Bad Mood, Konsumsi 10 Makanan Enak Ini untuk Perbaiki Suasana Hati

GAYA | 24 Januari 2020 16:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Anda sedang bad mood? Suasana hati buruk alias bad mood bisa disebabkan berbagai faktor. PMS (Pre-Menstrual Syndrome) misalnya. Tentunya segala aktivitas jadi tak menyenangkan, karena kondisi mental dan emosi tidak mendukung.

Ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan good mood. Salah satunya adalah menyantap makanan enak. Tapi jangan sembarangan memilih makanan untuk dikonsumsi saat bad mood. Berikut ini beberapa jenis panganan yang terbukti bisa membantu mengatasi suasana hati buruk.

1 dari 10 halaman

1. Cokelat

www.afternoonrecipes.com

Mengonsumsi cokelat ternyata dapat mengurangi bad mood. Menurut hasil penelitian, cokelat bisa mengatur kadar kortisol dan katekolamin dalam tubuh. Kedua hormon ini merupakan pemicu stres. Tapi sebaiknya Anda memilih cokelat hitam atau dark cokelat dengan kadar kakao di atas 60 persen.

2 dari 10 halaman

2. Ikan Sarden

Shutterstock

Orang yang kekurangan asam lemak Omega-3 cenderung lebih rentan depresi dan bad mood. Karena asam lemak ini merupakan komponen utama penyusun jaringan otak, asupannya akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental.

"Sekitar 60 persen berat kering otak adalah lemak, dan 30 persennya berupa Omega-3," tutur Dr. Eva Cyhlarova, kepala tim riset di Mental Health Foundation seperti dilansir Netdoctor.

Konsumsi ikan yang berminyak seperti salmon, sarden, dan ikan kembung akan membantu menjaga fleksibilitas sel otak, sehingga otak bisa mengirimkan neurotransmiter lebih baik.

3 dari 10 halaman

3. Pisang

2018 Merdeka.com/Pixabay

Pisang mengandung asam amino triptofan, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, fosfor, kalium, karbohidrat, dan zat besi. Karbohidrat di dalam pisang akan membantu penyerapakn triptofan ke dalam otak, sementara vitamin B6 memecah triptofan menjadi hormon serotonin yang bisa memperbaiki suasana hati.

4 dari 10 halaman

4. Oatmeal

Shutterstock

Oatmeal efektif sebagai mood booster karena indeks glikemiknya yang rendah akan melepas energi ke aliran darah secara perlahan. Gula darah dan suasana hati pun jadi stabil. Kandungan selenium yang dimilikinya juga bisa meningkatkan suasana hati.

5 dari 10 halaman

5. Dada Ayam

Shutterstock/Slawomir Fajer

Daging dada ayam dan kalkun juga bisa membantu meningkatkan asupan asam amino triptofan yang tubuh gunakan untuk membuat serotonin, salah satu neurotransmiter terpenting dalam suasana hati. Kandungan ini juga membantu produksi hormon melatonin yang bikin tidur lebih nyenyak.

Daging unggas tanpa lemak ini juga mengandung asam amino tirosin yang dapat membantu mengurangi gejala depresi dan bad mood.

6 dari 10 halaman

6. Telur

Pixabay

Telur mengandung protein tinggi, vitamin D, dan vitamin B12. Telur juga kaya kolin, nutrisi yang mendukung sistem saraf, meningkatkan suasana hati dan membantu menghasilkan neurotransmiter, serta selenium.

7 dari 10 halaman

7. Ubi

Pixabay/Silentpilot

Menurut Academy Culinary of Nutrition, ubi merupakan salah satu panganan terbaik untuk membantu mengatasi bad mood. Pasalnya umbi manis ini mengandung banyak vitamin B6, vitamin C, dan serat.

8 dari 10 halaman

8. Tiram

www.cornerstopeatery.com

Tiram memiliki seng atau zinc yang sangat penting untuk produksi energi dan kesehatan otak. Pasien depresi biasanya kekurangan nutrisi yang satu ini. Tiram juga mengandung protein yang kaya asam amino tyrosine. Nutrisi ini penting untuk menjaga kestabilan suasana hati.

9 dari 10 halaman

9. Brokoli

Shutterstock

Sayuran hijau seperti brokoli merupakan sumber bagai vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kestabilan suasana hati. Beberapa di antaranya adalah folat, vitamin B3, vitamin B6, dan viamin B12.

10 dari 10 halaman

10. Alpukat

Shutterstock.com/mama_mia

Avokad atau alpukat merupakan sumber vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Buah ini juga mengandung Vitamin B5 yang membantu sintesis neurotransmiter dan mendukung kelenjar adrenal.

Itulah berbagai jenis makanan enak yang bisa dikonsumsi saat bad mood. (mdk/tsr)

Baca juga:
Resep Dasar Overnight Oats, Makanan Sehat untuk Sarapan Penuh Gizi
15 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kecantikan
Manfaat Royal Jelly untuk Kecantikan dan 7 Cara Memanfaatkannya
4 Manfaat Kecantikan yang Bisa Didapat dari Konsumsi Labu Siam
12 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Efek Samping yang Harus Diketahui

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.