6 Tips buat belanja cerdas tanpa kalap

6 Tips buat belanja cerdas tanpa kalap
ilustrasi belanja. shutterstock/ gpointstudio
GAYA | 4 Oktober 2014 11:31 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kamu hobi belanja tetapi takut menyambangi mall, terutama saat sedang tanggung bulan. Pasalnya kamu sering kebablasan, belanja seperti orang lagi kalap. Tergoda diskon besar-besaran sampai akhirnya lupa diri. Padahal barang-barang yang kamu beli sebenarnya masih belum masuk daftar prioritas kebutuhan kamu.

Untuk menghindari hal seperti ini, kamu perlu perencanaan sebelum belanja. Benar sekali, belanja juga butuh perencanaan yang matang agar kamu tidak menghambur-hamburkan uang saat kebutuhan lain masih mengantre di daftar anggaran bulanan. Karena itu, coba simak beberapa tips belanja berikut, ya.

1. Tentukan budget

Benar sekali, sebelum berbelanja alangkah baiknya kalau kamu menyiapkan anggaran belanja dulu. Bikin perencanaan besar dulu. Dalam sebulan berapa rupiah yang kamu sisihkan untuk memuaskan hobi belanjamu. Pisahkan anggaran belanja untuk kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan urgent dari anggaran untuk belanja hedon.

Kalau kamu termasuk yang harus belanja seminggu sekali, dari anggaran belanja bulanan tadi pecahkan lagi menjadi anggaran belanja mingguan. Dengan begini kamu jadi tahu batasan berapa yang bisa kamu keluarkan untuk bersenang-senang tanpa harus mengencangkan ikat pinggang di tanggal tua.

2. Bikin daftar belanja

Setelah menyiapkan anggaran, buat daftar belanja. Tuliskan barang-barang apa saja yang ingin kamu beli. Perhitungkan juga perkiraan biaya totalnya. Ini juga bisa membantumu tetap 'di jalur' saat sedang lapar mata melihat barang-barang lucu di mall.

3. Jangan terburu nafsu karena diskon

Diskon besar-besaran produk fashion kesukaanmu memang godaan yang sulit ditolak. Tetapi jangan sampai kalap dan lupa diri, ya. Sekeren dan semurah apapun harganya, tanya diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan beli. Apakah kamu benar-benar perlu barang itu?

Lirik daftar belanja dan ingat-ingat kebutuhan lain yang belum terbeli. Jangan sampai dompet kamu kosong sebelum barang yang jauh lebih penting sempat terbeli.

4. Belanja sendiri

Salah satu kebiasaan cewek saat belanja bareng-bareng adalah lapar mata saat sobat membeli baju atau aksesoris lucu. Akhirnya tanpa pikir panjang kamu ikutan beli barang yang sama.

Ini dia yang bikin kamu boros. Kalau ingin hemat, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba pergi belanja sendiri.

5. Jangan belanja saat galau atau lapar

Benar sekali. Jangan pergi berbelanja saat kamu sedang galau, sedih, marah, atau lapar. Saat-saat seperti ini kamu cenderung emosional, termasuk dalam mengeluarkan uang. Setelah puas melampiaskan emosi dengan belanja, sampai di rumah akhirnya kamu malah menyesali diri karena isi dompet yang tinggal selembar.

6. Bayar tunai

Membayar belanjaan secara tunai juga cara yang bagus untuk mencegah boros. Membayar secara tunai atau dengan kartu kredit itu memberikan efek psikologis yang berbeda. Lembaran rupiah yang kamu keluarkan langsung dari dompet jelas bisa membuat kamu lebih mawas diri daripada saldo rekening yang berkurang di bank.

Itulah 6 tips belanja cerdas dan hemat yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba, ya. (mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami