6 Kuliner Indonesia yang Diakui Sebagai Makanan Terenak di Dunia

GAYA | 13 November 2019 02:01 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Berikut ini kuliner Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak di dunia. Mulai dari rendang, roti gambang, hingga Indomie Goreng Jumbo yang baru-baru ini disebut sebagai ramen instan terenak di dunia oleh food columnist Los Angeles Times.

1 dari 6 halaman

1. Rendang

 /></p>
<p style=Shutterstock

Rendang sempat memuncaki daftar CNN's World's 50 Best Foods. Namun saat ini masakan khas Minangkabau itu bertengger di posisi sebelas.

Rendang adalah olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan rempah dan santan selama berjam-jam. Proses merandang yang secara harfiah berarti memasak dalam waktu lama menghasilkan olahan daging dengan bumbu pekat dan berwarna gelap.

Selain populer di berbagai daerah, rendang juga memiliki nilai filosofi penting bagi warga Minangkabau. Karena itulah masakan ini sering dihidangkan di acara-acara penting.

2 dari 6 halaman

2. Nasi Goreng

 /></p>
<p style=2018 Merdeka.com/Pixabay

Meskipun tahun ini tak masuk daftar CNN's World's 50 Best Foods, nasi goreng sempat berada di posisi atas pada tahun 2017. Saat itu makanan ini berada di posisi kedua setelah rendang.

Nasi goreng memang panganan yang sangat populer bagi warga lokal maupun turis asing. Rasanya yang sederhana menjadikan masakan ini sebagai 'pilihan aman' bagi wisatawan asing yang ingin mencoba kuliner Indonesia.

3 dari 6 halaman

3. Sate

 /></p>
<p style=Shutterstock

Sate yang juga termasuk kuliner khas Indonesia juga sempat bertengger di CNN's World's 50 Best Foods 2017, tepatnya di posisi empat belas.

Hampir setiap daerah di Indonesia punya variasi resep sate yang berbeda. Namun yang paling umum ditemui di setiap kota adalah sate ayam atau sate kambing Madura yang menggunakan bumbu kacang dan kecap.

4 dari 6 halaman

4. Roti Gambang

 /></p>
<p style=Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma

CNN baru merilis daftar 50 roti terenak di dunia. Roti gambang yang dikenal sebagai jajanan tempo dulu masuk di dalamnya. Roti peninggalan Belanda ini menempati posisi sembilan belas.

Roti gambang memiliki ciri khas berbentuk balok dengan warna kecoklatan dari gula merah dan taburan wijen di atasnya. Cara memakannya pun agak berbeda dengan roti kebanyakan. Sobek dahulu sedikit roti gambang, lalu dicelupkan di kopi pahit atau teh tawar. Harus wedang tawar, karena rasa manisnya berasal dari roti.

5 dari 6 halaman

5. Lapis Legit

 /></p>
<p style= Harlielapislegit.com

Lapis legit disebut CNN sebagai salah satu kue nasional terenak di dunia. Saat ini, kue tersebut berada di posisi tujuh belas, di belakang pavlova dari Selandia Baru, Prince Cake dari Swedia, dan Victoria Sponge dari Inggris.

Lapis legit memiliki ciri khas berupa kue yang berlapis-lapis dan beraroma spekuk. Kue ini merupakan bagian dari perpaduan tradisi kuliner nusantara dan Belanda.

6 dari 6 halaman

6. Indomie Goreng Jumbo Rasa Ayam Panggang

 /></p>
<p style=Instagram/anakmieinstan/yuliochandra

Indomie goreng disebut-sebut sebagai salah satu ramen terlezat di dunia. Pernyataan ini dibuat oleh Lucas Kwan Peterson, food columnist dari Los Angeles Times lewat daftar Instant Ramen Power Ranking bikinannya.

Peterson mencicipi 31 produk ramen instan yang cukup terkenal di Amerika Serikat dan menyebut Indomie Goreng Jumbo rasa ayam panggang sebagai yang terenak. Bahkan sampai menyebut rasanya seperti surga.

Itulah kuliner khas Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak di dunia. (mdk/tsr)

Baca juga:
Ibunda Jokowi Buka Festival Kuliner Makassar di Solo, 6.000 Makanan Dibagikan Gratis
VIDEO: Jatuh Bangun Juragan Warteg Kharisma Bahari
Cara Membuat Choipan, Kuliner Nikmat Khas Pontianak
6 Kuliner Palembang Terpopuler, Sudah Coba Semua?
Resep Telur Dadar Padang, Lauk Pelengkap Nasi Padang