7 Masker alami untuk kulit wajah berseri

7 Masker alami untuk kulit wajah berseri
Ilustrasi anggur merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/hddigital
GAYA | 23 Januari 2014 14:00 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari

Merdeka.com - Dengan berbagai inovasi yang hadir di dunia kecantikan, perawatan kecantikan pun semakin mudah dijangkau berbagai kalangan masyarakat. Namun tetap saja tidak ada yang bisa mengalahkan manfaat alami dari berbagai rempah-rempah, sayur, dan buah untuk kecantikan. Berikut ini ada 7 resep masker alami untuk membuat wajah nampak berseri, yang dilansir dari Style Craze.

1. Masker anggur merah
Anggur merah dikenal kaya dengan anti-oksidan yang bisa mencegah datangnya keriput pada wajah. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengiris anggur jadi dua lalu mengusapkan bagian daging dalamnya ke seluruh wajah. Atau, Anda juga bisa menghaluskan buahnya dan mengoleskannya ke seluruh wajah.

2. Masker mentimun
Masker ini bisa Anda buat dari campuran gliserin nabati (bisa didapatkan di toko-toko bahan kimia), jus mentimun, dan air mawar. Manfaat dari masker ini adalah untuk melindungi wajah Anda dari pengaruh buruk sinar matahari. Gunakan sebelum beraktivitas di luar ruangan dan sesudahnya.

3. Masker cendana dan kunyit
Wajah yang segar berseri bisa Anda dapatkan tanpa perlu membayar mahal, dengan menggunakan masker ini. Campurkan bubuk kayu cendana dengan bubuk kunyit, larutkan dengan susu segar, hingga membentuk pasta. Kemudian, sapukan ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Masker susu dan garam
Untuk membebaskan pori-pori dari sisa make up dan minyak berlebih setelah beraktivitas seharian, Anda bisa mencampurkan sedikit susu dengan sejumput garam dan satu sendok teh air jeruk nipis. Rasakan kulit yang lebih halus dan pori-pori menjadi ringkas setelah melakukan perawatan ini.

5. Masker kubis dan madu
Mungkin ada beberapa dari Anda yang tidak menyukai sayuran kubis karena baunya yang langu. Namun ternyata kubis memiliki sejuta manfaat bagi kecantikan kulit Anda. Campurkan jus kubis dengan beberapa sendok makan madu, lalu oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat sesudahnya. Masker ini berguna untuk menyamarkan kerutan di wajah.

6. Masker kacang dan jeruk nipis
Manfaat utama dari masker ini adalah untuk mencegah komedo, dan jerawat-jerawat kecil di dagu serta dahi. Campurkan minyak sari kacang tanah (bisa didapatkan di apotek atau toko kosmetik) dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Masker aprikot
Buah aprikot memang bukan buah yang familiar di Indonesia. Namun buah ini memiliki banyak manfaat kecantikan untuk kulit wanita Asia. Campurkan buah aprikot yang sudah dihaluskan dengan semangkuk kecil yogurt, lalu pakai ke seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Perpaduan aprikot dengan yogurt akan membuat kulit nampak lebih cerah secara bertahap.

Lakukan perawatan kecantikan di akhir pekan supaya Anda bisa memiliki banyak waktu untuk mencampur bahan-bahan masker di atas. Selamat mencoba!

(mdk/mzh)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami