8 Alternatif Mi yang Lebih Sehat dan Rendah Kalori

GAYA | 18 September 2019 16:15 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Hobi menyantap mi dan pasta-pastaan? Keduanya memang bisa bikin ketagihan. Apa lagi kalau diolah dengan berbagai jenis bumbu yang sedap.

Tapi mi juga termasuk sumber karbohidrat yang tinggi kalori. Selain itu sudah mengalami proses pengolahan beberapa kali, sehingga tidak termasuk karbohidrat kompleks yang lebih sulit dicerna tubuh.

Mi instan juga tidak menawarkan asupan gizi yang lebih baik daripada mi kuning, mi basah, mi telur, atau pasta.

Lalu adakah solusi untuk para penggemar mi yang ingin menjaga berat badan?

Berikut ini kami tampilkan berbagai alternatif mi dan pasta yang bisa Anda coba.

1 dari 8 halaman

Whole Wheat Pasta

Ilustrasi pasta. Pixabay/acekreations

Pasta yang terbuat dari gandum utuh mungkin memiliki jumlah kalori yang tidak jauh beda dari pasta biasa. Namun pasta jenis ini lebih sulit dicerna, sehingga akan memakan lebih banyak kalori saat diproses di dalam tubuh.

2 dari 8 halaman

Zoodles

Ilustrasi zoodles. Pixabay

Anda bisa membuat mi favorit vegetarian dengan menyerut zukini menggunakan spiralizer. Mi yang satu ini biasa dijadikan pengganti pastas spaghetti.

3 dari 8 halaman

Shirataki

Ilustrasi shirataki. iStock

Shirataki adalah sejenis mi yang dibuat dari umbi konnyaku. Konnyaku sendiri dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi pejuang diet, karena rendah kalori dan kaya serat. Olah menjadi masakan apa saja yang biasanya menggunakan mi.

4 dari 8 halaman

Labu Madu

Ilustrasi Labu Madu. Shutterstock

Kerap disebut dengan nama butternut squash, labu madu juga punya julukan spaghetti squash. Pasalnya buah ini bisa diserut seperti mi. Cukup panggang atau kukus labu madu, lalu serut dengan garpu untuk mendapatkan pasta vegetarian.

Selain rendah kalori, labu madu juga kaya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

5 dari 8 halaman

Soba

Ilustrasi soba. Pixabay/K2-Kaji

Soba atau buckwheat noodles adalah mi Jepang yang terbuat dari buckwheat. Mi jenis ini lebih rendah kalori, bebas kolesterol, dan bernutrisi tinggi.

Beberapa jenis gizi baik yang dikandungnya antara lain mangan dan protein. Mi ini juga tidak mengandung gluten. Cocok untuk yang ingin mencoba diet bebas gluten.

6 dari 8 halaman

Pasta Quinoa

Ilustrasi pasta. Pixabay/EliasSch

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

Pasta yang terbuat dari quinoa jelas bisa menjadi solusi pengganti mi yang lebih sehat.


7 dari 8 halaman

Kelp Noodles

Ilustrasi kelp noodles. Wikimedia Commons/Jaredjkim

Kelp noodles adalah mi dengan tekstur kenyal dan lunak seperti jeli. Mi ini terbuat dari rumput laut, jadi lebih sehat dan rendah kalori daripada mi yang terbuat dari beras putih atau jagung.

8 dari 8 halaman

Eggplant Noodles

Ilustrasi eggplant noodles. The kitchn/

Selain zoodles, ada pula eggplant noodles. Mi yang satu ini terbuat dari terong.

Anda bisa membuat eggplant noodles dari terong ungu atau hijau yang diserut menggunakan spiralizer. Terong yang diiris tipis-tipis juga bisa digunakan.

Satu hal yang perlu diingat saat mengolah eggplant noodles adalah tidak memasaknya terlalu lama, karena terong mudah lembek. (mdk/tsr)

Baca juga:
Cara Membuat Mie Nyemek Praktis
3 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Mi Instan
Begini Cara Tepat untuk santap Mi Instan ketika Sahur pada Bulan Ramadan
Habis Chitato Rasa Indomie, Terbitlah Indomie Goreng Rasa Chitato yang Buat Penasaran
Hypeabis, Indomie Ayam Geprek Dijual Serentak di 3 E-Commerce Ini!

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.