Apa yang Harus Dilakukan Jika Pasangan Genit?

GAYA | 29 Oktober 2019 10:07 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Wajarkah sikap flirty dilakukan oleh seseorang yang sudah memiliki pasangan? Perlaku seperti ini berpotensi menyakiti pasangan dan mendatangkan konflik. Apalagi jika sudah melewati batas wajar.

Namun sampai sejauh mana sikap genit masih bisa ditoleransi?

1 dari 4 halaman

Tergantung Konteks

Baik atau tidaknya bergenit-genit dengan seseorang yang bukan pasangan Anda tergantung pada konteks dan sifat alamiah dari manusia yang bersangkutan. Hal ini juga tergantung pada aturan hubungan yang telah Anda sepakati sebelumnya.

"Dalam beberapa kasus, keramahan dan rayuan bisa menjadi hal yang membingungkan. Itulah sebabnya penting untuk mempertimbangkan apakah perasaan negatif Anda disebabkan oleh sikap pasangan yang memang genit, atau rasa tidak percaya diri Anda," ucap psikolog dan pakar hubungan, Jennifer B. Rhodes (24/10).

2 dari 4 halaman

Orang-Orang Insecure akan Memandangnya dengan Cara Berbeda

Orang-orang yang cenderung pencemas dan takut ditinggalkan akan merasa lebih sering menemukan persoalan ini, di mana menganggap keramahan sebagai bentuk kegenitan.

"Apa pun yang mengganggu diri Anda merupakan sebuah sinyal untuk Anda berpikir kembali secara jernih dan dari hati. Namun, itu bukan alasan untuk berperilaku buruk terhadap pasangan," jelas Rhodes.

3 dari 4 halaman

Komunikasikan Keberatan Kepada Pasangan

"Ketika berbicara soal menggoda orang lain, tiap hubungan punya budaya yang berbeda. Tetapi penting untuk mengungkapkannya pada pasangan jika itu sudah membuat Anda tidak nyaman," ucap Rhodes seperti dikutip dari Elite Daily.

"Ungkapkan dengan to the point bahwa Anda tidak merasa nyaman dengan sifat genit pasangan. Jika pasanganmu tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang serius, itu bisa menjadi pertanda yang buruk," ucap Rhodes.

Rhodes menjelaskan, seseorang mungkin tidak sadar bahwa ia menunjukkan perilaku yang mengganggu kestabilan hubungan. Seperti mengabaikan kekhawatiran Anda karena sifat genitnya.

4 dari 4 halaman

Komunikasi akan Mempermudah Pencarian Solusi

Jadi, terlepas dari apakah pasangan melewati batas atau tidak, membicarakan perasaan tanpa menghakiminya dapat membantu Anda mencapai solusi dan batasan yang lebih jelas.

Meskipun memulai percakapan soal sifat genit pasangan bisa jadi hal yang sulit, membicarakannya dapat membantu memastikan Anda dan pasangan berada di jalur yang sama mengenai batasan dalam hubungan.

Reporter: Diviya Agatha
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Penelitian: Rata-Rata Manusia Temukan Sahabat di Usia Ini
Pakar: Sifat Individualis Banyak Ditemukan di Miliuner
7 Perilaku Negatif yang Bisa Menurun Secara Genetik
Pasangan yang Sering Selfie Bareng Lebih Rentan Berpisah, Kok Bisa?
Hati-Hati Risiko Diselingkuhi Jika Pasangan Punya 3 Ciri Ini