9 Gereja dengan Arsitektur Paling Unik di Muka Bumi

9 Gereja dengan Arsitektur Paling Unik di Muka Bumi
GAYA | 29 April 2020 03:04 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Arsitektur unik bisa ditemukan di mana saja dan dalam bentuk apa saja. Termasuk di tempat ibadah. Seperti halnya masjid yang dihias kaligrafi terindah atau candi yang diukir dengan relief-relief bernilai seni tinggi, ada pula gereja yang dibangun dengan desain arsitektur serba unik.

Michael Kerrigan telah mengumpulkan gereja-gereja paling unik di dunia di buku Amazing Churches Of The World yang ditulisnya. Berikut ini beberapa di antaranya yang paling menakjubkan.

1 dari 9 halaman

1. Chapel Of The Holy Cross - Amerika Serikat

chapel of the holy cross

©Shutterstock/Anne Beruldsen

Gereja dengan bangunan unik ini dipahat langsung dari tebing batu merah di Sedona, Arizona, Amerika Serikat. Pembuat dan arsiteknya adalah Marguerite Brunswig Staude. Staude terinspirasi dari kemegahan St Patrick's Cathedral yang ada di New York. Gereja tersebut dibangunnya dari tahun 1955 sampai 1956.

Chapel Of The Holy Cross resminya adalah kapel Katolik. Namun gereja tersebut tak pernah menjalankan ibadah dengan tata cara Katolik. Staude menginginkan tempat ibadah yang dia bangun bisa dikunjungi siapapun yang ingin memanjatkan doa kepada Tuhannya.

2 dari 9 halaman

2. Tempietto Valadier - Italia

tempietto valadier

©Shutterstock/Valerio Mei

Satu lagi gereja unik yang dibangun di tebing. Kali ini berlokasi di Genga, Italia. Tak dipahat seperti Chapel Of The Holy Cross, Tempietto Valadier dibangun di mulut gua batu kapur di Apennine. Kapel berbentuk segi delapan ini dibangun pada tahun 1828 atas permintaan Paus Leo XII. Maklum sang Paus lahir di daerah tersebut. Dia meminta arsitek neoklasik terkenal, Giuseppe Valadier untuk merancang kapel.

3 dari 9 halaman

3. High-Heel Wedding Church - Taiwan

high heel wedding church

©Shutterstock/Topimages

Budai, Chianyi, Taiwan punya sebuah gereja unik yang bentuknya menyerupai sepatu kaca Cinderella. Inilah High-Heel Wedding Church, salah satu bangunan terunik yang dimiliki Taiwan. Bangunan setinggi 17 meter ini sebenarnya adalah kapel khusus untuk menyelenggarakan pernikahan, kebetulan juga memegang rekor sebagai bangunan berbentuk high heel terbesar di dunia.

4 dari 9 halaman

4. Church Of St Mary and All Saints - Inggris

church of st mary and all saints

©Shutterstock/Andy J Billington

Jika dilihat sekilas tak ada yang istimewa dari Church Of St Mary and All Saints. Lihat lebih dekat dan Anda akan mendapati puncak menara yang bengkok seolah meleleh. Gereja di Chesterfield ini memang terkenal dengan menaranya yang bengkok. Konon gereja ini sudah berdiri sejak abad 9, meskipun dahulu bangunannya tak seperti ini.

5 dari 9 halaman

5. Church Of The Holy Sepulchre - Israel

church of the holy sepulchre

©Shutterstock/Cezary Wojtkowski

Church Of The Holy Sepulchre atau disebut Makam Suci terletak di Yerusalem, Israel. Kompleks bangunannya mencakup puncak Gunung Kalvari tempat Kristus disalibkan dan makam jasadnya sebelum bangkit. Nilai sejarah tempat ini menjadikannya sebagai situs religi penting bagi pemeluk Kristen.

Uniknya, kompleks ini juga punya beberapa tempat ibadah lain yang patut dikunjungi. Termasuk kapel Koptik yang didekorasi dengan indah, biara Deir es-Sultan, dan Kapel Armenia St Helena abad 12.

6 dari 9 halaman

6. Graha Maria Annai Velangkanni, Medan, Indonesia

graha maria annai velangkanni

©Shutterstock/Randy Imanuel

Gereja ini merupakan tempat beribadah umat Katolik yang ada di Medan, Sumatera Utara. Namun desain arsitekturnya lebih mirip tempat beribadah umat Hindu. Graha Maria Annai Velangkani menampilkan desain arsitektur bergaya Hindu dan Mughal. Pasalnya gereja ini memang didirikan atas prakarsa komunitas Katolik Tamil.

7 dari 9 halaman

Borgund Stave Church - Norwegia

borgund stave church

©Shutterstock/RPBaiao

Berlokasi di Sogn og Fjordane, gereja yang seluruhnya dibangun dari kayu ini termasuk salah satu tempat ibadah terunik di Norwegia. Sekarang tempat ibadah tersebut menjadi bagian dari Gereja Lutheran Norwegia. Gereja kayu seperti ini banyak dibangun pada abad 12 hingga 13. Bagian atapnya yang meruncing membuat gereja tampak seperti rumah Viking di masa lalu. 

8 dari 9 halaman

8. Hallgrimskirkja - Islandia

hallgrimskirkja

©Shutterstock

Gereja dengan desain arsitektur futuristik ini berdiri di ibukota Islandia, Reykjavík. Konon desainnya terinspirasi dari Svartifoss, air terjun kolom basal yang ada di Skaftafell in Vatnajokull National Park. Bangunan setinggi 74,5 meter ini rampung dibangun pada tahun 1986.

9 dari 9 halaman

9. Catedral Metropolitana de Brasilia - Brasil

catedral metropolitana de brasilia

©Shutterstock

Katedral yang satu ini bentuknya lain dari geraja pada umumnya. Tidak bernuansa klasik dan dipenuhi ukiran, tetapi justru berkesan modern. Gereja ini memiliki nama resmi Catedral Metropolitana Nossa Senhora Aparecida, didedikasikan untuk Perawan Maria, santo pelindung Brazil. Oscar Niemeyer, sang arsitek mendirikan bangunan gereja megah tersebut pada struktur beton 16 kolom yang masing-masing seberat 90 ton. (mdk/tsr)

Baca juga:
Melihat Cara Restorasi Peti Mati Emas Firaun Tutankhamun
Unik, Hotel ini Tempati Bangunan Stasiun dan Punya Kamar dari Gerbong Kereta
8 Contoh Alih Fungsi Bangunan paling Keren
Keindahan Mont-Saint Michel, Desa Indah yang Jadi Inspirasi 2 Film Animasi Disney
Melihat Salah Satu Perpustakaan Terindah di Dunia yang Ada di Praha, Ceko

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami