Cara Memakai Jilbab Segi Empat Simple dan Modis untuk Wajah Bulat

GAYA | 10 September 2019 17:02 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Memakai jilbab merupakan salah satu identitas yang biasanya digunakan wanita yang beragama muslim. Nama Jilbab ini juga kerap disebut sebagai kerudung atau hijab. Tujuan wanita muslim menggunakan jilbab sebenarnya adalah untuk menutup aurat seperti yang sudah dianjurkan oleh Islam.

Namun saat ini, penggunaan jilbab mulai dipadukan dengan mode. Sehingga tidak heran jika jilbab banyak sekali jenisnya. Mulai dari jilbab segi empat, pashmina, segitiga, dan lain sebagainya. Cara memakai jilbab dari setiap jenisnya pun berbeda-beda. Juga harus disesuaikan dengan bentuk wajah kamu agar terlihat lebih modis dan cantik.

Apakah kamu ingin mempelajari cara-cara memakai jilbab modern? Di bawah ini kami memiliki beberapa tutorial step by step yang bisa kamu ikuti.

1 dari 5 halaman

Cara memakai jilbab segi empat simple dan modis untuk wajah bulat

Pexels

Ketakutan sebagian besar wanita adalah tampak makin bulat wajahnya saat memakai jilbab. Faktanya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar wajah bulat kamu tersamarkan dan terlihat tirus. Salah satu caranya adalah pilih jilbab dengan kain tipis dan flowing. Kemudian majukan kerudung agar menutupi separuh bagian pipi. Paling penting untuk diingat, pilih model ikatan jilbab yang tidak terlalu berat di bagian atas. Khusus buat kamu, berikut kami tampilkan tutorial cara memakai jilbab segi empat untuk wajah bulat.

 /></p>
<p style= Istimewa

Cara memakai jilbab segi empat:

  • Pasang kerudung segi empat di kepala. Sebelumnya pakailah ciput atau inner jilbab terlebih dahulu. Pastikan agar bagian kanan lebih panjang daripada bagian kiri. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas.
  • Sematkan tepi kerudung yang dekat dengan kedua telinga dengan jarum.
  • Sematkan ujung hijab segi empat yang pendek (kiri) dengan jarum di bagian dada atas. Majukan kerudung sampai menutupi sebagian pipi.
  • Ambil bagian kerudung yang panjang (kanan), kemudian tarik ujung dalamnya menyilang hingga ke telinga kiri.
  • Tarik terus ujung kerudung hingga kembali ke sebelah kanan.
  • Terakhir sematkan sisa kain yang menjuntai dengan jarum agar menempel pada inner. Letaknya di dekat mata kanan.

Itulah cara memakai jilbab segi empat simple modis untuk wajah bulat.

2 dari 5 halaman

Cara Memakai Jilbab Segi Empat untuk Pesta Pernikahan

Pexels

Tampil cantik di pesta pernikahan tentu adalah hal yang mutlak bagi wanita. Dengan menggunakan busana anggun, tentu akan makin memukau dengan tatanan jilbab yang modis.

Memakai jilbab di pesta pernikahan bukan hal yang ribet sebenarnya jika sudah mengetahui trik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memukau tamu undangan lain dengan gaya berjilbab kamu.

 /></p>
<p style= Istimewa

Ingin tahu? Berikut ini adalah cara memakai jilbab segi empat untuk pesta pernikahan:

  • Bentuk hijab segi empat menjadi segitiga.
  • Kerudungkan jilbab dengan bagian kiri dan kanan sama panjang.
  • Sematkan jarum di bagian pipi bawah sebelah kiri.
  • Sematkan juga bagian kanan dengan jarum.
  • Pastikan kedua sisi benar benar sama panjang.
  • Tarik kedua sisi jilbab ke bagian kanan belakang.
  • Ambil ujung kain yang paling panjang.
  • Tarik ke puncak kepala hingga membentuk layer cantik. Sematkan dengan jarum pentul.

Itulah cara memakai jilbab segi empat untuk pesta pernikahan. Pilih kain jilbab satin, sifon, organza, atau pashmina tebal agar penampilan terlihat lebih mewah. Cara ini adalah yang paling mudah kamu lakukan tanpa meninggalkan aksen glamor namun tetap sederhana. Menarik, bukan?

3 dari 5 halaman

Cara Memakai Jilbab Pashmina untuk wajah bulat

Selain memberikan cara memakai jilbab segi empat, kami juga akan membeberkan cara mudah memakai jilbab pashmina. Pasalnya, jilbab pashmina belakangan mulai digandrungi kaum hawa lantaran bentuknya yang lebih panjang. Sehingga dalam pemakaiannya lebih banyak variasi.

Menggunakan Pashmina rupanya juga tak sesulit seperti yang kamu bayangkan. Ada beberapa cara memakai jilbab pashmina untuk wajah bulat juga, lho! Menarik, bukan? Ingin tahu?

Khusus buat kamu, berikut adalah cara memakai jilbab pashmina modis untuk wajah bulat:
Cara memakai jilbab pashmina untuk wajah bulat:

 /></p>
<p style=2019 Jenahara

  • Pasang kerudung pashmina (bentuk selendang) di kepala setelah memakai inner. Pastikan ujung kanan lebih pendek daripada kiri.
  • Ambil tepian kerudung sebelah kiri yang bagian dalam, kemudian sematkan di dekat pelipis kanan. Pastikan bagian yang disematkan tadi berada di balik kerudung bagian kanan.
  • Tarik kain yang sudah disematkan ke atas kepala, kemudian juntaikan ke bagian kiri. Sematkan tepian yang berada di puncak kepala dengan jarum.

Demikian tutorial singkat cara memakai jilbab pashmina untuk wajah bulat. Tips tambahan untuk kamu, pilihlah jilbab dengan warna yang cenderung gelap untuk menyeimbangkan wajah yang lebar. Misalnya saja warna merah marun, biru dongker, hitam, hijau toska, dan magenta.

4 dari 5 halaman

Cara Memakai Jilbab Pashmina Simple dan Modis

pixabay

Seperti yang sudah disinggung di atas, jilbab Pashmina memiliki banyak variasi karena bentuknya yang panjang. Sayangnya, dengan begitu banyak kreasi dan model yang bisa dibentuk dengan jilbab pashmina bikin kamu bingung.

Nah, buat kamu yang kekurangan waktu, ini adalah model jilbab Pashmina yang bisa kamu selesaikan dalam waktu 1 menit.

 /></p>
<p style= Hijabgamismukena.wordpress.com

Penasaran, kan? Berikut ini adalah cara memakai jilbab pashmina simple dan modis:

  • Setelah memakai inner, pasang pashmina di kepala dengan bagian kanan lebih panjang. Bagian kiri cukup sepanjang dada atas. Sematkan tepi kain sebelah kiri ke bawah telinga kanan.
  • Rapikan kerudung, kemudian tarik kain yang ada di sebelah kanan ke belakang pundak kiri.
  • Tarik terus sampai kembali ke pundak kanan. Biarkan terjuntai dan rapikan dengan tangan.

Demikian cara memakai jilbab pashmina simple dan modis. Jangan lupa, pilih jilbab dengan warna-warna yang cenderung cerah agar penampilan kamu lebih sedap dipandang.

5 dari 5 halaman

Cara Memakai Jilbab Syar'i

Jilbab Syar'i saat ini sudah jauh dari kata kuno seperti beberapa tahun lalu. Banyak sekali model yang dapat diaplikasikan dengan jilbab syar'i. Salah satu yang menjadi andalan wanita modern saat ini adalah yang memiliki corak warna lembut serta model anggun.

Sebelum beranjak ke cara memakai jilbab syar'i, alangkah baiknya jika kamu mengetahui tips di berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menentukan jilbab syar'i mana yang harus kamu pakai dan model yang seperti apa.

Berikut tips jika akan memakai jilbab syar'i:

Pemilihan bahan


Memakai jilbab syar'i itu tidak mudah. Khususnya untuk para pemula, kendala utamanya adalah akan terasa panas, gatal, dan kurang nyaman. Untuk itu, pilihlah bahan jilbab yang tepat. Bagi kamu yang kerap melakukan kegiatan di luar ruangan, sangat disarankan memilih bahan yang dapat menyerap keringat. Akan terasa lebih praktis dan nyaman menggunakan bahan kaos.

Model Jilbab Syar'i


Saat ini, ada berbagai model jilbab syar'i yang menarik. Mulai dari model jilbab khimar, jilbab ceruti, dan jilbab syar'i segi empat. Saat memakai jilbab syar'i, sangat disarankan memadukannya dengan inner agar lebih rapi. Tidak disarankan menambahkan aksesoris yang berlebihan. Cukup pakai 1 bross untuk aksen yang lebih manis dan anggun.

Pemilihan Warna Hijab Syar'i


Memakai jilbab syar'i diusahakan harus dengan tone warna yang lembut. Hati-hati memilih warna karena malah dapat menimbulkan kesan yang terlalu berani. Biasanya, jilbab syar'i lebih mengarah para warna yang natural dan kalem, seperti grey, pastel, cream, nude, dan brownie. Kamu juga harus memperhatikan paduan outfit yang kamu kenakan. Meskipun berbeda warna, setidaknya senada.

Nah, itu tadi adalah tips yang bisa kamu siapkan sebelum memakai jilbab syar'i. Semoga dapat membantu kamu yang sedang ingin beralih dari jilbab segi empat biasa ke model jilbab syar'i yang lebih besar. Setelah mengetahui semua tips di atas, selanjutnya, kita akan mulai membahas tentang bagaimana cara memakainya.

Salah seorang selebriti yang kerap memakai jilbab syar'i adalah Oki Setiana Dewi. Buat kamu yang belum tahu, dia adalah kakak kandung dari YouTuber terkenal Ria Ricis. Oki selalu tampil menggunakan model jilbab syar'i, baik di acara TV atau acara off air. Tak heran jika cara dan model yang dipakainya banyak ditiru oleh kaum milenial karena dianggap modis.

Berikut adalah cara memakai jilbab syar'i ala Oki Setiana Dewi:

  • Siapkan terlebih dahulu ciput ninja dan jilbab segi empat dua buah yang cukup besar. Usahakan warna sudah menyesuaikan dengan tone pakaian kamu, ya.
  • Pasang ciput agar rambut tertahan dan tidak keluar. Kamu bisa memilih ciput yang berbahan satun atau kaos dengan berbagai model.
  • Selanjutnya memakai jilbab segi empat yang pertama seperti biasa dengan melipatnya terlebih dahulu menjadi bentuk segi tiga. Bulatkan sesuai bentuk muka kamu dan pasang peniti pada pertemuan kedua ujung jilbab di bagian leher.
  • Pasang jilbab kedua dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Namun kali ini ujung jilbab dikaitkan ke samping atas dan beri penahan berupa peniti jarum hias.
  • Agar tampak lebih menarik, bisa menggunakan bros cantik pada sisi jilbab tersebut.

Mudah, bukan? Sekarang kamu sudah bisa mengerti cara memakai jilbab segi empat, pashmina, sampai syar'i. Semoga bermanfaat! (mdk/ega)

Baca juga:
Tips memilih hijab sesuai bentuk wajah
Ini dia barbie berhijab dari Indonesia
Sesuaikan gaya hijab dengan bentuk wajah anda
Tips menata hijab dengan rapi
Tips tetap nyaman berkacamata meski berhijab