6 Surga Wisata Buku Buat Para Bibliophile di Kota Malang

GAYA » MALANG | 31 Januari 2019 08:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Bibliophile alias pecinta buku selalu perlu bacaan baru. Selalu butuh hiburan yang berhubungan dengan literatur. Entah itu dengan mengoleksi buku atau pernak-pernik bertema fiksi favorit. Bahkan tempat nongkrong pun kalau bisa masih berhubungan dengan buku.

Nah, buat bibliophile yang sedang ada di kota Malang, berikut ini beberapa tempat seru untuk wisata buku.

1 dari 6 halaman

Pasar Buku Wilis

Pasar Buku Wilis. ©Instagram/nadhirahennaidi

Pecinta buku pasti tak asing dengan pasar buku yang satu ini. Ribuan buku berbagai jenis dijajakan dengan rapi di pasar buku Wilis. Tak jarang, kamu juga akan menemukan beberapa buku tua, maupun buku edisi lama dalam kondisi yang masih apik.

Harga yang dibanderol untuk setiap buku di pasar ini terbilang murah. Terlebih, jika kamu memiliki kelebihan dalam hal tawar-menawar harga. Karena, saat berbelanja di pasar ini, pembeli masih bisa negosiasi harga yang ditawarkan penjual. Pasar ini terletak di Jalan Simpang Wilis Indah, Gadingkasri, Kota Malang.

©Instagram/nadhirahennaidi

2 dari 6 halaman

HDR Comic Cafe

HD R Comic Cafe. ©2019 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Kafe yang beralamat di Jalan Bunga Coklat No.11 ini cocok buat penggemar komik dan manga. Lantai dua dilengkapi rak-rak berisi manga lawas yang bebas dibaca pengunjung kafe. Juga ada novel populer seperti Harry Potter dan cerita silat lokal macam Naga Sasra dan Sabuk Inten.

Lantai pertama dihiasi dengan pajangan action figures, board games, dan perangkat game online. Khusus board games, mereka punya sekitar 200 permainan dari luar negeri maupun bikinan lokal. Mereka juga sering mengadakan turnamen board games di sini.

3 dari 6 halaman

Pasar Buku Velodrome

Pasar Buku Velodrome. ©2019 Merdeka.com/Siti Rutmawati

Pasar buku dan seni Velodrome merupakan pasar buku murah yang menjajakan berbagai jenis buku bekas maupun baru dengan harga miring. Uniknya, pasar buku ini menyediakan buku-buku tua nan antik, yang tentu saja jumlahnya sangat terbatas.

Jika butuh buku yang tergolong langka, atau buku yang sangat tua, kamu bisa mencarinya di pasar buku ini. Pasar buku Velodrome terletak di jalan Kalimosodo XII No.9, Madyopuro, Kota Malang.

Terkait dengan harga, buku-buku yang ada di pasar buku ini dijual sangat murah. Namun, harga khusus diberlakukan untuk jenis buku antik. Pasalnya, jenis buku yang satu ini biasanya berusia tua, dan jarang ditemukan. Tak heran, jika harga yang dipatok mulai dari Rp100.000.

4 dari 6 halaman

Perpustakaan Anak Bangsa

Perpustakaan Anak Bangsa. ©2019 Merdeka.com/Rizky Wahyu Permana

Terletak di desa Sekarpuro, kecamatan Jabung, kabupaten Malang, awalnya perpustakaan gratis ini memang sengaja dibuat untuk masyarakat di sekitarnya. Tanpa disangka, perpustakaan yang didirikan oleh Eko Cahyono ini berhasil menggaet para pecinta buku, khususnya yang berada di kawasan Malang Raya. Hingga tahun 2016 lalu, setidaknya tercatat bahwa Perpustakaan Anak Bangsa memiliki 10 ribu anggota.

Sejak awal berdiri tahun 1998, perpustakaan ini berhasil mengumpulkan lebih dari 50 ribu koleksi buku dengan berbagai jenis yang berbeda-beda. Perpustakaan ini menyediakan pelayanan peminjaman buku tanpa pemungutan biaya alias gratis. Asiknya, tak ada syarat khusus yang diberlakukan untuk para peminjam buku. Benar-benar surga bagi pecinta buku, bukan?

5 dari 6 halaman

Taman Baca Amin

Poligigi dan Taman Baca Amin. ©2015 Merdeka.com/Tantri Setyorini

Tempat yang juga dikenal dengan nama perpustakaan kontainer ini berada di Jalan Sultan Agung. Tepat di samping Jatim Park I dan cuma beberapa puluh meter dari Museum Angkut.

Poligigi dan Taman Baca Amin dikelola oleh Jatim Park I. Bangunannya satu area dengan kompleks pujasera, rumah kaca, dan trick art museum yang ada di sana. Bangunannya berasal dari kontainer bekas yang difungsikan kembali.

Kontainer biru untuk koleksi bacaan populer, hiburan dan umum. Kontainer kuning isinya bacaan wanita, sementara yang merah khusus untuk bacaan bertema sains. Difasilitasi dengan ruang baca nyaman, lantai berlapis karpet, AC, colokan, dan wifi. Tak ketinggalan meja kursi dan sofa empuk di setiap sudut. Ada ruang baca umum, ada juga ruang baca anak.

6 dari 6 halaman

Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang

Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. ©Instagram/knputrii

Diresmikan sejak Agustus 1966 silam, Perpustakaan Umum Kota Malang menjadi salah satu lokasi yang asik untuk menikmati sajian buku yang beragam. Akhir tahun 2003, perpustakaan ini sempat mengalami renovasi, untuk memenuhi standar perpustakaan modern. Tak heran, jika kini penampilan perpustakaan yang terletak di Jalan Ijen No 30A ini benar-benar 'ramah' bagi pengunjung muda. Bahkan sempat menyabet penghargaan sebagai perpustakaan umum terbaik di Indonesia.

Hingga saat ini, perpustakaan kota Malang ini memiliki sekitar 42 ribu koleksi buku. Buku-buku fiksi macam novel dan komik pun terbilang lengkap.

Ruang baca yang nyaman akan membuat kamu betah berlama-lama di perpustakaan ini. Ada Wi-Fi, komputer yang bisa dipakai bergiliran, dan pemutaran film seminggu sekali. Tak jarang, perpustakaan ini juga menggelar pameran sekaligus bazaar buku dengan harga yang sangat murah.

©Instagram/knputrii (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Kasus Kepribadian Ganda Fenomenal yang Jadi Inspirasi Fiksi Terkenal
Tiga Jurnalis Turki Tulis Buku Tentang Rincian Pembunuhan Khashoggi
Penampakan Toko Buku Paling Indah di Dunia
TNI AD Sita Ratusan Buku Bertema Komunis di Pare, Tulisan Soe Hok Gie Ikut Diamankan
Sekolah di AS Pasang Vending Machine Berisi Buku Gratis untuk Rangsang Minat Baca