Kaleidoskop 2020: 6 Resep Roti Kekinian yang Viral di Tahun 2020

Kaleidoskop 2020: 6 Resep Roti Kekinian yang Viral di Tahun 2020
Japanese milk bun. ©LifeHacks
GAYA | 31 Desember 2020 13:59 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tampaknya baking menjadi hobi baru yang banyak diminati di tahun 2020. Anjuran untuk di rumah saja membuat banyak orang mencari ragam aktivitas yang bisa dilakukan tanpa harus keluar. Salah satunya adalah baking alias membuat kue. Tak heran jika sepanjang tahun ini banyak jenis roti yang viral. Beberapa di antaranya bahkan menjadi ladang bisnis kuliner.

Yuk, buat berbagai jenis roti kekinian yang viral di sepanjang tahun 2020. Mulai dari Korean garlic bread, odading, sampai Japanese milk bread. Sajikan sebagai cemilan untuk keluarga, hantaran, atau bahkan ide bisnis kuliner. Berikut ini resep lengkapnya yang bisa Anda coba.

1. Roti Jabrik

ilustrasi roti jabrik
©2020 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Sebenarnya, roti jabrik adalah jenis roti goreng yang diisi dengan krim dan ditaburi keju parut melimpah. Rasanya memang legit dan gurih, namun sebenarnya tak sulit dibuat.

Ingin mencoba bikin sendiri? Berikut ini resep roti jabrik kekinian yang bisa dipraktikkan di rumah.

Bahan Roti:

  • 25 sendok makan tepung terigu protein tinggi
  • 110 ml air hangat/secukupnya
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ragi
  • sejumput garam

Topping:

  • keju cheddar parut secukupnya

Isian Krim:

  • 165 gram keju cheddar, parut
  • 200 ml susu full cream

Cara Membuat Roti Jabrik:

  1. Larutkan gula pasir ke dalam satu gelas kecil air hangat. Masukkan ragi dan larutkan juga. Diamkan sekitar 5 menit atau hingga mengembang.
  2. Campurkan terigu dan garam. Tuang air ragi, masukkan telur yang sudah dikocok, dan aduk adonan. Tuang sedikit demi sedikit air hangat secukupnya. Uleni adonan hingga tidak terlalu lengket. Diamkan selama 1 jam agar mengembang, jangan lupa menutup wadah adonan dengan kain.
  3. Untuk isian krim, panaskan keju soft dengan susu, aduk rata hingga kental. Angkat dan dinginkan. Pastikan teksturnya tidak terlalu cair.
  4. Jika adonan roti sudah mengembang, uleni sebentar, bagi-bagi menjadi beberapa bagian. Tutup dengan kain atau plastik agar tidak kering.
  5. Bulatkan dan pipihkan setiap adonan, isi dengan krim. Bungkus dan bulatkan adonan agar isi tidak bocor. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan lagi adonan selama 30 menit.
  6. Panaskan minyak, goreng dengan minyak panas menggunakan aoi kecil. Balik sekali ketika sudah matang.
  7. Oles dengan sisa krim, dan celup ke dalam keju parut hingga jabrik. Lakukan hingga roti habis.

Baca Selanjutnya: 2 Korean Cream Cheese Garlic...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami