Aktif di Malam Hari, Ini 4 Trik Bantu Kucing Beradaptasi dengan Pola Tidurmu

Aktif di Malam Hari, Ini 4 Trik Bantu Kucing Beradaptasi dengan Pola Tidurmu
Aktif di Malam Hari, Ini 4 Trik Bantu Kucing Beradaptasi dengan Pola Tidurmu. ©Shutterstock
GAYA | 5 Maret 2021 12:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Kucing bisa tidur antara 12 hingga 16 jam sehari, yang lebih banyak dilakukan di siang hari. Tergolong hewan nocturnal, tidak mengherankan kalau anabul makin aktif di malam hari, seperti berlarian, menerkam, mencakar, hingga mengeong sepanjang malam.

Untungnya, kucing bisa dilatih untuk beradaptasi dengan pola tidur yang sama dengan pemiliknya, berbekal beberapa tips berikut ini.

Amati Masalah Kesehatan

Sebelum mencoba menyesuaikan jadwal tidurmu, pastikan kucing bebas dari masalah kesehatan yang membuatnya tetap terjaga di malam hari. Cedera yang menyakitkan, ketidakseimbangan hormon, kutu, kondisi mata, maupun tuli bisa bikin anabul yang lelah sulit tidur nyenyak.

Jika kucing juga tampak gelisah di siang hari, bawa ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya. Beberapa hewan peliharaan yang cukup tua dan mulai kehilangan pendengarannya, cenderung mengeong keras sepanjang hari untuk mencoba mendengar suaranya sendiri. Begitu juga yang mengalami penurunan penglihatan akan lebih banyak bersuara di makam hari, sehingga pertimbangkan untuk menyalakan beberapa lampu sebelum tidur.

Habiskan Energinya di Siang Hari

Kucing mungkin bangun di malam hari hanya karena ingin bermain. Anabulmu mungkin tidur sepanjang siang saat ditinggal bekerja, dan kesempatan bermain baru didapatkan saat pemiliknya sudah ada di rumah. Banyak mengeong di malam hari, hati-hati saat memberikan perhatian pada kucing karena justru akan memperkuat perilakunya.

Mengajaknya bermain di siang hari jadi cara tepat untuk membakar energinya dan memberinya perhatian yang diinginkan. Ingat, kucing yang lelah lebih mudah tertidur!

Miliki Rutinitas Tidur

Seperti anak, kucing juga dapat dilatih untuk memiliki rutinitas sebelum tidur. Pertama, beri makan malam yang lezat dan mengenyangkan sebelum tidur lalu matikan lampu dan turunkan volume TV untuk menciptakan lingkungan yang tenang. Selain itu, sediakan tempat tidur yang nyaman dan empuk yang diletakkan di sudut kamar yang tenang, untuk mendorong kebiasaan tidur di malam hari.

Porsi Makan Malam yang Tepat

Salah satu alasan paling umum kucing membangunkan pemiliknya di malam hari adalah rasa lapar. Anabulmu akan mengeong sebagai caranya untuk meminta makan. Pertimbangkan untuk mengubah pola makannya dengan menyediakan makanan yang mengandung nutrisi tepat, sehat, dan seimbang.

Jatuhkan pilihanmu pada Muezza, brand makanan kucing kering yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Diproses dengan teknologi modern dan melibatkan ahli nutrisi, cat food ini diformulasikan untuk menjaga kesehatan anabul.

Bebas bahan sintetik, Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand, yang bikin pemilik lebih leluasa memegang makanan secara langsung, mencari lokasi penyimpanan, hingga mencuci wadah makannya di tempat cuci piring. Memiliki 4 varian lezat yang jadi favorit kucing, beli Muezza tanpa harus keluar rumah dengan memesannya di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami