7 Kandungan Antiaging Terbaik Menurut Dokter Kulit

7 Kandungan Antiaging Terbaik Menurut Dokter Kulit
Ilustrasi kulit cantik. © pexels.com/Shiny Diamond
GAYA | 4 November 2021 11:47 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Belakangan, variasi produk antiaging yang ditawarkan di pasaran makin beragam. Kandungan antiaging andalannya pun cukup variatif. Pertanyaannya, mana yang harus dipilih?

Buat menjawab pertanyaan itu, tiga dokter kulit Amerika Serikat merekomendasikan kandungan-kandungan antipenuaan terbaik yang bisa didapatkan dari produk skincare. Berikut ini penjelasan selengkapnya seperti dilansirByrdie.

1. Sunscreen

sunscreen dengan formula ringan
©2021 Tantri Setyorini

Perlindungan terhadap kulit merupakan antiaging skincare terbaik. Karena itulah, sunscreen harus menjadi prioritas Anda. Aplikasikan sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih pada kulit setiap hari untuk melindungi DNA kulit dari kerusakan.

"Sunscreen adalah kandungan antiaging nomor satu yang telah diteliti," tutur Dr. Mamima Turegano, ahli dermatologi dan dermatopatologi yang berbasis di Old Metairie, Los Angeles. "Memang tidak mewah, tapi tanpa sunscreen, produk lain yang Anda gunakan akan 'dilawan' oleh kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet."

2. Retinoid

"Retinoid dianggap sebagai kandungan antiaging unggulan," tutur Dr. Turegano lagi. "Retinoid adalah molekul turunan vitamin A yang bekerja lebih dalam di lapisan kolagen untuk membantu penyusunan ulang kolagen, juga di permukaan kulit untuk meningkatkan pergantian sel dan memperbaiki diskolorasi serta warna kulit tidak merata."

Retinoid merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut beberapa kandungan antiaging seperti retinol dan tretinoin. "Retinol adalah kandungan antiaging kuat yang bekerja merangsang pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen natural kulit di epidermis serta dermis," papar Dr. Dennis Gross, ahli dermatologi bersertifikat dan pendiri Dr. Dennis Gross Skincare.

2 dari 4 halaman

3. Vitamin C

ilustrasi serum wajah
© pexels.com/Pavel Danilyuk

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang bekerja maksimal bersama sunscreen dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan kerusakan akibat radikal bebas. "[Vitamin C] juga membantu pembentukan kolagen dan membantu permukaan kulit terluar mengatasi hiperpigmentasi," jelas Dr. Turegano.

Jika ingin mendapatkan formula skincare dengan vitamin C yang lebih kuat, cari serum vitamin C yang diformulasikan dengan asam ferulat. Kandungan ini adalah antioksidan kuat yang juga berperan menstabilkan vitamin C.

4. Peptida

"Peptida membangun protein dan mengirimkan sinyal untuk membantu pembentukan kolagen," kata Dr Turegano. "Dan tergantung pada peptida, mereka juga dapat mengirim sinyal untuk meningkatkan kelembapan di kulit."

Meskipun lebih jarang dibahas daripada kandungan seperti SPF dan retinol, penelitian telah menunjukkan bahwa peptida cukup efektif dalam melawan tanda penuaan. Satu studi tahun 2020 yang dilakukan pada sekelompok 20 wanita di atas usia 40 tahun menemukan bahwa aplikasi topikal peptida mengurangi kerutan secara signifikan hanya dalam 2 minggu.

3 dari 4 halaman

5. Epidermal Growth Factor

ilustrasi perawatan wajah© pexels.com/Greta Hoffman

"Growth factor adalah protein besar dari sel manusia, sel hewan, atau sel tumbuhan yang mendorong peningkatan protein struktural seperti kolagen dan elastin," kata Dr. Turegano.

"Mereka juga membantu perbaikan jaringan setelah cedera, yang menjadikannya produk ideal setelah prosedur kecantikan seperti microneedling dan laser."

6. Hyaluronic Acid

"Hyaluronic acid adalah salah satu kandungan antiaging terbaik," papar Dr. Anthony Rossi Jr., ahli dermatologi dan pakar kulit sensitif terkemuka. Menurutnya, kandungan ini menahan air hingga seribu kali beratnya sehingga dapat membantu mencegah penuaan dengan melembapkan kulit.

Asam hyaluronat atau hyaluronic acid bagus untuk kulit kering. Kandungan ini mampu menghasilkan efek mengencangkan secara instan dan meningkatkan kesehatan kulit secara berkala.

4 dari 4 halaman

7. MEP Technology

ilustrasi kulit cantik© pexels.com/Shiny Diamond

MEP Technology adalah kandungan antiaging yang terbilang baru dan belum banyak ditemukan di pasaran. MEP sendiri merupakan singkatan dari Methyl Estraodiolpropanoate.

MEP dianggap sebagai NERA (Non-Hormonal Estrogen Receptor Aide) yang bekerja secara nonhormonal membantu merangsang jalur reseptor estrogen di kulit. Dalam studi klinis yang diterbitkan di JDD, MEP ditemukan dapat membantu meningkatkan reseptor yang diekspresikan fibroblast.

Kandungan ini terbukti mampu mengatasi kulit kering, kendur, atrofi, kusam, keriput, dan eritema. Intinya, semua masalah kulit yang disebabkan kurangnya estrogen.

Demikian berbagai kandungan antiaging terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam produk skincare. Mau coba yang mana?(mdk/tsr)

Baca juga:
6 Manfaat Sauna bagi Kesehatan Kulit, Bantu Jaga Kelembapan Kulit
5 Mitos Seputar Penggunaan Sunscreen yang Perlu Diluruskan
6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan
8 Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah, Ternyata Ampuh Bersihkan Pori-pori
Pamer Wajah Glowing & Minim Kerutan, Nenek Umur 80 Tahun Ungkap Rahasia Kecantikannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami