8 Herba yang Diakui Paling Manjur untuk Kesuburan Rambut

GAYA | 18 Juni 2019 15:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Jika berbicara mengenai bahan alami untuk meningkatkan kesuburan rambut, mungkin lidah buaya adalah herba pertama yang terlintas di pikiran. Padahal sebenarnya masih banyak tanaman yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk kesuburan rambut. Beberapa di antaranya adalah bunga sepatu, urang-aring, dan gletang yang biasa dianggap gulma.

Berikut ini kami tampilkan deretan herba yang dipercaya memiliki khasiat menyuburkan rambut dalam pengobatan-pengobatan kuno seperti dilansir Healthline.

1 dari 8 halaman

Bunga Sepatu

Hibiscus rosa sinensis yang lebih dikenal dengan nama bunga sepatu atau chinese hibiscus merupakan tanaman tropis yang ternyata bermanfaat untuk kesuburan rambut. Bunga yang mahkotanya bisa dimakan dan dijadikan bahan perawatan kulit ini memiliki nutrisi yang bisa membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala, merangsang folikel rambut, dan menebalkan batang rambut.

Ekstrak bunga sepatu biasa dicampur dengan carrier oil seperti minyak zaitun, almond, mineral, atau jojoba. Bisa juga diolah menjadi masker rambut.

2 dari 8 halaman

Ginseng Asia

Panax ginseng alias ginseng Asia dikenal sebagai herba yang ampuh untuk berbagai jenis masalah kesehatan dan kecantikan, termasuk rambut rontok. Herba berbentuk akar ini mengandung saponin yang dipercaya baik untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan menghambat reduktase 5a. Ini adalah jenis enzim yang berkaitan dengan kebotakan pada pria. Ekstrak ginseng biasa diolah menjadi tonik rambut, masker, atau minyak rambut.

3 dari 8 halaman

Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya mengandung 20 mineral, 12 vitamin, 18 asam amino, dan 200 fitonutrien yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Getah lidah buaya bisa membantu menutrisi kulit kepala, menjadikannya kuat untuk menopang akar dan batang rambut. Selain itu, lidah buaya juga menjadikan batang rambut lebih sehat. Gunakan lidah buaya sebagai masker, overnight treatment, atau campuran tonik.

4 dari 8 halaman

Fenugreek

Trigonella foenum-graecum atau fenugreek merupakan rempah yang populer untuk masakan. Menurut hasil penelitian di tahun 2006, ekstrak biji fenugreek bisa meningkatkan volume dan ketebalan rambut pada pria atau wanita yang mengalami kerontokan ringan.

5 dari 8 halaman

Urang-aring

Tak hanya bisa menghitamkan rambut, Eclipta alba yang juga dikenal sebagai urang-aring atau false daisy digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk meningkatkan kesuburan rambut. Menurut sebuah studi dari tahun 2014, herba yang satu ini bisa merangsang folikel rambut dan memicu siklus pertumbuhan rambut yang lebih cepat pada spesimen tikus botak.

6 dari 8 halaman

Goji berry

Goji berry atau Lycium chinense Mill merupakan jenis beri yang dipercaya bisa menjaga kulit awet muda. Namun buah berwarna merah yang banyak ditemukan di China ini juga bisa membantu meningkatkan kesuburan rambut. Goji berry mengandung seng, mineral yang diperlukan untuk kesehatan kulit kepala.

7 dari 8 halaman

Gletang

Tridax procumbent atau gletang dianggap sebagai gulma di Indonesia. Namun tumbuhan liar yang bunganya mirip urang-aring itu ternyata mengandung antioksidan yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Ekstrak gletang biasa dijadikan infused hair oil bersama herba-herba berkhasiat lain.

8 dari 8 halaman

Gooseberry

Emblica officinalis atau gooseberry merupakan herba yang banyak dipakai dalam pengobatan Ayurveda. Gunanya adalah memperkuat batang rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Juga dikenal mengandung beberapa jenis antioksidan yang bermanfaat.

Demikian beberapa jenis herba yang diakui bermanfaat untuk membantu kesuburan rambut. (mdk/tsr)

Baca juga:
Atasi Ketombe dan Berbagai Masalah Rambut Lainnya dengan Masker Apel
Perbaiki Kondisi Rambut Rusak dalam Semalam dengan Masker Madu dan Zaitun
Bukannya Bikin Sehat, Keramas Setiap Hari Malah Bisa Buat Rambut Rusak
Ini Hal yang Harus Ketahui Sebelum Memilih dan Menggunakan Vitamin Rambut
Terlalu Sering Gunakan Alat Penata Bisa Buat Rambut Cepat Rusak