7 Festival kuliner paling seru yang bakal bikin lidahmu bergoyang

7 Festival kuliner paling seru yang bakal bikin lidahmu bergoyang
GAYA | 19 April 2017 04:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Dulu festival makanan diselenggarakan untuk merayakan dan mensyukuri hasil panen yang sukses. Saat inilah orang-orang berkumpul untuk berpesta pora. Makanan dan minuman melimpah, kembang api, dan dansa-dansi menjadi acara utama.

Tradisi ini bertahan sampai sekarang. Hampir setiap daerah, kota, dan negara mengadakan festival kuliner tahunan. Hanya saja di zaman modern ini tujuan festival makanan sudah bergeser. Kini sudah berubah menjadi ajang untuk mempromosikan kuliner lokal atau tempat penyelenggaraan festival itu sendiri.

Apapun alasannya, yang pasti festival kuliner masih menjadi salah satu perayaan yang selalu dinanti. Di mana lagi kita bisa menemukan aneka jenis makanan unik dan lezat dari berbagai tempat di satu titik? Festival kuliner adalah tempat yang paling tepat untuk menjelajahi ragam kuliner dalam satu hari saja.

Festival makanan apa saja yang pernah kamu datangi? Apakah seseru festival makanan di berbagai negara berikut ini?

1 dari 7 halaman

Mount Tsukuba Plum festival

plum festivalTsukuba Plum Festival. ©Instagram

Mount Tsukuba Plum Festival sebenarnya adalah festival musim semi yang dirayakan setiap tahun di Tsukuba. Festival ini berpusat di hutan plum Gunung Tsukuba dan berlangsung mulai tanggal 25 Februari hingga 20 Maret.

Atraksi utama Mount Tsukuba Plum Festival adalah menyaksikan bunga plum putih, merah, dan merah muda yang bermekaran. Namun festival ini sekaligus menjadi pesta kuliner tradisional Jepang. Selama festival berlangsung, sejumlah kedai lokal menawarkan menu istimewa yang dibuat dengan campuran buah atau bunga plum. Misalnya rice bowl mayones dengan plum dan ayam Akane khas Tsukuba, nasi plum dan sup kenchin, soba atau udon dari tororo (ubi serut) dan plum, nasi daging wagyu dengan kaldu plum, sushi plum dan perilla, puding plum, es krim plum, dan taiyaki isi selai plum manis.

Selain mencicipi hidangan serba plum dan memandang bunga mekar, peserta festival juga bisa mengikuti perburuan kodok emas di hutan plum dan belajar membuat pensil dari kayu pohon plum.

2 dari 7 halaman

Dubai Food Festival

festivalDubai Food Festival. ©Instagram

Tanggal 23 Februari hingga 11 Maret 2017 lalu digelar Dubai Food Festival, salah satu festival kuliner bertaraf internasional paling meriah. Tak hanya mengumpulkan vendor jajanan dan restoran dari berbagai daerah, festival ini juga dimeriahkan dengan demo memasak dari sejumlah celebrity chef.

Ada beberapa event menarik yang menarik para pengunjung, yaitu Etisalat Beach Canteen, Miele Dubai Restaurant Week, Taste of Dubai, dan Eat the World DXB. Namun yang paling dinanti setiap tahun adalah Etisalat Beach Canteen. Di sini pengunjung bisa menikmati sajian dari sederet food truck di kantin dadakan yang dibangun di tepi pantai. Menyantap makanan lezat sambil menikmati suasana pantai.

3 dari 7 halaman

Halal Food Fest Toronto

fest torontoHalal Food Fest Toronto. ©Instagram

Makanan halal tampaknya sedang digemari di seluruh dunia. Jadi jangan heran kalau kota Toronto, Kanada bisa punya festival makanan halal yang digelar setiap tahun. Makanan yang disajikan benar-benar beragam, tak cuma kuliner khas Timur Tengah.

Halal Food Fest Toronto menyuguhkan ragam kuliner halal kota tersebut dengan mengundang berbagai restoran, pabrik makanan lokal, bakery, stan khusus yang menjajakan makanan dari seluruh dunia. Lebih dari 100 stand makanan akan tampil di festival ini.

Halal Food Fest Toronto akan diselenggarakan selama satu bulan penuh, mulai tanggal 16 Juni sampai 16 Juli 2017.

4 dari 7 halaman

Hawaii Food & Wine Festival

wine festivalHawaii Food & Wine Festival. ©Instagram

Menikmati hidangan istimewa sambil bersantai di surga tropis Hawaii. Itulah yang coba ditawarkan oleh Hawaii Food & Wine Festival. Di sini pengunjung bisa menjajal kreasi dari para chef master serta bertemu dengan para tokoh dunia kuliner. Para pembuat anggur dan spirit (sejenis alkohol) juga akan berbagi pengetahuan tentang minuman dan mengajak pengunjung untuk mencicipi berbagai jenis minuman beralkohol.

Hawaii Food & Wine Festival diadakan pada akhir Oktober sampai awal November. Makanan yang disajikan di festival ini menonjolkan produk dari para petani, peternak, dan nelayan lokal. Jadi ada banyak hidangan lezat khas tropis yang bisa dicoba.

5 dari 7 halaman

Jakarta Street Food Festival

food festivalJakarta Street Food Festival. ©Instagram

Jakarta Street Food Festival juga termasuk festival kuliner seru. Tahun lalu pesta kuliner ini diadakan di La Piazza, Kelapa Gading.

Ada lebih dari 100 stan makanan yang menawarkan jajanan khas ala kaki lima. Baik yang bercitarasa lokal maupun kuliner dari negeri seberang yang lagi hits di tanah air seperti bakmi, churros, bakso mercon, siomay, ichitori, sate taichan, sushi, okonomiyaki, dan tteokpokki. Selain berbagai jenis kuliner lezat, Jakarta Street Food Festival juga dimeriahkan dengan pasar malam.

6 dari 7 halaman

LA Food Fest

festLA Food Fest. ©Instagram

LA Food Fest merupakan wajah baru dari LA Street Food Festival. Festival kuliner yang satu ini jadi atraksi favorit warga Los Angeles dan sekitarnya karena menyajikan ragam kuliner nikmat di jalanan. Mulai dari burger, tamale, kebab, hot dog bungkus bacon, dan jajanan kaki lima khas Amerika lainnya.

Untuk tahun ini, LA Food Fest akan diselenggarakan di Los Angeles Memorial Coliseum pada tanggal 10 Juni 2017. Seperti slogan festival, para pengunjung sebaiknya mengenakan celana longgar yang mudah melar, karena bisa dipastikan mereka bakal mencicipi makanan sampai kekenyangan.

7 dari 7 halaman

Singapore Food Festival

festivalSingapore Food Festival. ©Instagram

Meskipun termasuk negara kecil, Singapura punya belasan festival makanan seru yang selalu dinanti. Yang paling populer adalah Singapore Food Festival. Festival ini disponsori oleh Singapore Tourism Board dan digelar setiap tahun. Menampilkan aneka kuliner khas melayu dan fusion di kafe-kafe pop-up.

Acara utama dalam Singapore Food Festival adalah STREAT di mana para chef dan penjaja makanan mengolah kreasi hidangan modern dengan citarasa Melayu sebagai inspirasi. Tentunya dengan harga yang ramah di kantong pengunjung. Salah satu masakan peranakan Melayu dan barat yang patut dicoba di sini adalah laksagne, lasagna ala Italia dengan rasa laksa khas melayu.

Itulah berbagai festival kuliner seru yang bakal bikin lidahmu bergoyang saat mengunjunginya. (mdk/tsr)

Baca juga:
10 Kuliner ekstrem Indonesia yang mungkin belum pernah kamu dengar
Laris manis bisnis kuliner pedas
The Bletchley, bar unik bertema mata-mata di London
Sensasi bersantap mewah di atas restoran pesawat Hawai Adda
Kafe bertema geologi tawarkan makanan berbentuk batuan dan mineral

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5