Bisa Hidup Hingga 20 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Kucing Siam

Bisa Hidup Hingga 20 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Kucing Siam
Bisa Hidup Hingga 20 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Kucing Siam. ©Shutterstock
GAYA | 18 Februari 2021 10:30 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Tak kalah populer dengan kucing Anggora atau Persia, ras Siam dikenal berkat bentuk tubuhnya yang atletis, suaranya yang khas, mata biru, hingga corak bulunya yang unik. Jika dirawat dengan baik, hewan kesayanganmu ini bisa memiliki umur yang cukup panjang. Rata-rata kucing Siam bisa hidup antara 15 hingga 20 tahun, bahkan lebih. Apa rahasianya?

Adopsi dari Breeder Berkualitas

bisa hidup hingga 20 tahun ini rahasia umur panjang kucing siam
©Shutterstock

Meskipun memiliki kondisi kesehatan yang cukup baik, kucing Siam masih memiliki beberapa masalah kesehatan. Salah satu cara untuk meminimalkan ancaman penyakit adalah dengan mendapatkannya dari breeder yang bereputasi baik. Terjamin lebih sehat sejak anakan, biasanya breeder yang berpengalaman dan profesional akan melakukan tes kesehatan pada anakan untuk melihat adanya masalah genetik.

Rutin Dibawa ke Dokter Hewan

bisa hidup hingga 20 tahun ini rahasia umur panjang kucing siam
©Shutterstock

Mendapatkan sertifikat kesehatan dari breeder, biasanya anakan kucing Siam akan mendapatkan vaksin wajib dan tambahan. Lanjutkan jadwal vaksin dengan membawanya ke dokter hewan secara teratur. Selain meminimalkan ancaman penyakit, adanya potensi masalah kesehatan pun bisa ditemukan sejak dini, sehingga kesempatan untuk sembuh sepenuhnya lebih besar.

Memelihara di Dalam Rumah

bisa hidup hingga 20 tahun ini rahasia umur panjang kucing siam
©Shutterstock

Terlepas dari mitos kucing sehat dan bahagia jika dibiarkan di luar ruangan, memeliharanya ras Siam di dalam rumah dapat meningkatkan harapan hidupnya. Selain mengalami hidup yang menyenangkan, cara ini juga mencegah kucing berkelahi untuk memperebutkan wilayah kekuasaan, hingga mengurangi kemungkinannya mengalami cedera.

Aktif Mengajaknya Bermain

bisa hidup hingga 20 tahun ini rahasia umur panjang kucing siam
©Shutterstock

Buat kucing tetap aktif setiap hari dengan mengajaknya bermain dan mendorongnya untuk melompat, memanjat, dan berlari. Selain bermain, ras Siam yang ramah ini juga suka berinteraksi dengan penghuni rumah.

Bisa protes dengan mengeluarkan suaranya yang khas dan keras, hewan peliharaanmu bisa mengalami stres yang dapat memengaruhi kesehatannya jika diabaikan. Belai, peluk, dan ajak bermain untuk memastikannya memiliki kehidupan yang menyenangkan dan bebas stres untuk tahun-tahun yang akan datang.

Pola Makan Sehat

Memberikan makanan yang tepat memiliki pengaruh yang besar bagi umur panjang kucing Siam. Pola makan yang tinggi protein, rendah karbohidrat, dan cukup asam lemak, vitamin, maupun lemak jadi standar tetap untuk menjaga kesehatannya. Selain itu, ras ini pun cukup rentan terhadap masalah gigi yang bisa dicegah dengan memilih dry food atau rutin menyikat giginya untuk menghilangkan plak dan karang gigi.

Soal nutrisi, percayakan pada Muezza yang melibatkan ahli gizi dan mengolah bahan-bahan alami dengan teknologi modern. Bebas dari bahan sintetik yang dapat membahayakan sistem metabolisme kucing kesayanganmu, berikan cat food yang sudah berlabel halal.

bisa hidup hingga 20 tahun ini rahasia umur panjang kucing siam
©Shutterstock

Muezza sendiri sudah dilengkapi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Selain lebih sehat pemilik kucing pun jadi lebih leluasa memegang makanan kucing, membelainya tanpa takut terkena liur kucing, hingga mencuci wadah makannya di tempat cuci piring.

Punya 4 varian flavor yang disukai kucing, berikan Muezza untuk menjaga kesehatan hewan peliharaanmu. Beli sekarang juga di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami