Bukan Berarti Bebas Perawatan, Begini Cara Jaga Kesehatan Kulit Kucing Tak Berbulu

Bukan Berarti Bebas Perawatan, Begini Cara Jaga Kesehatan Kulit Kucing Tak Berbulu
©shutterstock
GAYA | 8 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Sulit untuk membayangkan kucing tanpa bulunya yang halus dan indah. Nyatanya, ras ini kini makin populer karena kepribadiannya yang ramah dan mudah bergaul. Tapi berbeda dengan perkiraan banyak orang, jenis kucing yang tidak memiliki bulu ternyata tetap membutuhkan perawatan ekstra. Apa saja?

Jadwal Mandi Mingguan

muezza baru
©shutterstock

Sama seperti manusia, kucing juga menghasilkan minyak di kulitnya. Sayangnya, ras yang tidak berbulu kesulitan mengatasi tumpukan minyak pada kulitnya.

Oleh karena itu, pemiliknya harus konsisten memandikannya minimal sekali dalam seminggu dengan air hangat dan sampo hewan peliharaan yang bebas dari pewarna dan pewangi. Bilas hingga benar-benar bersih, karena sisa sampo yang tertinggal di kulit dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi. Tepuk lembut dengan handuk bersih hingga kering, untuk mencegah bau, tumbuhnya jamur, atau gatal.

Bisa Muncul Jerawat

muezza baru
©shutterstock

Bukan hanya berminyak, kulit kucing pun bisa muncul komedo dan jerawat akibat jadwal mandi yang kurang rutin. Jika menemukan masalah ini pada hewan peliharaanmu, bersihkan area pada kulit tersebut dengan air hangat dan sabun antibakteri yang lembut. Selain itu, konsultasikan pada dokter untuk membantu mengatasinya agar terhindar dari gatal atau radang.

Bersihkan Telinganya

muezza baru
©shutterstock

Masalah lain yang biasa ditemukan pada kucing tanpa bulu adalah telinganya yang lebih cepat kotor. Seperti mandi, membersihkan telinga ras ini pun harus dilakukan secara rutin, misalnya bersamaan dengan jadwal memandikan hewan peliharaanmu. Siapkan perlengkapan yang diperlukan seperti bola kapas atau cotton bud yang dibasahi terlebih dahulu, lalu gunakan untuk menyeka kotoran di dalam telinga.

Memotong Kuku

muezza baru
©shutterstock

Seperti pada kucing lainnya, memotong kuku secara teratur dapat membantu mencegah hewan peliharaanmu tersangkut pada benda-benda seperti selimut dan karpet. Untuk ras yang tidak berbulu, menjaga kukunya tetap terpangkas jauh lebih penting. Pasalnya, kuku yang pendek lebih jarang menggores kulitnya dan memicu luka atau infeksi.

Menjaga Kucing Tetap Hangat

muezza baru
©shutterstock

Bulu tidak hanya melindungi dari hawa dingin, tapi juga membantu mengatur suhu tubuh dalam cuaca yang lebih hangat. Di tengah lingkungan yang cukup dingin, pastikan hewan peliharaanmu memiliki tempat tidur yang nyaman dan hangat. Sebaliknya, musim panas bisa bikin kucing tanpa bulu kepanasan dan rentan dehidrasi. Sediakan banyak area yang mendapat sirkulasi udara, termasuk dari AC maupun kipas angin.

Meskipun tidak memiliki bulu, kulit kucing tanpa bulu tetap harus dijaga sebaik-sebaiknya. Bukan hanya perawatan dari luar saja, tapi sediakan asupan nutrisi yang tepat misalnya kaya kandungan asam lemak Omega 3. Percayakan makanan kucingmu sehari-hari pada Muezza yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yang berasal dari sumber alami.

muezza baru
©Muezza

Diolah dengan teknologi modern, brand makanan kucing kering ini pun terbebas dari bahan tambahan sintetik yang dapat membahayakan kesehatannya. Hadir dalam 4 varian citarasa yang bakal jadi favorit kucing, Muezza pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas cemas saat memberikan cat food secara langsung, juga saat terjilat, membersihkan peralatan makan atau mainan yang terkena air liur kucing, hingga mencari lokasi penyimpanan makanannya.

Beragam manfaat kesehatan diberikan oleh Muezza, khusus untuk kucing kesayanganmu. Segera pesan cat food terbaik ini di marketplace andalanmu, seperti Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami