6 Langkah Memutihkan Wajah Secara Alami dalam Waktu Singkat

GAYA | 1 Februari 2019 11:33 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Hampir setiap wanita menginginkan wajah yang lebih cerah. Pasalnya kulit yang cerah memang membuat seseorang terlihat lebih muda, meskipun kulit gelap yang terawat juga bisa terlihat eksotis.

Ingin menjadikan wajah lebih cerah dan berseri dalam waktu yang relatif singkat? Berikut ini beberapa tips cantik alami yang bisa diterapkan.

Tips dan cara memutihkan wajah yang disajikan berikut umumnya bisa memberikan hasil yang cukup signifikan dalam waktu singkat, namun maksimal hanya satu tingkat lebih cerah dari warna alami kulit. Pasalnya jangka waktu yang ideal dalam mencerahkan kulit adalah satu atau dua bulan. Hasil yang terlalu instan umumnya lebih berisiko.

1. Bilas wajah dengan larutan susu + madu

Ilustrasi susu madu natural care


Boldsky merekomendasikan bilas wajah dengan larutan susu full cream dan madu murni setiap pagi. Susu mengandung lactic acid dan protein yang penting untuk mencerahkan kulit. Sementara madu memiliki enzim pencerah alami dan nutrisi yang bisa menjadikan kulit lebih bercahaya.

2. Rutin menggunakan masker jeruk nipis/lemon

Ilustrasi jeruk nipis ©2014 Merdeka.com/shutterstock/cerber82


Gunakan masker alami berbahan jeruk nipis atau lemon. Dua buah yang tergolong dalam keluarga sitrus ini kaya akan vitamin C yang penting untuk mencerahkan kulit. Sementara aktivitas antioksidannya diperlukan kulit untuk mencegah kekusaman. Kombinasikan dengan bahan-bahan pencerah lain seperti susu bubuk, tepung beras, madu, atau yogurt.

Jika Anda kekurangan waktu untuk mengolah masker sendiri, gunakan sheet mask atau cream mask yang mengandung ekstrak jeruk nipis atau lemon.

3. Minum larutan madu dan jeruk nipis

Ilustrasi jeruk nipis dan madu © Tasteforlife.com


Konsumsi air madu dan jeruk nipis secara teratur untuk mengatasi jerawat dan kekusaman dari dalam. Madu yang dikombinasikan dengan air perasan jeruk nipis akan membersihkan racun dari dalam dan mencegah kulit mengalami kekusaman dan jerawat.

4. Konsumsi suplemen kulit

Ilustrasi vitamin C ©Shutterstock/Wutthichai


Konsumsi suplemen kulit yang mengandung pencerah alami seperti glutathione, vitamin C, atau ekstrak camu-camu dengan kadar tinggi. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu dan pastikan untuk membeli produk suplemen dari vendor terpercaya.

5. Gunakan serum vitamin C

Serum vitamin C ©2017 Merdeka.com


Serum adalah produk yang cukup ampuh untuk mencerahkan kulit secara alami karena mengandung vitamin C dengan konsentrasi tinggi.

6. Pakai pelembap dengan tabir surya

Ilustrasi memakai pelembap © ISTOCK/GVICTORIA


Setelah menggunakan serum, selesaikan langkah perawatan denganmoisturizer (pelembap) yang mengandung pencerah alami vitamin B3. Pastikan moisturizer juga mengandung SPF untuk perlindungan dari sinar ultra violet yang bisa menjadikan kulit mengalami pigmentasi.

Itulah cara-cara memutihkan wajah dalam waktu yang relatif singkat. Terapkan semua langkah untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Baca juga:
3 Trik Aplikasi Maskara untuk Bulu Mata Lebih Tebal, Lentik, dan Panjang
8 Produk Skincare Praktis untuk Merawat Kulit Saat Traveling
7 Cara Memanfaatkan Kulit Jeruk untuk Perawatan Kecantikan
7 Khasiat Kulit Pisang yang Menakjubkan untuk Kecantikan
3 Tips Kulit Bening Alami dari Lisa Blackpink

(mdk/tsr)