9 Cara Menjaga Kulit Tetap Lembap Selama Cuaca Panas

GAYA | 5 Oktober 2019 16:06 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Cuaca panas membuat tubuh terasa gerah. Jika tidak hati-hati, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Tak hanya haus yang terasa, kulit pun bisa mengalami kekeringan.

Agar kulit senantiasa lembap dan tidak mengalami dehidrasi selama cuaca panas, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut.

1 dari 9 halaman

Cukup Minum Air

Ilustrasi minum air putih. Pixabay

Cara terbaik untuk mencegah tubuh dan kulit dari dehidrasi adalah mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Minuman yang paling tepat adalah air mineral, sebab tidak mengandung gula proses seperti minuman ringan dalam kemasan. Perlu diketahui gula yang sudah diproses bisa membuat tubuh dehidrasi.

2 dari 9 halaman

Konsumsi Buah

Ilustrasi makan buah. Malayamlive.co

Selain air mineral, konsumsi buah yang mengandung banyak cairan juga bisa mencegah kulit dari kekeringan. Misalnya saja semangka, melon, jeruk, blewah, dan buah naga. Anda bisa menyantapnya sebagai salad, smoothie, atau jus. Jangan ditambah gula, ya.

3 dari 9 halaman

Konsumsi Sayur yang Mengandung Silika

Ilustrasi mentimun. Pixabay

Sayuran yang kaya cairan dan silika akan membantu menjag kelembapan kulit dari dalam. Contoh sayuran seperti ini adalah mentimun, bit, tomat, dan batang seledri.

4 dari 9 halaman

Makan Ikan Berlemak

Ilustrasi ikan kembung. Pixabay

Anda disarankan mengonsumsi ikan berlemak seperti tuna, salmon, kembung, sarden, patin, mujair, dan bandeng. Ikan-ikan ini mengandung asam lemak Omega-3 yang berperan besar dalam menjaga kelembapan dan kesehatan kulit dari dalam.

5 dari 9 halaman

Lembapkan Wajah dengan Sheet mask

Ilustrasi kulit cantik. Shutterstock

Anda yang harus beraktivitas di ruangan ber-AC mungkin sering mengalami kulit kering di bagian wajah. Cara untuk mengatasinya adalah menggunakan sheet mask.

6 dari 9 halaman

Gunakan Lotion

Ilustrasi pelembap. Pixabay

Bagian tangan dan kaki yang kering bisa dilembapkan dengan lotion. Pilih yang berformula ringan untuk cuaca panas. Misalnya lightweight lotion yang dilengkapi ekstrak mentimun, jeruk, mint, aloe vera, atau rumput laut. Biasanya lotion semacam ini juga diperkaya dengan penyejuk kulit.

7 dari 9 halaman

Gunakan Aloe Vera Gel

Ilustrasi Aloe Vera Gel. Pixabay

Selain lotion, Anda juga bisa memanfaatkan aloe vera gel sebagai pelembap ringan di tengah cuaca panas. Kandungan getah lidah buayanya akan mendinginkan kulit dari iritasi, gatal, dan sunburn sekaligus melembapkan tanpa meninggalkan sensasi lengket.

8 dari 9 halaman

Hindari Sabun yang Membuat Kulit Kesat

Sabun mandi. Pixabay

Keluar dari kamar mandi dengan kulit yang terasa kesat setelah menggunakan sabun memang terasa menyenangkan. Namun sabun yang bisa menghasilkan efek kesat seperti ini biasanya mengandung deterjen yang justru menjadikan kulit kering.

9 dari 9 halaman

Kurangi Konsumsi Kafein

Ilustrasi kopi. Pixabay

Minuman berkafein seperti kopi bersifat diuretik. Minuman seperti ini akan meluruhkan sebagian besar cairan di dalam tubuh.

Itulah cara-cara mudah untuk mencegah kulit kering selama cuaca panas yang bisa Anda terapkan setiap hari. (mdk/tsr)

Baca juga:
Amankah Sering Menggunakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Tangan?
Kerja di Ruangan Ber-AC? 5 Produk Kecantikan yang Wajib Ada di Meja Setiap Hari
5 Minuman yang Bikin Kulit Kering dan 5 yang Bikin Kulit Cantik
6 Minuman Enak Ini Ternyata Bisa Bikin Kulit Kering dan Kusam
2 Tips Kulit Glowing dari Park Min-young si Sekretaris Kim

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.