Cara Jitu Hentikan Budaya Ngaret dalam Satu Hari

Cara Jitu Hentikan Budaya Ngaret dalam Satu Hari
GAYA | 8 Agustus 2019 08:06 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Seakan jadi budaya tersendiri di tengah masyarakat, suka ngaret mendatangkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan buat diri sendiri. Selain memicu stres yang tidak diperlukan, sering terlambat tidak memberikan kesan yang baik untuk orang lain. Lebih buruk lagi, kebiasaan ini juga disebut sebagai cerminan orang-orang yang sulit fokus, egois, dan umumnya kurang peka.

Untuk mengubah kebiasaan ini menjadi #AntiNgaret, butuh komitmen dan niat yang kuat. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa membantumu untuk menghentikan hal buruk ini.

Saatnya Update Jam Alarm

Tidak ada salahnya mempercayai smartphone untuk membangunkanmu setiap pagi. Tapi tidak ada salahnya berinvestasi dalam memiliki beberapa jam alarm unik yang dapat membuatmu bersiap lebih awal. Mulai dari mengubah nada alarm, memasukkan ponsel ke dalam gelas kaca untuk volume yang lebih tinggi, hingga meletakkannya cukup jauh sehingga harus bangun untuk mematikan bunyi alarm.

Tidur Lebih Awal

Salah satu alasan yang sering digunakan oleh orang yang hobi ngaret adalah bangun kesiangan karena harus begadang. Jika punya janji penting di pagi hari, coba tidur lebih awal agar bisa bangun di pagi hari dengan lebih segar.

Hindari membuka gadgetmu di malam hari yang membuatmu sulit tertidur. Saatnya menghentikan kebiasaan membuka media sosial, streaming film, atau sekadar membalas email maupun chat dari rekan kerja agar tidak mengganggu siklus tidur.

Tempatkan Barang-Barang di Area Tertentu

Dalam keadaan terburu-buru, hal terakhir yang kamu inginkan adalah berkeliling rumah mencari kunci kendaraan, kunci rumah, kaus kaki, hingga ponsel yang tersembunyi entah di mana. Hindari membuang-buang waktu berhargamu dengan terus kehilangan barang-barang yang akan dibawa. Tempatkan ponsel, kunci, atau barang penting lainnya di satu tempat yang memudahkanmu untuk mencari dan membawanya ke mana pun pergi.

Perkirakan Waktu Keberangkatan

Jika bepergian dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi, maka kenali kapan waktu yang tepat untuk mencapai lokasi yang dituju. Dorong diri untuk berangkat lebih awal untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat menghabiskan lebih banyak waktu.

Dalam satu hari, kamu bisa mencoba beberapa tips jitu ini yang akan membantumu mengubah kebiasaan terlambat jadi #AntiNgaret. Memang tidak mudah, tapi dukungan dari GrabBike akan memudahkanmu untuk mengejar hal-hal berarti setiap harinya dengan tepat waktu.

Selain mengandalkan armada kendaraan yang memadai, ada 4 kemudahan yang ditawarkan oleh Grab untuk menjamin ketepatan waktu penjemputan. Mulai dari layanan GrabNow untuk mendapatkan mitra pengemudi dalam jarak terdekat, 5 juta titik jemput yang lebih akurat, fitur Saved Place yang mempersingkat waktu pemesanan, dan fitur Venues yang membantu menemukan titik jemput dengan panduan foto dan teks.
Merasa kesulitan mengubah budaya ngaret? Tenang, ada program #AntiNgaret persembahan GrabBike yang bisa langsung dicek selengkapnya di instagram, @GrabID. (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami