9 Bangunan unik dan aneh yang didirikan para jutawan nyentrik

GAYA | 1 November 2018 00:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Orang kaya mah bebas. Mau berbuat apapun sah-sah saja. Mau bikin apapun tak ada yang melarang, selama tidak mengganggu kepentingan orang lain. Seperti para miliuner berikut. Uang berlimpah dan imajinasi tinggi membuat mereka tergerak untuk mendirikan bangunan-bangunan unik.

Mulai dari Gereja Ayam di Magelang yang sempat menghebohkan dunia hingga gunung buatan di atap gedung 26 lantai yang didirikan seorang dokter eksentrik. Berikut ini kami tampilkan deretan bangunan unik dan aneh yang didirikan oleh para jutawan nyentrik.

1 dari 9 halaman

Gunung di atap gedung 26 lantai milik seorang dokter kaya raya China

Gunung di puncak gedung 26 lantai, Beijing. ©Ripley's Believe It or Not!

Seorang dokter kaya raya asal Beijing, Zhang Biqing, membangun sebuah gunung pribadi di atap gedung 26 lantai miliknya. Gunung buatan dengan detail rumit tersebut dibangun selama enam tahun. Nantinya akan difungsikan sebagai vila pribadi oleh si empunya.

Selain bukit buatan, vila di puncak gedung ini juga dipercantik dengan pepohonan, batu-batu, dan rerumputan hijau. Benar-benar pemandangan yang unik di tengah Beijing yang metropolitan.

Sayangnya Zhang membangun gunung tersebut tanpa izin resmi dari pemerintah setempat. Para tetangganya pun mengajukan keluhan atas gangguan yang ditimbulkan selama pembangunan. Akibatnya pihak yang berwenang mengeluarkan perintah untuk merobohkan gunung tersebut.

2 dari 9 halaman

Rumah Doa Bukit Rhema (Gereja Ayam)

Rumah Doa Bukit Rhema atau Gereja Ayam. ©Flickr/Matt Smith

Meskipun lebih populer dengan nama Gereja Ayam, sebenarnya bangunan unik ini memiliki nama resmi Rumah Doa Bukit Rhema. Pendirinya adalah Daniel Alamsjah, seorang pengusaha kaya pada tahun 80-an. Terletak di bukit Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Jaraknya sekitar 2,5 kilometer saja dari Candi Borobudur.

Daniel mengaku mendapat mimpi yang membuatnya terinspirasi untuk mendirikan sebuah rumah doa. Harapannya rumah doa tersebut bisa menjadi pusat kegiatan dan meditasi bagi umat setiap agama. Juga menjadi pusat retret dan tetirah bagi orang-orang yang menderita penyakit.

Bukit Rhema dibangun dengan desain arsitektur yang unik. Menyerupai burung merpati raksasa yang memakai mahkota. Sayangnya krisis moneter di tahun 1997 membuat Daniel terpaksa menghentikan pembangunan. Dalam kondisi terbengkalai, bangunan yang kini dikenal dengan nama Gereja Ayam itu justru populer di kalangan traveler. Bahkan sampai menjadi pemberitaan internasional.

3 dari 9 halaman

Achill-henge

Stonehenge Achill Island. ©Michael McLaughlin

Joe McNamara adalah seorang pria kaya yang sangat vokal dalam memprotes pemerintah. Pria ini beberapa kali bikin heboh dengan aksi-aksi demonstrasinya yang terbilang unik. Terutama karena unjuk rasa yang dia lakukan untuk memprotes lemahnya kebijakan pemerintah Irlandia dalam mengatasi krisis finansial berikut Anglo-Irish Bank yang dianggap ikut bertanggungjawab.

Salah satu aksi pria berjuluk Anglo Avenger ini yang paling menggemparkan adalah ketika dia mendirikan Stonehenge di puncak bukit Achill Island, pesisir Mayo pada tahun 2011. Struktur setinggi 4,5 meter denga diameter 30 meter itu dia dirikan dalam waktu enam bulan.

Karena tidak ada izin yang memadai, Mayo County Council memerintahkan agar struktur tersebut diratakan dengan tanah. Walaupun begitu, Achill-henge, julukan struktur tersebut masih berdiri tegak hingga detik ini.

4 dari 9 halaman

Pulau bajak laut pribadi di Cambridgeshire

Pulau bajak laut Cambridgeshire. ©2018 Merdeka.comAdam Duckworth

Di tengah danau di Cambridgeshire ada sebuah pulau dengan suasana yang begitu mirip dengan latar film The Pirates of Caribbean. Pulau perompak itu rupanya dimiliki oleh seorang jutawan yang identitasnya dirahasiakan.

Sang jutawan tergila-gila dengan Jack Sparrow dan segala hal yang berkaitan dengan bajak laut. Karena itulah dia memerintahkan pembangunan Challis Island, sebuah pulau perompak pribadi di area seluas 24 hektare miliknya yang ada di Cambridgeshire, Inggris.

Pulau tersebut tak cuma mengusung tema bajak laut. Fasilitasnya pun lengkap. Ada pub The Black Doubloon, dek kapal, air terjun, laguna, pantai pribadi, hingga Coffer Cabin yang dilengkapi ranjang bajak laut khusus.

5 dari 9 halaman

Istana dongeng Liu Chonghua

Istana dongeng Liu Chonghoa. ©AFP/DailyMail

Liu Chonghua, seorang jutawan yang berhasil keluar dari jerat kemiskinan dengan bisnis kue bermimpi untuk membangun 100 istana di China. Pria eksentrik ini terkesan dengan bangunan-bangunan megah di Jerman, chateau khas Prancis, serta Sagrada Familia yang dirancang oleh arsitek kondang Antoni Gaudi.

Sejauh ini, Liu sudah berhasil membangun 7 istana dalam berbagai desain arsitektur. Untuk tujuan tersebut dia telah menggelontorkan dana hingga seratus juta yuan. Kabar terakhir dia berencana membangun tiruan Windsor Castle di Chongqing.

6 dari 9 halaman

Pagar akuarium Mehmet Ali Gokceoglu yang terhubung dengan Laut Aegea

Pagar akuarium Mehmet Ali Gokceoglu. ©YouTube/NTV

Pada tahun 2005, seorang jutawan membangun pagar akuarium yang menakjubkan di sekeliling vila mewahnya yang ada di Turki. Bukan sekadar akuarium biasa, karena tangki yang digunakan tersambung dengan Laut Aegea melalui pipa sepanjang 400 meter, sehingga memungkinkan berbagai jenis hewan laut untuk keluar masuk.

Pagar akuarium yang unik tersebut dibangun oleh Mehmet Ali Gokceoglu. Tabung sepanjang 50 meter yang berisi ratusan ikan dan gurita itu telah menjadi atraksi wisata di Cesme. Jumlah pengunjung bisa mencapai ratusan setiap harinya.

Gokceoglu sampai menyewa tim penyelam pribadi untuk menyambung akuarium dan pipa. Untuk itu dia harus membayar sekitar 40.000 lira. Dua juga memasang 17 kamera CCTV yang dilengkapi dengan sensor pengenal wajah untuk menghindari vandalisme atau pencurian.

7 dari 9 halaman

Kantor pusat NetDragon Websoft

Kantor pusat NetDragon Websoft. ©Bien Perez

Satu lagi bangunan unik yang didirikan oleh jutawan asal negeri Tiongkok. Adalah kantor pusat developer game NetDragon Websoft yang persis pesawat NCC-1701-E USS Enterprise di Star Trek. Letaknya di Changle, Provinsi Fujian.

Pendiri gedung tersebut adalah Liu Dejian, salah satu pria terkaya di China. Menurut Forbes, kekayaan keluarganya mencapai enam ratus juta dolar. Liu meminta persetujuan dari CBS, stasiun televisi yang memproduksi Star Trek sebelum membangun gedungnya.

Liu menghabiskan sekitar enam ratus juta yuan untuk merampungkan bangunan seluas 260 meter tersebut. Keseluruhan gedung selesai dibangun pada bulan Oktober 2014.

8 dari 9 halaman

Haines Shoe House

Haines shoe house. ©Ipernity/Alan Mays

Pada tahun 1948, seorang miliuner eksentrik Kolonel Mahlon M. Haines membangun rumah sepatu terbesar di dunia di York County, Pennsylvania. Kabarnya, Haines meminta arsiteknya untuk membangun rumah sepatu terbesar di dunia dengan model sepatu bot tua yang dimilikinya.

Pada saat itu, Haines memiliki 40 toko sepatu di Pennsylvania dan Maryland. Rumah sepatu yang luar biasa ini terletak di Shoe House Road, dilengkapi rumah anjing yang berbentuk seperti sepatu pula. Sampai saat ini rumah tersebut masih menjadi objek wisata yang cukup populer di Pennsylvania.

9 dari 9 halaman

Pondok kayu tertinggi di dunia

Pondok kayu tertinggi Nikolai Sutyagin. ©Panoramio

Nikolai Sutyagin, seorang mantan gangster Rusia mendirikan pondok kayu tertinggi di dunia dalam sebuah proyek pembangunan yang berlangsung selama 15 tahun.

Pembangunan dimulai pada tahun 1992. Sutyagin mengaku awalnya dia cuma ingin membangun rumah dua lantai yang lebih besar daripada para tetangganya untuk mencerminkan posisinya sebagai orang terkaya di kota itu. Namun akhirnya dia justru membangun pondok 13 lantai dengan tinggi 43 meter.

Itulah deretan bangunan unik dan aneh yang didirikan oleh para jutawan eksentrik. Menurut Anda, mana yang terlihat paling mengesankan? (mdk/tsr)

Baca juga:
10 Mahakarya arsitektur yang tak pernah terselesaikan
8 Bangunan paling menakjubkan yang berlapis emas asli
Unik dan menarik, ini penampakan markas YouTube di California
Inilah hotel tertinggi dunia yang ada di Dubai
Menilik keindahan gereja beratap rumput di Hof, monumen nasional Islandia