8 Cara mengatasi kerontokan rambut selama menopause

8 Cara mengatasi kerontokan rambut selama menopause
GAYA | 7 September 2012 12:33 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Menopause sering menjadi momok yang ditakuti oleh para wanita. Selama masa menopause, keseimbangan hormon di tubuh akan berubah. Efeknya? rambut jadi gampang rontok dan rapuh. Tenang, kini Anda bisa sedikit bernapas lega. Thirdage.com memberi tips jitu untuk mengatasi masalah kerontokan sewaktu menopause. Caranya? Mari kita lihat!

1. Mengontrol stres

Rambut rontok merupakan salah satu efek samping dari gejolak emosional seperti kecemasan dan stres. Jadi, minimalisir rasa stres dengan melakukan kegiatan sehat seperti meditasi atau yoga. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda merasa rileks dan tenang.

[8 Cara mengatasi kerontokan rambut selama menopause]

2. Pijat

Anda bisa mencoba pijat kulit kepala atau akupunktur. Kedua prosedur ini dapat merangsang aliran darah ke kulit kepala lho. Efeknya, peningkatan sirkulasi bisa menyalurkan nutrisi ke folikel rambut dan membuatnya jadi kuat. Selain itu, pijat juga menurunkan tingkat stres dengan menaikkan produksi hormon "baik" di tubuh.

3. Makanan bergizi

Rambut rontok bisa menjadi gejala awal dari kekurangan gizi. Untuk tetap sehat, tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral. Ingin rambut jadi sehat dan kuat? Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium, magnesium, tembaga, seng, asam lemak esensial, dan vitamin B, C, D dan E.

4. Katakan "Tidak" untuk makanan olahan

Makanan olahan menyebabkan tubuh terlalu banyak memproduksi insulin. Peningkatan insulin dalam aliran darah mengakibatkan produksi testosteron jadi lebih tinggi dan berdampak pada kerontokan rambut.

5. Gangguan metabolisme

Gangguan metabolik merupakan gejala umum dari disfungsi tiroid, masalah ginjal, fungsi hati, dan resistensi insulin. Dengan demikian, Anda perlu segera memperbaiki ketidakseimbangan hormon yang dapat menghentikan kerontokan rambut.

6. Diet seimbang

Diet ketat bisa memperburuk kondisi tubuh, terutama rambut. Olahraga adalah solusi terbaik untuk Anda yang ingin tetap menjaga kesehatan dan bentuk tubuh.

7. Memilih shampo yang tepat

Pilihlah shampo yang bisa menyehatkan kulit kepala dan tidak menyebabkan iritasi. Untuk menjaga kesehatan rambut, pastikan Anda selalu memijat kulit kepala ketika keramas.

8. Hindari mengikat rambut terlalu ketat

Kebiasaan mengikat terlalu ketat dapat memperburuk kesehatan rambut. Akibatnya, rambut jadi mudah rontok dan rapuh.

Kondisi rambut menunjukkan kesehatan tubuh seseorang. (mdk/des)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami