Penyebab dan 28 Cara Merawat Kulit Kering; Mulai Kulit Wajah, Bibir, sampai Tubuh

Penyebab dan 28 Cara Merawat Kulit Kering; Mulai Kulit Wajah, Bibir, sampai Tubuh
Ilustrasi kulit kering. ©Shutterstock
GAYA | 27 Januari 2021 00:09 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Ada empat tipe kulit yang umum dimiliki manusia, yaitu kulit normal, kombinasi, berminyak, dan kering. Kali ini kita akan membahas kulit kering.

Apa yang harus dilakukan untuk kulit kering? Produk apa saja yang cocok untuk jenis kulit ini? Berikut penjelasan selengkapnya.

Penyebab Umum Kulit Kering

Dilansir situs kesehatan Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Walaupun begitu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya.

Pada sebagian besar kasus, kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Cuaca

Udara yang panas dan kering bisa membuat kulit terasa ketat dan kering. Hal seperti ini juga biasa terjadi di tengah cuaca dingin. Buat mengatasinya, Anda hanya perlu pelembap ekstra.

2. Mandi Air Hangat

Berlama-lama mandi, terutama dengan air bersuhu tinggi bisa menyapu kelembapan dari permukaan kulit.

3. Sabun yang Keras

Face wash atau body wash dengan formula keras dapat memicu kulit kering. Ciri-cirinya adalah kulit yang terasa kesat dan kasar. Sudut bibir yang mengelupas juga termasuk salah satu tandanya.

4. Pendingin Ruangan atau Academy

Berada di dalam ruangan yang dilengkapi pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner)

5. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Berjemur di pagi hari memang sehat. Namun lain ceritanya kalau kulit Anda harus terpapar sinar matahari di siang yang terik. Paparan sinar matahari berlebih bisa menjadikan kulit kering, kusam, dan mengalami hiperpigmentasi. Gunakan tabir surya atau yang dilengkapi SPF tinggi setiap hari untuk melindungi kulit dari kekeringan dan kerusakan.

Baca Selanjutnya: Bahaya Kesehatan Kulit Kering...

Halaman

(mdk/riz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami