7 Manfaat yang Bisa Didapat dengan Menanam Lidah Mertua di Rumah

7 Manfaat yang Bisa Didapat dengan Menanam Lidah Mertua di Rumah
Ilustrasi lidah mertua. ©Unsplash/Severin Candrian
GAYA | 17 Januari 2021 14:06 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Tumbuhan lidah mertua termasuk tanaman hias yang sedang populer di tanah air. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia dan Afrika, jadi memang tidak sulit ditanam di Indonesia.

Jenis tanaman hias daun ini banyak ditanam di dalam rumah karena bisa menyegarkan mata dan memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat yang bisa didapat dengan menanam lidah mertua di rumah? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menyejukkan Ruang

Lidah mertua bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan ruangan secara alami. Manfaat menanam lidah mertua ini dipengaruhi oleh aroma khasnya. Aroma lidah mertua sangat menyejukkan dan bikin tenang.

Tanaman ini cocok diletakkan di beberapa sudut ruang. Ruang tamu, toilet, dapur, dan lain-lain. Ruang yang direkomendasikan diberi lidah mertua adalah ruang yang kerap mengeluarkan bau tidak sedap.

2. Aromaterapi

Bau lidah mertua yang menyegarkan dan sehat membuatnya baik dijadikan aromaterapi. Manfaat menanam lidah mertua yang satu ini tidak hanya berdampak pada lingkungan. Melainkan berdampak pula bagi psikologi penanamnya.

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang berbunga yang bisa mekar setiap sore hari. Aroma bunga dari lidah mertua inilah yang menjadikannya begitu menenangkan. Ampuh mengurangi dan meredakan stres.

3. Menyerap Radiasi

Ajaibnya, tanaman lidah mertua bisa menyerap radiasi yang dipancarkan barang elektronik di dalam rumah. Mulai dari perangkat telepon genggam, televisi, komputer, laptop, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan manfaat menanam lidah mertua, lakukan perawatan dengan benar. Lalu posisikan tanaman lidah mertua di sudut-sudut ruang yang berdekatan dengan barang elektronik.

Jika perlu lakukan perencanaan khusus untuk dekorasi ruang dengan memadukan lidah mertua. Seimbangkan posisi barang lidah mertua dekat barang elektronik dan cahaya matahari yang mencukupi.

Baca Selanjutnya: 4 Mengatasi Sick Building Syndrome...

Halaman

(mdk/tsr)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami