterstock

Ini dia yang mungkin jadi salah satu trik merawat tanaman hias indoor yang cukup menantang, yaitu memperhatikan kelembapan di dalam ruangan. Jika suhu di dalam ruangan terlalu panas, tanaman ternyata bisa berisiko mengalami kekeringan, lho.

Jenis tanaman hias seperti Sanseviera atau lidah mertua, sirih gading, dan bonsai beringin tahan terhadap kondisi ruangan yang kering. Tapi, banyak juga yang hanya bisa hidup dalam tingkay kelembapan ideal yaitu di rentang suhu 22-25 derajat celsius. Jika suhu ruangan terlalu kering, disarankan untuk menggunakan pendingin ruangan agar tanaman tetap sejuk dan nggak cepat layu.

6 dari 6 halaman

Tingkatkan Nutrisinya dengan Pemupukan Rutin

5 trik merawat tanaman hias indoor biar tetap cantik dan nggak gampang layu
©Shutterstock

Selanjutnya, trik merawat tanaman hias indoor yang nggak boleh terlewatkan adalah memberi tambahan nutrisi lewat penggunaan pupuk. Adapun nutrisi yang diperlukan oleh tanaman hias indoor adalah nitrogen yang berperan untuk menjaga keseimbangan. Selain itu, penting juga memberikan asupan kalium yang membantu meningkatkan kekuatan batangnya.

Untuk metode pemupukannya sendiri, disarankan untuk memberikan pada saat awal musim hujan karena tanaman hias cenderung tumbuh lebih aktif saat musim kemarau. Kamu juga bisa mengombinasikan pupuk alami dan pupuk buatan untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan.

Dengan memperhatikan beberapa trik merawat tanaman hias indoor, berbagai tanaman yang dirawat di dalam rumah pun bisa tumbuh dengan cantik dan nggak mudah layu.

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami