7 Makanan Khas Sumatera Selatan yang Tak Kalah Enak dari Pempek

GAYA | 14 November 2019 12:03 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang menjadi andalan adalah Pempek. Sumatera Selatan merupakan provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Pulau yang umumnya disingkat dengan Sumsel ini beribukota di kota Palembang, itu mengapa Pempek jadi andalannya.

Pempek adalah salah satu makanan khas Sumatera Selatan, terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan ditambahkan tepung kanji, tidak hanya itu komposisi seperti telur, bawang putih, penyedap rasa, serta garam juga tercampur adonannya.

Singkat cerita, dulu pempek terbuat dari daging ikan belida, seiring berkembangnya zaman bahan baku utama pempek berubah menjadi ikan gabus, dikarenakan populasi ikan belida sudah semakin langka. Saat ini pempek lebih banyak diproduksi dengan bahan baku utama daging ikan sungai dan ikan laut.

Kurang mantap jika makan pempek dimakan tanpa kuah saus berwarna hitam, cuko. Cuka atau cuko ini terbuat dari air yang direbus kemudian ditambahkan gula merah, sedikit ebi, garam, bawang putih, dan cabai tumbuk. Tampilan dari cuko ini hamper menyerupai kecap asin yang teksturnya cair, namun berbeda rasa.

Selain menjadi provinsi yang kaya akan sumber daya alam, Sumatera Selatan juga kaya akan cita rasa masakannya. Agar Anda tahu apa saja masakan khas Sumatera Selatan selain pempek, Berikut 7 makanan khas Sumatera Selatan yang cita rasanya tak kalah enak:

1 dari 5 halaman

1. Mie Celor

Mie celor adalah salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang berbahan utama udang dan mi sebagai bahan dasarnya. Mie celor juga disajikan bersama pelengkap yang lain seperti tauge, telur, daun seledri, perasan jeruk nipis, dan kuah santan.

Mie celor memiliki keunikan, yaitu bahan-bahannya disiram air panas terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan. Karena berkuah, makanan ini lebih cocok dimakan saat masih panas, dan sangat cocok dimakan ketika udara sedang dingin.

2 dari 5 halaman

2. Pindang

Pindang merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Pindang sendiri adalah ikan yang digarami, dan dibumbui, kemudian diasapi, atau direbus hingga kondisi kering, dengan begitu ikan dapat tahan lama. Makanan khas Sumatera Selatan ini tersedia dengan berbagai varian, ada pindang ikan, pindang tulang, hingga pindang udang.

3. Burgo

Palembang lebih dikenal dengan pempeknya. Namun siapa sangka bahwa ada olahan makanan yang tak kalah enak, burgo. Memang burgo masih asing di telinga masyarakat. Burgo merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan, Palembang yang terbuat dari tepung beras, dan sajikan bersama siraman kuah kental dan gurih.

Jika diperhatikan, burgo sedikit mirip seperti kwetiaw, bedanya olahan burgo dari tepung beras dan tepung sagu ini di iris tipis kemudian digulung. Sajian pelengkap burgo adalah irisan ikan suwir dilengkapi dengan sambal dan sedikit perasan jeruk nipis.


3 dari 5 halaman

4. Tempoyak

Jika jogja memiliki makanan khas yang diolah dari buah nangka muda yaitu gudeg, makanan khas Sumatera Selatan juga punya tempoyak. Tempoyak merupakan masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.

Tempoyak biasa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi, karena memiliki cita rasa yang asam dan aroma menyengat. Tidak hanya itu, tempoyak juga biasa dijadikan campuran untuk sambal.

4 dari 5 halaman

5. Gulo Puan

Gulo Puan sebenarnya adalah Bahasa Sumatera yang memiliki arti gula susu. Gulo puan adalah kuliner yang terbuat dari gula dan susu. Namun jangan salah, karena susu yang digunakan bukan susu pada umumnya, melainkan susu dari kerbau rawam dan dicampur dengan sedikit gula pasar, kemudian dipanaskan selama lima jam.

Gulo puan biasa menjadi teman makan roti sebagai selai, bisa juga dioleskan untuk pisang goreng, yang bisa Anda jadikan teman ngopi. Gulo Puan ini memang dipatok dengan harga cukup mahal, karena bahannya yang susah didapatkan. Sejak dulu, gulo puan memang sudah menjadi konsumsi para bangsawan juga pembesar istana.

6. Model

Palembang lagi-lagi memiliki makanan khas selain pempek yang rasanya juga sangat lezat, model salah satunya. Dibuat dengan adonan yang sama dengan pempek kapal selam, bedanya terdapat isian tahu di dalamnya, kemudian digoreng sebelum disajikan. Model biasa disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang, kemudian ditambahkan mi bihun, timun, dan ebi sebagai pelengkapnya.

5 dari 5 halaman

7. Tekwan

Tekwan yang biasa kita jumpai ini ternyata makanan khas Sumatera Selatan. Nama tekwan memang sudah dikenal dimana-mana, dan mudah didapatkan. Tekwan adalah makanan yang terbuat dari sagu dan ikan. Keduanya diolah menjadi bentuk kecil bulat. Hidangan pelengkap seperti mi bihun, jamur, daun bawang, bengkoang, dan seledri bisa Anda dapatkan dalam satu porsi tekwan.

Nah itu tadi 6 makanan khas Sumatera Selatan yang tak kalah cita rasa dengan pempek. Jika Anda berkunjung ke Sumatera Selatan sempatkan untuk mencoba ke-enam masakan khas ini, mana yang jadi favorit kamu. Selamat mencoba!

(mdk/bil)