Bikin Hidup Bersama Kucing Lebih Mudah dengan Melatih 4 Trik Ini

Bikin Hidup Bersama Kucing Lebih Mudah dengan Melatih 4 Trik Ini
©shutterstock
GAYA | 26 Februari 2021 13:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Memiliki kucing dengan tingkah laku lucunya ini bisa bikin hari-harimu terasa lebih menyenangkan. Makin mudah jika hewan peliharaanmu bisa menguasai trik sederhana yang bisa diajarkan, dengan cara mudah ini.

Datang Saat Dipanggil

muezza baru
©shutterstock

Kucing bisa belajar merespon panggilanmu dan datang padamu, yang bisa berguna saat hewan peliharaanmu mendadak menerobos pintu dan kabur ke luar rumah. Pertama, panggil nama kucing atau buat suara dengan lidahmu sebelum memberikan makanan.

Nantinya kucing akan belajar mengasosiasikannya dengan sesuatu yang positif dan pada akhirnya akan menghampirimu saat mendengarnya. Mulai dari jarak dekat dan bertahap menjauh, lalu latih dua kali sehari selama lima menit.

Hand Shake

muezza baru
©shutterstock

Melatih kucing untuk memberikan kakinya seperti sedang berjabat tangan ternyata lebih sederhana. Siapkan camilan dan sejajarkan diri dengan ketinggian yang sama dengan kucing. Ketuk kakinya sambil berkata 'shake' dan gunakan clicker saat kucingmu menggerakkan kakinya. Ulangi latihan ini sampai kucing menawarkan kakinya saat mendengar kata perintah tersebut selama beberapa hari.

Meminta Makanan

muezza baru
©shutterstock

Ajarkan kucing untuk menunggu gilirannya makan dengan trik yang mirip dengan berjabat tangan. Pegang camilan tepat di atas kepala kucing dan berikan perintah 'beg'. Hewan peliharaanmu akan berdiri dengan kaki belakangnya dan meraihnya, gunakan clicker untuk menandai perilakunya lalu berikan camilan tersebut. Latih sampai kucing bisa berhasil melakukan perintah, tanpa perlu mengiming-imingi dengan camilan di atas badannya.

Berjalan dengan Tali

muezza baru
©shutterstock

Bukan hanya anjing, kucing pun bisa dilatih untuk berjalan dengan tali kekang dan mencegahnya berlari kencang saat diajak jalan-jalan ke luar rumah. Sebelum mencoba memakaikannya, biarkan tali selama beberapa hari di tempat yang sering didatangi kucing, seperti area makan atau tempat tidur.

Setelah terbiasa melihatnya, mulai pasangkan tali kekang sambil memberinya camilan. Biarkan selama beberapa menit pada awalnya dan tambah waktunya secara bertahap selama beberapa hari. Begitu merasa nyaman, biarkan kucing berkeliaran bebas dengan tali kekang dan belajar mengendalikannya dengan menahan talinya. Mulai di tempat yang tenang untuk menjelajahi area baru tanpa takut hewan peliharaanmu berujung lari dan tersesat.

Agar sesi latihan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan, hindari memberikan hukuman pada kucingmu dan siapkan makanan favoritnya seperti Muezza. Kaya akan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembangnya, cat food ini dibuat dari bahan alami yang diproses dengan teknologi modern.

muezza baru
©shutterstock

Baik bagi kesehatannya, pemiliknya tak perlu ragu memegang dan memberikan Muezza secara langsung pada kucing. Pasalnya, dry food ini sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

Halal dan tentunya sehat bagi kucing, ada 4 varian rasa yang bakal disukai kucing seperti Tuna, Salmon, Mackerel, dan Ocean Fish. Tanpa harus ke luar rumah untuk membelinya, cukup pesan varian Muezza yang diinginkan di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami