Bernilai 89,6 Miliar Rupiah, Lukisan Terbaru Banksy Nyaris Dicuri

Bernilai 89,6 Miliar Rupiah, Lukisan Terbaru Banksy Nyaris Dicuri
GAYA | 29 Mei 2020 08:26 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Seorang pencuri yang mengenakan pakaian hazmat mencoba mengambil sebuah lukisan karya Banksy, seorang seniman misterius nan fenomenal. Lukisan yang hendak dicuri didonasikan ke Southampton General Hospital, Inggris. Nilainya diperkirakan mencapai 5 juta poundsterling atau sekitar Rp89,6 miliar.

1 dari 4 halaman

Pencuri Berbaju Hazmat di Pagi Buta

Si pencuri datang mengendap-endap di pagi buta dan terlihat mondar-mandir di dekat lukisan tersebut. Namun, petugas yang berjaga sudah memantau gerak-geriknya lewat kamera pengawas. Setelah dipastikan dia hendak mencuri, petugas keamanan keburu membekuknya.

Dikutip dari The Sun, Senin (25/5/2020), seorang sumber mengatakan, "Pria itu hanya berjalan mengacungkan bor tanpa kabel. Petugas keamanan melihat gerak-geriknya dan bertanya kepada penyelia apakah mereka harus menghentikannya. Mereka lalu disuruh untuk mengawasinya dan dia terlihat berjalan melewati gambar setidaknya lima kali. Jelas dia sedang mengincarnya."

2 dari 4 halaman

Lukisan Seharga 89,6 Miliar Rupiah

lukisan karya banksy di southampton general hospital

©2020 AFP

Lukisan Banksy yang gagal dicuri tersebut dinamai Game Changer. Lukisan menampilkan seorang bocah lelaki yang sedang memainkan boneka perawat dengan menerbangkannya seolah-olah dia adalah Superman.

Di dekat si bocah, terdapat dua boneka superhero lainnya, Batman dan Spiderman, yang dibiarkan menganggur di keranjang. Lewat lukisan tersebut, Banksy seolah-olah memberikan pesan bahwa tenaga medis adalah pahlawan sejati.

Banksy meninggalkan lukisan tersebut di Southampton General Hospital dengan catatan.

"Terima kasih atas semua yang Anda lakukan. Aku harap ini bisa sedikit mencerahkan tempat ini, walau hanya lukisan hitam putih," tulisnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Dilaporkan kepada Pihak Berwajib

Saat dikonfirmasi mengenai kabar pencurian, pihak rumah sakit membenarkan terjadinya tindak kriminal yang gagal itu. Tapi, mereka memang sengaja tak melaporkannya kepada pihak berwajib.

Kasus tersebut bukan kasus pencurian pertama lukisan Bansky. Sebelumnya, dua lukisan si seniman misterius juga sempat hilang sebelum berhasil ditemukan di Paris pada Februari lalu.

Lukisan karya Bansky dikenal berharga tinggi. Sebuah karyanya berhasil terjual senilai 9,9 juta pound sterling pada Desember 2019 lalu.

4 dari 4 halaman

Bakal Dilelang untuk Kesejahteraan Tenaga Medis Pejuang Covid-19

Pengelola Southampton General Hospital berniat melelang lukisan yang didonasikan Banksy tersebut. Rencananya, dana yang terkumpul akan disumbangkan untuk biaya operasional rumah sakit dan kesejahteraan tenaga medis yang sedang merawat pasien Covid-19.

Reporter: Dinny Mutiah
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
5 Fakta Menarik Tari Tor-Tor, Seni Tradisional Kebanggaan Orang Sumatera Utara
Curi Perhatian, Ini 6 Aksi Orang yang Berpose Bak Lukisan saat Jalani Karantina
Museum Seni di LA Ajak Netizen Tiru Karya Seni dengan Barang di Rumah, Hasilnya Kocak
Mengenal Sabeni, Jawara Silat Asal Betawi yang Mirip Karakter IP Man
Mengenal Sukuraga, Wayang Khas Sukabumi yang Membawa Pesan Kebaikan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5