Cara Berhemat Ala Milenial, Biar Bisa Staycation Rutin Tiap Bulannya

GAYA | 8 September 2019 15:27 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Salah satu alasan mengapa kaum milenial doyan berlibur adalah untuk bersantai. Generasi ini juga yang mempopulerkan istilah staycation, liburan tanpa bepergian terlalu jauh sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Tren traveling ini cocok buat mereka yang ingin menyegarkan pikiran dan fisik yang lelah usai bekerja, tanpa harus memiliki bujet liburan yang terlalu besar.

Jika ingin menjadwalkan staycation rutin tiap bulannya, tips menghemat uang untuk dana liburan berikut ini bisa dijajal.

Kurangi Belanja Online

Jika ingin menghemat uang untuk liburan, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengurangi kebiasaan belanja online. Data menunjukkan 67 persen kaum milenial lebih suka berbelanja lewat situs belanja online yang praktis, mudah, dan cepat. akibatnya, gaji yang diterima pun lebih cepat menyusut untuk memenuhi kebutuhan impulsif.

Kalau sudah membulatkan tekad untuk menabung, hindari situs-situs belanja favoritmu. Jika perlu hapus aplikasi belanja di ponsel untuk menyingkirkan godaan mengeluarkan uang untuk shopping. Sebaiknya apabila ingin membeli sesuatu, kunjungi toko untuk meminimalkan pembelian barang yang kurang diperlukan sekaligus menghindari membayar biaya pengiriman.

Prioritaskan Pengeluaran

Ketika menyusun anggaran, ingat untuk melakukannya sesuai dengan aturan 50/20/30. Ini artinya 50 persen dari gaji otomatis digunakan untuk pengeluaran yang diperlukan, 30 persen untuk keinginanmu dan 20 persen untuk tabungan dan investasi. Setelah menerima pendapatan, pertimbangkan biaya yang harus dibayar terlebih dahulu, seperti uang sewa dan tagihan. Jauhkan dari pengeluaran ‘kecil’ seperti nongkrong di café atau menonton film.

Biasakan Masak Sendiri

Milenial seringkali jadi yang terdepan dalam hal menjajal café atau restoran baru yang lagi populer. Belum lagi waktu dan tenaga yang dihabiskan di luar rumah membuat mereka lebih suka membeli makanan ketimbang memasak sendiri di rumah.

Padahal hal ini cukup menguras gaji yang diterima setiap bulannya. Awalnya mungkin membelanjakan uang untuk makan siang dalam sehari atau membeli kopi tampak tidak banyak. Tapi jika dilakukan setiap hari secara rutin maka bisa dibayangkan berapa banyak uang yang seharusnya bisa digunakan untuk membiayai staycation.

Mulai dengan mencoba memasak sendiri makan di rumah secara efekif dan efisien. Misalnya berbelanja seminggu skali dan siapkan bahan-bahan yang diperlukan sehingga dapat menghemat waktu, uang, dan tenaga.

Mencari Informasi Promo Hotel

Milenial memang tak bisa hidup tenang tanpa keberadaan internet dan gadget. Tapi kali ini contek caranya untuk mendapatkan berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh aplikasi pemesanan tiket maupun hotel, kartu kredit, hingga aplikasi pembayaran digital.

Nyalakan pengingat di aplikasi-aplikasi tersebut yang akan memberimu informasi tentang diskon tarif kamar hotel atau kumpulkan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher hotel atau tiket pesawat. Kecepatan mendapatkan informasi ini bisa memotong dana liburan secara signifikan dan bisa digunakan untuk membiayai staycation-mu berikutnya.

Setiap orang sebaiknya mengusahakan waktu untuk berlibur sesekali agar bisa lepas dari suasana jenuh dan stres. Gunakan kiat-kiat ala milenial ini yang dapat membantumu menghemat cukup dana untuk liburan. (eth)

Baca juga:
Anti-Fraud Traveloka PayLater, Begini Penjelasannya
Cuti Terbatas Cuma Bisa Liburan Singkat, Siapa Takut?
Pintar Memanfaatkan Fitur Layanan Tambahan Dalam Penerbangan
Pilihan Liburan Terbaik Berdasarkan Kepribadian Anda

(mdk/wri)