7 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah, Kulit, dan Rambut

7 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah, Kulit, dan Rambut
GAYA | 31 Agustus 2020 22:54 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Daun sirih termasuk herbal berkhasiat yang sudah digunakan di dunia kesehatan maupun kecantikan selama berabad-abad. Sirih sangat umum digunakan sebagai pembersih bagian kewanitaan. Di India, daun ini digunakan sebagai afrodisiak (obat perangsang) alami. Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan lain sirih bagi wanita.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan, antara lain ampuh mengobati jerawat, mencegah bau badan, dan menurunkan berat badan. Bagaimana cara memanfaatkan khasiatnya? Berikut ini penjelasan selengkapnya yang dirangkum dari StyleCraze.

Mengatasi Penumpukan Air di Bawah Kulit

Konsumsi alkohol, garam berlebih, atau makanan tak sehat lainnya kadang membuat tubuh menumpuk air di bawah permukaan kulit. Akibatnya perut terlihat lebih buncit dan wajah tampak bengep.

Sementara itu, sirih bersifat diuretik. Artinya sirih bisa membantu meluruhkan cairan yang menumpuk. Tumbuk sedikit daun sirih segar, peras airnya, kemudian campur dengan air hangat. Minumlah ramuan ini untuk mengatasi penumpukan cairan di dalam tubuh. Juga bisa membantu melancarkan kemih.

Obat Jerawat

Sifat antijamur dan antibakteri di dalam daun sirih efektif untuk mencegah munculnya jerawat pada wajah, dada, dan punggung. Sementara minyak esensial di dalamnya akan membantu mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang membengkak.

Gunakan daun sirih yang sudah diseduh dengan air panas sebagai masker. Tempelkan lembaran daunnya yang sudah layu pada wajah. Airnya juga bisa digunakan untuk mencuci wajah.

Membersihkan Vagina

Rasa gatal, bau tak sedap, dan keputihan di vagina bisa diatasi degan air rebusan daun sirih. Gunakan untuk cebok setelah buang air kecil atau mandi. Namun jika gejala tak kunjung reda, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Mencegah Bau Badan

Estradiol dan klavikula dalam sirih akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Menyegarkan Napas

Minyak esensial alami yang terdapat di dalam daun sirih dapat membantu menyegarkan napas, melindungi mulut terhadap kuman, bakteri dan patogen oral. Daun berkhasiat ini juga dapat mencegah kerusakan gigi.

Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Bisa juga menggunakan segelas air hangat yang sudah dicampur minyak esensial sirih.

Mencegah Rambut Rontok

Pengobatan Ayurveda merekomendasikan penggunaan daun sirih untuk masalah yang berkaitan dengan rambut rontok. Giling daun sirih dengan minyak wijen atau minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit kepala. Biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dibilas.

Menurunkan Berat Badan

Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

Demikian aneka manfaat daun sirih untuk kecantikan wajah, tubuh, dan rambut. Jika ingin mencoba salah satu tips di atas, gunakan daun sirih segar dan peralatan yang higienis untuk mengolahnya. (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan
7 Buah Tropis yang Baik untuk Kecantikan, Konsumsi secara Teratur!
Tips Wajah Bebas Jerawat ala Rose Blackpink, Kayak Apa?
13 Cara Menjadi Cantik Tanpa Make Up, Tingkatkan Penampilan Secara Alami
13 Rahasia Cantik Alami dari India, Cocok untuk Kulit dan Rambut Tropis

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami