Bebas Motorboat, Perairan Jernih Venesia Disambangi Ubur-Ubur hingga Lumba-Lumba

Bebas Motorboat, Perairan Jernih Venesia Disambangi Ubur-Ubur hingga Lumba-Lumba
GAYA | 26 April 2020 13:09 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Berkat kebijakan lockdown di Italia, Venesia yang biasanya dipadati wisatawan jadi bebas polusi. Perairan yang sehari-hari tercemar lumpur dan lalu lalang gondola serta motorboat kini berubah jernih. Angsa, ubur-ubur, dan lumba-lumba tampak menyambangi kanal setelah sekian lama. Sementara rumput laut dan ikan-ikan kecil yang biasanya tak tampak kini jadi terlihat jelas.

1 dari 3 halaman

Disambangi Ubur-Ubur Rhizostoma pulmo

Ahli biologi Andrea Mangoni mendapati ubur-ubur berenang di kanal Venesia dengan tenangnya. Pemandangan itu diabadikannya lewat video singkat dan diunggah ke Instagram.

Menurut Mangoni, arus yang tenang dan tak adanya kendaraan yang berlalu lalang membuat binatang laut kembali ke kanal.

"Kadang Anda harus mengubah sudut pandang untuk mengagumi hantu yang berkeliaran di antara istana-istana Venesia ini. Karena sepinya kanal-kanal Venesia semenjak tak ada perahu, ubur-ubur ini (Rhizostoma pulmo) berenang di perairan jernih dekat Jembatan Baretteri dan tampaknya menyelinap di antara pantulan bangunan," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Air Jernih Membuat Ikan-Ikan Menampakkan Diri

pemandangan di perairan venesia selama lockdown

©Twitter/ikaveri

Beberapa minggu terakhir, perairan Venesia memang jadi lebih jernih. Warga berpendapat berhentinya lalu lintas kendaraan air telah mengembalikan hewan liar ke kanal-kanal kota.

Sementara pemerintah kota menyebut hewan-hewan tersebut memang selalu ada di sana, hanya saja tertutup lumpur keruh yang terseret kincir motorboat dan dayung gondola.

"Sekarang airnya terlihat lebih jernih, karena lalu lintas di kanal lebih sepi, menyebabkan endapan tetap di dasar," tutur juru bicara kantor walikota kepada CNN.

Satu hal yang pasti, rumput laut dan ikan-ikan kecil yang hidup di perairan kanal kini jadi terlihat jelas.

3 dari 3 halaman

Penampakan Lumba-Lumba di Dekat Dek

pemandangan di perairan venesia selama lockdown

©Newsflash/Moluskein

Bukan cuma ubur-ubur dan ikan kecil yang menampakkan diri di perairan Venesia belakangan ini. Absennya perahu dan kapal feri di perairan Venesia juga membuat lumba-lumba tak segan menampakkan diri. Warga setempat jadi berkesempatan menyaksikan ikan-ikan ramah tersebut berenang di dekat dek. Ini adalah pemandangan yang tidak sering terjadi sampai bulan lalu.

Perekonomian di kota kanal memang tengah tersendat akibat pembatasan sosial. Namun tampaknya, lockdown membawa penghiburan tersendiri bagi warga di sana. (mdk/tsr)

Baca juga:
6 Potret Efek Karantina terhadap Polusi di Berbagai Negara
Ada Robot Pengantar Makanan Saat Lockdown Corona di Kolombia
Dubai Longgarkan Aturan Lockdown, Tempat Perbelanjaan Mulai Beroperasi
WHO: Jangan Buru-Buru Cabut Lockdown, Virus Corona Bakal Lama Bersama Kita
5 Potret Kebersamaan Michelle Joan dan Sang Kekasih yang Kini Terjebak di AS

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami