Bangkrut, perusahaan ini bayar utang-utangnya pakai keju

Bangkrut, perusahaan ini bayar utang-utangnya pakai keju
GAYA | 8 Desember 2016 17:11 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ashtarak Kat, sebuah perusahaan pengolahan susu terkemuka di Armenia mengumumkan penghentian operasi di tahun ini karena kondisi keuangan. Namun perusahaan ini masih memiliki utang kepada karyawan dan ribuan peternak yang bekerjasama dengan mereka. Dilansir Oddity Central (7/12), perusahaan memutuskan untuk membayar mereka semua dengan keju biru Roquefort dengan merek Molder Blue yang mereka produksi.

Ashtarak Kat yang membuat berbagai produk olahan susu dengan label Ashtarak Milk mulai memproduksi keju biru Roquefort dalam jumlah besar di permulaan tahun 2016, menyusul prediksi kenaikan permintaan keju biru dari dalam dan luar negeri yang dibuat pada tahun sebelumnya. Tak disangka, Ashtarak Kat kesulitan mendapatkan pembeli dan terpaksa menghentikan operasi perusahaan dan menyatakan kebangkrutan.

ashtarak kat

Ashtarak Kat © Ashtarak Kat

Dilansir Arka News Agency, perusahaan yang beroperasi sejak tahun 1995 ini mempekerjakan 500 karyawan. Mereka memproduksi 45 jenis es krim, 50 jenis produk olahan susu, selai, dan marmalade. Lebih dari 6.000 peternak di Chambarak menjadi pemasok untuk pabrik mereka. Tak ada pilihan lain, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan membayar utang kepada para pemasok dengan surplus 60 ton keju biru Roquefort yang mereka produksi. Nilai per kilogramnya telah ditetapkan 2000 dram (mata uang Armenia) atau sekitar 5.500 rupiah.

ashtarak kat

Ashtarak Kat © Ashtarak Kat

ashtarak kat

Ashtarak Kat © Ashtarak Kat

Dengan cara ini, Ashtarak Kat bisa membayar utang sekaligus menutup kerugian. Namun solusi ini tak membuat para peternak lega. Pasalnya, mereka juga akan kesulitan mendapatkan pembeli untuk keju-keju tersebut. Sementara itu, mereka juga bakal kesulitan menyimpan keju dalam kuantitas sebesar itu di rumah. Akhirnya, warga setuju untuk dibayar dengan keju, asalkan perusahaan perusahaan bersedia membantu penyimpanan keju di ruang pendingin milik pabrik. (mdk/tsr)


Nenek 100 tahun raih medali emas dalam kejuaraan lari Internasional
Kunyah-kunyah keju, cara menyenangkan untuk redakan stres
Pizza pesanannya kurang keju, wanita ini lapor polisi
5 Alat pembayaran teraneh di dunia, dari keju hingga air kencing
Keju, senjata baru untuk lawan sel kanker

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami