6 Ide Menu Buka Puasa yang Unik, Lezat, dan Mudah Dibuat Sendiri di Rumah, Yuk Coba!

GAYA | 29 April 2019 20:06 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Banyak sekali makanan dan minuman lezat yang pas disajikan saat berbuka puasa. Anda bisa mencoba menu lokal khas daerah tertentu di Indonesia, menu yang umum dibuat masyarakat Tanah Air, atau mencoba resep Western, hingga makanan unik di Asia. Biasanya orang memilih membeli makanan tersebut dengan alasan praktis dan mudah. Namun, tidak sedikit yang tertarik mencoba sendiri di rumah agar lebih hemat.

Nah, khusus untuk Anda yang tertarik memasak makanan buka puasa di rumah, coba cek ide menu di bawah ini. Menu-menu unik yang dijamin lezat, mudah dibuat, dan bisa jadi penyelamat ketika bosan dengan makanan berbuka yang cenderung sama. Anda bisa berkreasi dengan bahan di dapur, untuk membuat makanan penggugah selera.

Untuk itu, sebelum mulai memasak pastikan Anda sudah belanja kebutuhan pokok di dapur. Belanjalah di awal Ramadhan, untuk dapat harga normal yang lebih murah. Anda pun bisa memanfaatkan diskon yang ditawarkan e-commerce untuk dapatkan harga termurah.

Cek promo Ramadhan dari ShopBack, untuk bisa dapat keuntungan tambahan berupa cashback hingga ratusan ribu rupiah di setiap transaksi. Anda bisa belanja di toko online seperti Blibli, HappyFresh, Sayurbox, Lemonilo, JD.ID, dan masih banyak toko online lainnya, Jika bahan di dapur sudah terisi, yuk mulai membuat menu makanan berikut ini:

1. French Toast Gulung Nutella-Strawberry

Menu satu ini bukan hanya terlihat lezat dan keren, tapi juga mudah sekali dibuat. Sangat cocok dijadikan makanan buka puasa dadakan, dinikmati bersama keluarga, atau disajikan untuk acara buka bersama. Bahan utamanya adalah roti tawar, strawberry yang dipotong kecil, Nutella, sebutir telur dan susu cair untuk perekat saat digulung. Untuk Anda yang pemula dalam memasak, silakan cek cara membuat di search engine Google.

2. Oreo Goreng

Untuk Anda yang suka dengan biskuit populer ini, coba cara baru untuk pas disajikan waktu buka puasa. Selain nikmat dimakan dengan susu cair, oreo bisa digoreng. Bahan utamanya adalah oreo yang sudah didinginkan di kulkas dan adonan umum pembuat goreng seperti terigu, baking powder susu bubuk, gula, dan sebagainya. Cara memasaknya sama dengan membuat gorengan pada umumnya. Jika sudah jadi taburkan gula harus untuk mempercantik tampilan.

3. Pisang Wijen Singapura

Pisang goreng dari Singapura ini cukup terkenal dan digemari sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya gurih dan renyah, serta cocok jadi pelengkap menu buka puasa Anda. Bahan utamanya tentu pisang, wijen, dan adonan tepung goreng. Cara membuatnya sama seperti menggoreng pisang pada umumnya. Tambahan wijen ini membuat pisang tetap nikmat dimakan saat hangat maupun dingin.

4. Kimbap Khas Korea

Untuk Anda penggemar Korea, tentu tidak asing dengan makanan satu ini. Tampilannya mirip sushi, namun penyajiannya lebih mudah, cepat, dan bisa dikreasikan sesuka hati. Kimbap menjadi salah satu menu sehat, murah, dan mudah dibuat di rumah. Bahan utamanya hanya nasi putih, lembaran nori atau rumput laut, soy sauce atau kecap asin untuk campuran nasi, agar ada rasa. Untuk isian bebas sesuai selera seperti telur dadar, wortel, timun, ayam, dan sebagainya.

5. Salad Buah Segar

Meski sekilas tampak ringan, salad sebenarnya termasuk menu yang mengenyangkan, lezat, dan mudah sekali dibuat. Silakan pilih buah-buahan sesuai selera, lalu tambahkan yogurt, skim milk, madu atau mayonaise. Nah, untuk menjamin buah tetap segar simpanlah di kulkas dan jangan beli terlalu banyak.

Buah termasuk jenis makanan yang mudah busuk. Untuk itu, atur jadwal belanja buah-buahan lebih sering. Jika merasa repot, manfaatkan saja promo belanja online di berbagai platform kenamaan seperti ShopBack. Selain jaminan kualitas, kesegaran, dan harga murah, Anda bisa dapat tambahan cashback hingga 30% di setiap transaksi melalui ShopBack.

6. Telur Orak-Arik Sayur

Selain telur dadar dan telur mata sapi, ada banyak sekali ide olahan telur yang mudah, sehat, dan cepat dibuat. Misalnya seperti telur orak-arik dengan campuran sayur segar. Anda bisa memasukkan jenis sayur kesukaan seperti brokoli, tomat, wortel, daun bawang, kol, dan sebagainya. Potong sayur kecil-kecil untuk nikmat disajikan dengan telur.

Melalui 6 ide menu makanan buka puasa yang sehat, hemat, dan cepat dibuat ini, semoga puasa Anda mendapat berkah dan lancar hingga Idul Fitri nanti. Selamat mencoba ya!

(mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT