6 Penyebab Timbulnya Jerawat di Pipi yang Membandel dan Bikin Tidak Percaya Diri

GAYA | 14 November 2019 15:55 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Merdeka.com - Jerawat bagi sebagian besar wanita telah menjadi salah satu momok menakutkan. Bagaimana tidak, jerawat mampu mengurangi rasa percaya diri dan merusak penampilan seseorang terutama di pipi. Pasti sebagian dari kalian juga bingung apa penyebab timbulnya jerawat di pipi.

Jerawat sebenarnya terbentuk dari sel kulit mati, sebum (minyak alami kulit) dan bakteri yang menumpuk di folikel. Bagi yang belum tahu, folikel merupakan tempat tumbuhnya rambut di kulit kalian. Perlu diketahui pula, jerawat bisa muncul di mana saja baik itu di wajah, leher, dada, bahu, punggung hingga pipi.

Namun dari semuanya, sebagian besar orang cenderung menghindari jerawat d pipi. Selain mengganggu penampilan, jerawat di pipi juga mengharuskan kalian untuk tidak menggunakan make up sementara waktu. Hal ini bertujuan agar jerawat tidak bertambah buruk.

Kendati demikian, wajah tanpa make up bagi sebagian wanita merupakan sesuatu hal yang menakutkan. Daripada kalian dibuat resah terus dengan hadirnya jerawat di pipi, lebih baik cari tahu penyebab timbulnya jerawat di pipi. Yuk simak ulasan berikut ini yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Kebiasaan Menyentuh Wajah

Penyebab timbulnya jerawat yang pertama yaitu terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kalian. Sadar atau tidak, kebiasaan menyentuh wajah kerap terjadi di sebagian besar wanita. Baik itu untuk memastikan make up di wajah atau menopang wajah dengan tangan kalian.

Sayangnya, kebiasaan ini merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat di wajah terutama area pipi. Perlu diingat, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi sarangnya kuman dan bakteri.

Tentu saja, dengan menempelkan tangan di wajah mampu membuat kuman dan bakteri berpindah tempat. Terlebih bila kalian tidak terlalu sering membersihkan wajah, membuat sel kulit mati dan sebum (minyak alami wajah) menjadi menumpuk di kulit. Perpaduan sel kulit mati, sebum dan kuman bakteri inilah yang menyebabkan jerawat muncul tak terbantahkan.

2 dari 6 halaman

Ponsel yang Tidak Bersih

Tak hanya tangan, ponsel juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi. Bahkan, ini merupakan penyebab utama jerawat sering muncul di area pipi. Sebabnya, tidak semua orang memperhatikan kondisi kebersihan ponsel secara menyeluruh. Padahal, ponsel dikenal sebagai salah satu benda yang menjadi sarang kuman dan bakteri selain toilet serta remot. Terlebih ponsel juga sering bersentuhan langsung dengan tangan.

Sayangnya, sebagian dari kalian cenderung akan membersihkan wajah bila ponsel terlihat sangat kotor secara kasat mata. Padahal, ponsel yang terlihat bersih saja belum tentu terjamin bebas dari adanya kuman dan bakteri.

Nantinya, ketika kalian sedang menelepon sangat memungkinkan kuman dan bakteri dari ponsel akan berpindah ke wajah terutama pipi kalian. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kalian untuk membersihkan ponsel dengan kain sedikit basah setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Seprei yang Jarang Dibersihkan

Penyebab timbulnya jerawat di pipi lainnya yaitu akibat dari seprei yang jarang dibersihkan. Tahukah kalian? Setiap harinya, kulit kalian akan merontokkan sel kulit mati. Seprei inilah salah satu tempat yang menampung sel kulit mati kalian tanpa disadari. Tak hanya itu saja, kotoran, bakteri, kuman, bulu hewan peliharaan, hingga sisa make up juga mampu berkumpul di bantal dan seprei.

Ketika tidur, kotoran dan kuman tersebut nantinya akan menempel di kulit wajah dan bisa menyumbat pori-pori wajah. Jangan kaget jika kalian akan mendapatkan komedo atau bahkan jerawat di area wajah terutama pipi. Maka dari itu, akan lebih baik bila kalian mengganti seprei setiap beberapa hari sekali atau bisa seminggu satu kali. Tak hanya itu, pilihlah seprei yang berbahan katun sebab jenis kain ini mampu menyerap keringat dan minyak pada wajah.

4 dari 6 halaman

Salah Memilih Produk Make Up

Sebagai seorang wanita sudah kodratnya untuk menjaga penampilannya. Sebenarnya, tak hanya wanita saja namun para pria juga harus mampu menjaga penampilannya. Tak mengherankan bila sebagian besar wanita akan menggunakan beberapa produk kecantikan mulai dari skin care hingga make up. Namun, akan berbahaya jika kalian salah memilih produk kecantikan tersebut. Salah satu efek sampingnya yaitu timbul jerawat di wajah terutama pada area pipi.

Ya memang, tidak semua produk kecantikan baik skin care ataupun make up bisa cocok dengan jenis kulit kalian. Sadar atau tidak, skin care dan make up cenderung memiliki beberapa varian yang telah disesuaikan dengan jenis kulit sebagian besar orang. Maka dari itu, sebelum membeli make up dan skin care ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa yang sedang dibutuhkan oleh wajah. Tak hanya itu, pilihlah make up dan skin care yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Hindari make up yang mengandung minyak jika kalian memiliki jenis kulit berminyak.

5 dari 6 halaman

Salah Mengonsumsi Makanan dan Minuman

Tahukah kalian, salah memilih makanan dan minuman juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi. Terlebih bila makanan dan minuman tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Mulai dari nasi putih, pasta, roti, junk food, minuman manis hingga minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut ternyata mampu meningkatkan kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh.

Adanya peningkatan insulin dan kadar gula darah juga akan memicu hormone androgen menjadi lebih aktif. Bukan sesuatu yang baik, meningkatnya hormone androgen juga akan menyebabkan sel kulit mati lebih cepat tumbuh dan produksi minyak alami kulit semakin meningkat. Kondisi inilah yang membuatnya rawan timbulnya jerawat di kulit terutama bagian wajah pada area pipi.

6 dari 6 halaman

Stres yang Berlebihan

Stres juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di pipi yang jarang kalian sadari. Ketika kalian sedang stres, secara naluriah tubuh akan mengalami perubahan hormon. Perubahan inilah yang memiliki peranan penting terbentuknya jerawat di pipi atau bagian tubuh lainnya. Bahkan sebuah studi mengatakan, stres mampu memicu pertumbuhan jerawat menjadi lebih buruk atau parah.

Saat sedang stres, sebagian besar orang justru cenderung akan melakukan kebiasaan atau perbuatan yang buruk. Mulai dari merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis hingga makan dalam porsi yang terlalu banyak. Padahal, semua kebiasaan atau perbuatan tersebut dapat memicu jerawat tumbuh subur di kulit kalian.



(Sumber: alodokter dan doktersehat)

(mdk/tan)