8 Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Kuku serta Cara Memanfaatkannya

GAYA | 13 April 2019 02:00 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Vitamin E merupakan salah satu suplemen yang paling diperlukan oleh tubuh manusia. Tak hanya baik bagi kecantikan, vitamin yang satu ini juga sudah dipercaya sebagai kunci dari kecantikan kulit dan rambut.

Vitamin E merupakan pelembap alami yang dibutuhkan kulit agar senantiasa kenyal, halus, dan awet muda. Vitamin ini juga bisa memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet matahari.

Bagaimana cara mendapatkan manfaat kecantikan dari vitamin E? Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

1 dari 8 halaman

Vitamin E Sebagai Pelembap Alami

Khasiat melembapkan yang dimiliki vitamin E akan membantu mengembalikan dan meremajakan kulit yang kering.

Vitamin E adalah nutrisi yang larut dalam minyak, sehingga bekerja lebih efektif jika dicampurkan dengan losion atau minyak tumbuhan lain sebagai biang.

Bahan:

  • Kapsul minyak vitamin E
  • Pelembap atau minyak biang, misalnya minyak zaitun atau serum rumput laut

Instruksi:

Campurkan beberapa tetes minyak vitamin E dengan losion pelembap malam Anda dan oleskan pada tubuh sebelum tidur.

2 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dapat menunda munculnya kekusaman, flek, dan keriput yang menjadi tanda-tanda penuaan dini. Pasalnya vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit.

Agar Anda bisa mendapatkan khasiat awet muda vitamin E, konsumsi vitamin suplemen E secara teratur atau oleskan minyak vitamin E pada wajah sebelum tidur.

3 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Memulihkan Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

Vitamin E juga dikenal efektif untuk memulihkan kondisi kulit yang baru terpapar sengatan cahaya matahari. Sebab vitamin E mengandung antioksidan yang menetralkan efek radikal bebas radiasi ultraviolet.

Bahan:

  • 1 butir kapsul minyak vitamin E

Instruksi:

  1. Ambil beberapa tetes minyak vitamin E atau hancurkan kapsul vitamin E, kemudian gosokkan dengan lembut di atas area yang terbakar.
4 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Memudarkan Flek

Bintik-bintik gelap dapat dikaitkan dengan berbagai faktor seperti kerusakan kulit akibat radikal bebas, penuaan, atau gangguan pada liver. Vitamin E diperkaya antioksidan penangkal radikal bebas yang mungkin mengakibatkan hiperpigmentasi dan flek hitam.

Bahan:

  • Kapsul vitamin E
  • Minyak pelembap atau minyak biang

Instruksi:

  1. Hancurkan kapsul dan campur dengan body lotion atau minyak biang pilihan Anda.
  2. Oleskan pada kulit yang ternoda bintik-bintik gelap.
  3. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali setiap hari sampai bintik-bintik memudar.
5 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Membersihkan Kulit

Vitamin E adalah emolien dengan konsistensi tinggi, sehingga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang mengendap di permukaan kulit sekaligus menjaga kelembapannya.

Bahan:

  • Vitamin E
  • Kapas wajah

Instruksi:

  1. Teteskan minyak vitamin E secukupnya pada kapas, kemudian gunakan untuk menyeka wajah. Bersihkan wajah dengan cara ini setidaknya dua kali sehari.
6 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Menyehatkan Kuku Kering

Minyak vitamin E adalah pengobatan yang efektif untuk kutikula dan kuku yang kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan beberapa tetes minyak vitamin E pada kutikula dan kuku yang kering, kemudian pijat-pijat perlahan.

7 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Perawatan Stretch Marks

Stretch mark muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya karena peregangan lapisan atas dan bawah kulit. Biasanya meninggalkan garis-garis kemerahan atau putih.

Minyak vitamin E dikenal untuk mengembalikan elastisitas kulit dan meringankan bekas luka. Minyak vitamin E bermanfaat setelah melahirkan karena membantu menghilangkan bekas luka. Pemakaian minyak vitamin E pada stretch mark secara teratur yang dikombinasikan dengan pijatan akan membantu memudarkan stretch mark.

8 dari 8 halaman

Vitamin E untuk Merawat Kulit Kering karena Cuaca Dingin

Kulit kering hingga mengelupas karena cuaca dingin? Rawat saja dengan minyak vitamin E. Oleskan langsung pada kulit yang terasa kering dan mengelupas. Vitamin E juga baik untuk merawat bibir kering saat cuaca dingin. Minyaknya bisa mengurangi sengatan rasa sakit yang menyertai pengelupasan kulit.

Demikian berbagai khasiat vitamin E untuk kulit dan kuku serta cara tepat untuk mendapatkan khasiatnya. Silakan dicoba untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang sedang Anda alami. (mdk/tsr)

Baca juga:
4 Vitamin ini bisa bantu melawan kerontokan rambut dari dalam
4 Nutrisi Penting yang Bisa Bantu Cegah Munculnya Pneumonia
Oleskan 5 vitamin ini pada wajah untuk dapatkan kulit sehat dan cantik
4 Khasiat yang didapat dari mengoleskan minyak vitamin E pada rambut
6 Manfaat super minyak vitamin E untuk kulit wajah dan tubuh
4 Cara terbaik manfaatkan vitamin E agar kulit tak tambah rusak