6 Objek Wisata Air Buatan yang Cocok untuk Sejukkan Tubuh di Cuaca Panas

GAYA | 31 Oktober 2019 13:30 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Saat cuaca panas enaknya main air bersama keluarga. Tunggu apalagi, segera meluncur ke taman wisata air di kota masing-masing.

Taman wisata air buatan memang selalu laris dikunjungi warga. Selain menawarkan kesejukan, objek wisata seperti ini juga dilengkapi berbagai wahana seru seperti ombak buatan, perahu, dan water slide.

Berikut ini rekomendasi objek wisata air buatan yang bisa dikunjungi untuk menyegarkan diri bersama keluarga.

1 dari 6 halaman

SnowBay Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Objek wisata Snowbay TMII ini terkenal karena fasilitas wisatanya sangat beragam. Luas taman wisata yang berlokasi di Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Pinang Ranti, Jakarta Timur ini mencapai tiga hektare.

 /></p>
<p style=Instagram/snowbaywaterpark

Untuk sampai ke Snowbay TMII, Anda bisa naik transportasi umum TransJaakarta atau menggunakan kendaraan pribadi. Ada banyak jenis kolam dari mulai kolam tenang, kolam arus, hingga kolam dengan air bergelombang yang sensasinya tak kalah dengan pantai asli.

Selain itu, ada juga wahana wisata yang bisa menghibur dan membuat wisata air menjadi tertantang. Wahana tersebut ada Huricane, Tube Coaster, Flush Bowl, Everslide yang berjenis perosotan air curam dan berkelok. Untuk masuk ke dalam Snowbay TMII ini, Anda cukup membayar tiket seharga Rp141 ribu pada saat weekday, dan Rp183 ribu pada saat weekend.

2 dari 6 halaman

The Jungle Water Adventure

Taman wisata The Jungle Water Adventure ini berlokasi di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Bogor Selatan, Jawa Barat. Karena taman wisata ini terletak jauh dari perkotaan, untuk sampai ke sana, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan bus rombongan.

 /></p>
<p style=Instagram/wisatariacom

Anak yang boleh masuk ke dalam wisata air buatan tersebut harus memenuhi tinggi minimal 80 cm. Wahana air yang ada di dalam sangat beragam. Rata-rata didesain untuk anak, jadi tidak ada wahana yang terlalu curam dan berbahaya.

Terdapat kolam air hangat, kolam perosotan, kolam ombak, kolam apung, kolam arus, hingga lapangan futsal air. Tiket masuk ke dalam pun termasuk murah, yaitu per kepala dikenai biaya Rp85 ribu saat weekday dan Rp100 ribu saat weekend. Dengan tiket itu, Anda bisa mencoba semua wahana yang ada di dalam The Jungle Adventure, termasuk Birdpark dan The Jungle 4D Cinema.

3 dari 6 halaman

Atlantic Dreamland Salatiga

Taman air yang berada di daerah Salatiga Jawa Tengah ini memiliki luas taman sebesar tiga hingga lima hektare. Ada 19 wahana di dalamnya dan salah satunya adalah waterboom. Kolam renang dengan wahana air di dalamnya bukan hanya bisa dinikmati anak anak saja, melainkan untuk orang dewasa juga.

 /></p>
<p style=Instagram/dreamlandsalatiga

Harga tiket masuknya terhitung murah yaitu hanya Rp55 ribu untuk seluruh wahana di dalam Atlantic Dreamland, dari wahana air hingga wahana bermainnya.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum bus dan turun di Terminal Tingkir Surakarta. Tempatnya tidak jauh dari terminal dan mudah menemukannya karena Atlantic Dreamland berada persis di pinggir jalan raya.

4 dari 6 halaman

Columbus Waterpark

Taman wisata air ini juga tak kalah seru karena terdapat banyak perosotan dari yang kecil hingga yang curam khusus dewasa. Wisata yang belokasi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat ini memiliki banyak wahana air dan wahana non air untuk anak.

 /></p>
<p style=Instagram/dellysukmasyari

Ada spot wahana air dengan nuansa pantai yang disebut Bahama. Tempat itu menyediakan kolam dengan suasana pantai seperti ombak dan lapangan voli di pinggir kolam yang didesain seperti penampakan pantai asli. Kemudian terdapat replika kapal layar dan mercusuar yang semakin mendukung suasana laut mini.

Tiket masuknya berkisar dari mulai Rp30 ribu hingga Rp60 ribu. Dalam kawasan wahana bukan hanya terdapat wahana air, tapi juga terdapat flying fox yang bisa Anda coba untuk menantang adrenalin tubuh Anda.

5 dari 6 halaman

Citraland Waterpark Pekanbaru

Panas di Pekanbaru juga tidak kalah dengan di Jakarta. Citraland Waterpark adalah wisata air buatan yang berada di Pekanbaru, persisnya di Jl Soekarno Hatta, Tengkareng, Kota Pekanbaru. Luas taman air ini sekitar 1 hektare.

 /></p>
<p style=Instagram/licsaysyummy/citralandwaterparkpku

Meskipun tidak terlalu besar, fasilitas yang ada di waterpark ini memiliki kolam khusus anak-anak dan kolam khusus dewasa. Selain kolam renang, dalam satu kawasan terdapat sporthall yang bisa digunakan untuk latihan futsal. Tiket masuknya cukup murah, yaitu hanya Rp30 ribu hingga Rp40 ribu.

6 dari 6 halaman

Mifan Waterpark Padang Panjang

Bagi Anda yang berada di Sumatera khususnya Padang Panjang, Anda bisa menyegarkan diri dari cuaca panas di Mifan Waterpark. Mifan yaitu singkatan dari Minang Fantasi. Tiket masuknya hanya berkisar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu.

 /></p>
<p style=Instagram/sametphotographie/nono_food_

Terdapat tujuh wahana air di dalam waterpark yang semuanya bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Khusus seluncuran raksasa, anak-anak dengan tinggi badan di bawah 100 meter tidak boleh mengikuti karena perosotannya yang curam.

Selain itu, dengan satu tiket Anda juga bisa mencoba wahana drypark yang ada di kawasan Mifan Waterpak seperti lapangan futsal, 4D cinema, kereta Mifan untuk membantu berkeliling waterpark.

Demikian rekomendasi tempat-tempat wisata air buatan yang bisa dikunjungi untuk liburan bersama keluarga.

Reporter: Ossid Duha Jussas Salma/Putu Elmira
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Mengenal 4 Desa Wisata Indonesia yang Masuk Daftar Sustainable Destinations Top 100
Menurut Pakar Etiket, Ini 7 Perilaku Paling Tak Sopan di Pesawat yang Perlu Dihindari
Nilai Filosofi di Balik 4 Monumen Bersejarah di Jakarta yang Jarang Diketahui Warga
Dubai Dinobatkan Sebagai Salah Satu Kota Terbaik Dunia Versi Lonely Planet
Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tingkat nan Sejuk di Malang