6 Makhluk Gaib dalam Mitologi yang Muncul di Drama Korea

6 Makhluk Gaib dalam Mitologi yang Muncul di Drama Korea
Arang and The Magistrate. ©MBC
GAYA | 25 Januari 2021 00:06 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - K-drama, sebutan untuk drama televisi produksi negeri ginseng disukai pemirsa di seluruh dunia karena ceritanya yang apik. Kisah dari berbagai genre bisa ditemukan. Bahkan yang bertema horor dengan sentuhan komedi dan roman pun tak kurang.

Drama Korea dengan genre horor tak jarang mengusung cerita rakyat, urban legend, hingga mitologi lokal. Misalnya saja My Girlfriend Is a Gumiho yang dibintangi Shin Min-ah dan Lee Seung-gi. Drama itu menjadikan sosok siluman rubah dari mitologi Korea sebagai tokoh utama. Selain drama tersebut, masih banyak judul lain yang juga menampilkan kisah makhluk mitologi.

Dilansir The Smart Local South Korea, berikut ini deretan makhluk mitologi Korea yang menjadi inspirasi cerita drama.

1. Gumiho

my girlfriend is a gumiho

┬ęSBS

Menurut legenda Korea, rubah yang hidup lebih dari seribu tahun akan menjadi roh dengan kekuatan besar. Makhluk ini bisa menyaru menjadi apa saja. Namun sosok favoritnya adalah wanita cantik. Gumiho yang menjelma menjadi wanita biasanya akan memikat pria dan mengantarkan mereka menuju kematian.

Kisah tentang gumiho cukup sering dijadikan inspirasi drama Korea. Walaupun begitu, biasanya gumiho digambarkan sebagai wanita jelita atau pria rupawan yang suka menolong manusia dengan kekuatan mereka. Misalnya saja gumiho yang diperankan Shin Min-ah di My Girlfriend Is a Gumiho dan karakter gumiho tampan yang dihidupkan oleh Lee Dong-wook dan Kim Bum di Tale of The Nine-Tailed. Atau gumiho-nya drama Gu Family Book.

Baca Selanjutnya: 2 Imoogi...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami