Advertorial

Bikin Liburan Ke Bali Berbeda dengan Coba 5 Keseruan Ini

Bikin Liburan Ke Bali Berbeda dengan Coba 5 Keseruan Ini
Bikin Liburan Ke Bali Berbeda dengan Coba 5 Keseruan Ini. ©Shutterstock
GAYA | 10 Mei 2022 07:45 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Liburan ke Bali memang tak pernah ada bosannya. Apalagi jika dilangsungkan bersama orang terdekat, seperti keluarga maupun sahabat, kian seru rasanya. Sebab, Bali tak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga menyuguhkan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang menggugah selera.

Tak heran jika wisatawan dari berbagai negara selalu terkesan saat liburan #DiIndonesiaAja, terutama ke Bali karena banyaknya atraksi wisata yang ditawarkan. Menariknya, masih banyak destinasi wisata di Bali yang patut dikunjungi. Supaya liburan ke Bali kali ini berbeda, cobalah beberapa keseruan berikut ini:

1. Rasakan Suasana Bali yang Berbeda di Canggu

bikin liburan ke bali berbeda dengan coba 5 keseruan ini
©Shutterstock

Destinasi pertama yang bisa dikunjungi untuk merasakan suasana Bali yang berbeda adalah Canggu. Berbeda dengan destinasi wisata di Bali pada umumnya, desa yang berlokasi di Kabupaten Badung ini hadir dengan suasana kekinian. Hampir setiap sudut-sudut lokasinya begitu menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Meski begitu, Canggu digemari karena suasananya yang lebih tenang dibandingkan lokasi populer di dekatnya, seperti Seminyak.

Hampir sebagian besar wisatawan yang datang ke Canggu memang sengaja ingin menikmati ketenangan. Di samping menawarkan keindahan pantai, Canggu juga menjadi surga kuliner dengan beragam cita rasa. Moda transportasi yang memadai, kian membuat Canggu semakin digemari sebagai destinasi favorit. Hal inilah yang bikin Canggu juga kerap dijuluki sebagai ‘Seminyak Baru’.

2. Nikmati Segarnya Kopi Asli Bali di Desa Kuno Munduk

bikin liburan ke bali berbeda dengan coba 5 keseruan ini
©Shutterstock

Usai datang ke Canggu, jangan berpuas diri dulu. Lanjutkan liburan di Bali dengan datang ke Munduk. Desa kuno yang terletak di Kabupaten Buleleng ini tersembunyi di antara sawah dan perkebunan kopi. Bak surga tersembunyi, Munduk menawarkan suasana yang damai dan lekat dengan budaya tradisional Bali.

Biar makin paripurna, jangan lupa menikmati segarnya kopi asli Bali di Munduk. Kamu bisa datang ke Munduk Moding Plantation. Kopi di kafe dan restoran tersebut dibudidayakan oleh para petani lokal. Diseduh dengan racikan khas, rasakan segarnya kopi Bali ini sembari menikmati indahnya panorama dan sejuknya udara pegunungan di desa kuno Munduk.

Selain itu, Munduk Moding Plantation juga sudah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability), yaitu sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Dengan begitu, siapa pun dapat menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

3. Rasakan Akomodasi dengan Panorama Laut Istimewa di Candidasa

bikin liburan ke bali berbeda dengan coba 5 keseruan ini
©Shutterstock

Selanjutnya untuk penginapan, bisa menjatuhkan pilihan ke Candidasa. Tepatnya Ashyana Candidasa Beach Resort. Penginapan yang berlokasi di Jalan Raya Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali ini telah mengantongi sertifikat CHSE, sehingga wisatawan bisa menginap dengan tenang, nyaman dan aman.

Apalagi panorama yang dihadirkan begitu istimewa, sebab dari penginapan bisa melihat langsung indahnya laut hingga pemandangan matahari terbit maupun terbenam. Supaya liburan makin seru, sempatkan mengunjungi desa nelayan tradisional Bali, serta istana air Tirta Gangga yang begitu tersohor keindahannya.

4. Selami Surga Tersembunyi Bali di Pulau Menjangan

bikin liburan ke bali berbeda dengan coba 5 keseruan ini
©Shutterstock

Biar makin afdal liburan ke Bali, mampirlah ke Pulau Menjangan. Pulau ini terletak di barat laut Bali. Jaraknya sekitar 129 km atau bisa ditempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Denpasar melalui pelabuhan Labuhan Lalang di Kabupaten Buleleng. Sementara jika dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi jaraknya sekitar 60 km saja atau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Jadi, bisa mampir ke Menjangan lebih dulu apabila ke Bali lewat jalur darat dari pulau Jawa.

Bagi para penyelam, Menjangan menjadi salah satu surga tersembunyi yang tak boleh dilewatkan. Keindahan alam bawah lautnya begitu memesona. Jika tak bisa diving, wisatawan masih bisa menikmatinya dengan cara snorkeling bersama para pemandu profesional. Selain menyelam, jangan lupa melihat rusa-rusa asli di pulau Menjangan berlarian. Di Menjangan terdapat tujuh pura Hindu yang juga bisa dikunjungi sembari memperkaya wawasan tentang budaya asli setempat.

5. Berburu Burat Wangi Sebagai Oleh-Oleh di Ubud

bikin liburan ke bali berbeda dengan coba 5 keseruan ini
©Shutterstock

Sempurnakan liburan berbeda di Bali kali ini dengan #BeliKreatifLokal berupa burat wangi sebagai oleh-oleh. Bagi yang belum tahu, burat wangi merupakan sabun batang yang dibuat dari ekstrak kelapa yang mampu melembapkan badan.

Pilihan wanginya pun amat beragam. Ada jeruk, vanila, madu, hingga wangi bunga kamboja. Kerennya sabun batang burat wangi ini juga ramah lingkungan. Dapatkan burat wangi ini dengan berkunjung ke Toko Burat Wangi di Griya Abian, Ambengan, Peliatan, Ubud, Bali yang juga sudah mengantongi sertifikat CHSE. Di sana wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Itulah beberapa keseruan yang bisa dicoba biar liburan ke Bali kali ini benar-benar berbeda dan tentunya lebih berkesan. Apalagi liburan ke Bali sekarang ini juga kian gampang, lantaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga menghadirkan InDOnesia CARE. Panduan protokol kesehatan pariwisata ini dihadirkan untuk mengedepankan usaha terbaik dalam mewujudkan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan bersama di destinasi pariwisata Indonesia.

Bukan itu saja, dengan memilih berlibur ke destinasi wisata #DiIndonesiaAja seperti Bali, masyarakat secara tak langsung juga turut berkontribusi dalam memajukan ekonomi nasional yang sempat terdampak situasi pandemi. Sebab dengan berlibur, hotel atau vila lokal di tempat wisata dapat kembali terisi. Banyak pedagang makanan yang menerima pemasukan dari wisatawan yang berburu kuliner lokal. Begitu juga dengan pelaku UMKM di sekitar tempat wisata, dapat mengumpulkan lagi pundi-pundi pendapatan dari wisatawan yang #BeliKreatifLokal sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Demi mendukung pemulihan pariwisata di Bali, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serius memulihkan pariwisata Bali sebagai bagian dari ekonomi baru. Adapun ekonomi baru yang dimaksud menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berupa go digital, lebih peduli terhadap aspek kebersihan, aspek kesehatan yang promotif dan preventif, serta aspek keberlanjutan lingkungan.

“Pemulihan pariwisata di Bali mudah-mudahan membawa kita ke era baru pariwisata CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability) dan fokus terhadap alam dan budaya,” ungkap Sandiaga Uno.

Temukan rekomendasi destinasi ekowisata dan ekonomi kreatif lainnya #DiIndonesiaAja dengan follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Dapatkan juga hadiah merchandise dan hadiah jutaan rupiah dari Wonderful Indonesia dengan mengikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) setiap dua minggu sekali.

Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga mengadakan kegiatan digital berupa sayembara Ambassador Kampung Sini (AKAMSI). Kegiatan menarik satu ini memberikan tantangan bagi masyarakat dalam menemukan pesona tersembunyi dari destinasi wisata di Indonesia.

Tak sulit untuk mengikuti AKAMSI ini, tinggal bagikan foto atau video di akun Instagram pribadi lalu tag @pesona.indonesia. Karya terbaik berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai, iPhone 13 Pro Max, Xiaomi 11 Ultra, serta paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Ayo, segera ikutan karena sayembara ini akan ditutup pada 15 Mei 2022.

(mdk/wri)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami