6 Metode Eksfoliasi yang Lebih Ramah Kulit daripada Scrubbing

GAYA | 22 November 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati merupakan langkah penting untuk mendapatkan kulit yang sehat, awet muda, dan jauh dari kusam. Umumnya metode eksfoliasi ini dilakukan dengan butiran scrub, garam, atau gula. Bisa juga menggunakan beras yang ditumbuk.

Masalahnya, butiran scrub yang tergolong kasar tidak selalu cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif. Berikut ini beberapa bahan eksfoliasi selain butiran scrub yang lebih ramah untuk kulit sensitif.

1 dari 6 halaman

Eksfoliasi dengan Spons

Menggunakan exfoliating sponge merupakan cara yang lebih lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Permukaan spons yang lebih lembut daripada loofah dan puff tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras saat kulit sedang berjerawat atau mengalami cedera.

2 dari 6 halaman

Dry Brushing

Metode eksfoliasi selain menggunakan scrub. ©Boldsky

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang dry brushing. Ini adalah metode pengelupasan sel kulit mati menggunakan sikat kering. Manfaatnya tak cuma mengelupas sel kulit mati. Dry brushing bisa menstimulasi sistem limfatik, melunturkan racun dari tubuh, memecah lemak di bawah kulit, membantu kulit menyerap nutrisi lebih baik, dan membantu tubuh untuk memulihkan diri lebih cepat dari inflamasi.

Pilih sikat lembut dari bahan alami. Gosok kulit dalam keadaan kering. Mulailah dari ujung kaki dan arahkan ke bagian jantung.

3 dari 6 halaman

Eksfoliasi dengan Exfoliating Glove

Selain spons dan sikat, exfoliating glove juga bisa dijadikan alternatif untuk mengelupas sel kulit mati.

4 dari 6 halaman

Eksfoliasi dengan Rolling Exfoliator

Metode eksfoliasi selain menggunakan scrub. ©JustPerfectYou.com

Ada juga rolling exfoliator, alat pengelupas kulit elektrik yang jauh lebih praktis untuk digunakan. Alat seperti ini aman digunakan untuk tipe kulit apapun.

5 dari 6 halaman

Body Peeling

Ilustrasi body peel. ©2017 Merdeka.com

Ada berbagai merek body peel yang tersedia di pasaran. Biasanya produk seperti ini mengandung agen eksfoliator alami yang bisa mengelupas kulit mati dengan mudah. Cukup dioleskan dan sedikit digosok, kulit mati akan luruh.

6 dari 6 halaman

Body Wrap dengan Madu

Metode eksfoliasi selain menggunakan scrub. ©123rf

Body wrap dari madu efektif untuk mengelupas kulit berkat sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dikandungnya. Selain itu, gluconic acid dalam madu bisa menjaga kulit dari kerusakan selama proses eksfoliasi.

Untuk membuat body wrap, campurkan madu organik dan baking soda. Tambahkan lemon untuk mencerahkan kulit dan usapkan tebal-tebal pada seluruh bagian tubuh. Tak perlu menggunakan baking soda jika kamu alergi terhadap bahan yang satu ini.

Itulah beberapa cara untuk melakukan pengelupasan kulit mati tanpa menggunakan butiran scrub. (mdk/tsr)

Baca juga:
Dinginkan Kulit Gatal, Alergi dan Iritasi dengan Berendam Oatmeal
Scrub Oatmeal dan Madu untuk Tumit, Lutut, dan Siku Kasar
Cara Memutihkan Ketiak Mudah dengan Minyak Kayu Putih
6 Produk Skincare yang Tak Boleh Ketinggalan Saat Penerbangan Jarak Jauh
6 Masalah Kecantikan Umum Saat Cuaca Panas dan Cara Mengatasinya