Berbuka dengan Udang Bakar Sambal Matah Semakin Nikmat dengan Minyak Kelapa Sawit

Berbuka dengan Udang Bakar Sambal Matah Semakin Nikmat dengan Minyak Kelapa Sawit
Demo memasak udang bakar sambal matah Chef Amy Zein. ©2021 BPDPKS
GAYA | 12 Mei 2021 11:09 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Azan magrib menjadi momen yang paling ditunggu selama bulan Ramadan. Apalagi di hari-hari terakhir berpuasa. Waktu berbuka masih beberapa jam lagi, namun pikiran sudah melayang ke hidangan-hidangan lezat yang bisa disantap nanti.

Rasa yang lezat dari menu buka puasa memang menjadi membuat hati serasa bahagia setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Namun, jangan lupakan aspek kesehatan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama bulan Ramadan. Minimal, setidaknya untuk menikmati makanan yang digoreng atau ditumis selalu gunakan minyak berkualitas seperti kelapa sawit.

Minyak kelapa sawit memiliki peranan penting dalam olahan menu berbuka puasa. Selain mampu menyempurnakan rasa, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya menjadi pelengkap asupan nutrisi dalam tubuh. Oleh sebab itu, Chef Amy Zein mengajak untuk menggunakan minyak kelapa sawit dalam olahan menu berbuka puasa.

Melalui sesi live Instagram bersama Diadona.id, Chef Amy Zein membeberkan menu udang bakar sambal matah sekaligus menjelaskan berbagai manfaat minyak kelapa sawit dalam olahan masakan. Seperti apa sih?

Minyak Kelapa Sawit Mempertahankan Karakteristik Makanan

Tampilan serta rasa masakan menjadi poin penting ketika berbuka puasa. Untuk menciptakan rasa yang pas dan tampilan menggugah selera, proses pengolahan menu berbuka puasa memerlukan bahan pelengkap berkualitas. Pada proses inilah minyak kelapa sawit memegang peranan penting dalam menjaga karakteristik makanan.

“Minyak kelapa sawit bisa mempertahankan karakteristik makanan walaupun dimasak dengan suhu tinggi. Baik digoreng, tumis ataupun bakar, kelapa sawit bisa menjaga kualitas makanan. Bahkan aku juga menggunakan minyak kelapa sawit untuk proses baking agar mendapatkan cake yang bertekstur lebih moise. Minyak kelapa sendiri bersifat netral, tidak memiliki aroma dan rasa. Sehingga tidak mempengaruhi rasa makanan itu sendiri,” Ujar chef Amy Zein.

Baca Selanjutnya: Kandungan dalam Minyak Kelapa Sawit...

Halaman

(mdk/tsr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami