Cara Membuat Paspor Baru Via Online dan WGS

GAYA | 13 November 2019 18:28 Reporter : Kurnia Azizah

Merdeka.com - Jangan pernah lupakan paspor sebagai dokumen resmi seperti KTP di Indonesia. Namun tak jarang di antara kita masih bingung cara membuat paspor baru. Padahal ini merupakan hal penting bagi para remaja yang ingin mengambil beasiswa ke luar negeri.

Keberadaan paspor sebagai identitas diri, biasanya akan menjadi nilai plus ketika mendaftar beasiswa atau mengikuti pertukaran pelajar, seperti mengikuti summer school . Tidak perlu menunggu diterima baru buat paspor, namun akan lebih baik jika memiliki sejak awal.

Peraturan pemerintah selalu saja mengalami perkembangan, demi kemajuan dan persaingan zaman modern. Begitu pula peraturan cara membuat paspor online maupun offline.

Membuat paspor online akan lebih cepat dan mudah, cukup masuk website, upload dokumen, transfer biaya, dan buat jadwal foto. Sekarang mengalami perubahan dan hal inilah yang perlu disimak agar tidak ada kesalahan.

Cara membuat paspor online yang dahulu, Anda perlu scan seluruh dokumen. Kecuali saat ini, Anda harus menyiapkan seluruh dokumen tersebut untuk pengisian data online dan membawanya ke kantor imigrasi. Ini beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan untuk membuat paspor online.

1 dari 5 halaman

Syarat Untuk warga negara Indonesia (WNI)

layanan paspor

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan foto copy,
2. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy,
3. Akte kelahiran atau surat baptis, asli dan foto copy,
4. Ijazah terakhir atau akte perkawinan atau buku nikah, asli dan foto copy
5. Paspor lama bagi yang ingin memperpanjang.

Syarat Untuk Anak WNI

1. KTP kedua orangtua asli dan foto copy,
2. Kartu Keluarga asli dan foto copy,
3. Akte lahir anak atau surat baptis, asli dan foto copy,
4. Buku nikah atau akte nikah orangtua, asli dan foto copy,
5. Paspor orangtua asli
6. Paspor lama anak bagi yang ingin perpanjang.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Paspor Online Via Aplikasi di Android

1. Unduh Aplikasi
Anda perlu mengunduh aplikasi Antrian Paspor di Play Store. Sangat disayangkan sejak aplikasi ini belum tersedia bagi pemiliki iPhone. Cara ini tidak jauh berbeda dengan membuat paspor baru melalui website resmi kantor imigrasi.

2. Lakukan Pendaftaran
Setelah membuka aplikasi, klik Masuk pada halaman pertama. Kemudian lanjut mengisi data diri secara lengkap, ada username, password, mengisi nama, NIK, nomor HP, email, dan alamat lengkap.

3. Memilih Jadwal Membuat Paspor
Setelah semua data terisi lengkap, Anda telah memiliki akun di aplikasi Antrean Paspor untuk membuat jadwal antrian dan memilih kantor imigrasi terdekat dengan Anda untuk membuat paspor.

Setiap kantor imigrasi memiliki batas kuota harian, yang bila penuh harus berganti ke kantor terdekat lainnya. Sehingga teliti kembali dan pastikan bahwa waktu serta lokasinya sudah sesuai dengan yang Anda pilih.

4. Cek Jadwal Pembuatan Paspor
Anda bisa melihat kembali pada laman user atau pengguna, kemudian klik Lihat Jadwal. Anda akan mendapatkan QR code yang harus ditunjukkan pada petugas.

3 dari 5 halaman

Kunjungi Kantor Imigrasi

Ingatlah untuk membawa dokumen-dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya, serta berpakaian yang sopan. Pastikan juga bahwa Anda datang 15 menit lebih awal guna mempermudah pengecekan berkas kembali. Tunjukkan kode booking atau QR code ke petugas untuk mencetak bukti antrean yang berisi nomor urut panggilan membuat paspor.

6. Foto Diri, Cek Dokumen, Ambil Sidik Jari, dan Wawancara

Proses foto, cek dokumen, ambil sidik jari atau biometrik akan berlangsung bersamaan. Kemudian berlanjut ke antrean wawancara, di sana Anda akan ditanya mengenai alasan pembuatan paspor.


7. Lakukan Pembayaran

Seusai wawancara Anda akan menerima kode pembayaran guna melakukan pembayaran melalui Bank BNI atau ATM, sebesar Rp 355.000 dan Rp 5.000 sebagai biaya admin. Simpanlah bukti pembayaran paspor tersebut.

8. Mengambil Paspor

Anda cukup kembali ke kantor imigrasi lagi setelah 3 atau 4 hari kerja, serta pastikan datang langsung sesuai jadwal pengambilan yang telah ditentukan.

Akhirnya paspor menuju gerbang Anda ke luar negeri siap digunakan pelesiran.

4 dari 5 halaman

Cara Daftar Antrean Online Membuat Paspor Baru Lewat WhatsApp Gateway Service (WGS)

1. Bukalah aplikasi WhatsApp yang sudah biasa Anda gunakan sehari-hari. Kemudian kirim chat dengan format #Nama#Tanggal Lahir#Tanggal kedatangan untuk Membuat Paspor
2. Contoh #AULIA#19890101#12122020
3. Kemudian kirim chat tersebut ke nomor operator layanan masing-masing wilayah kantor imigrasi.
4. Seperti pelayanan pembuatan e-paspor yang belum bisa di seluruh kota. Sayangnya saat ini baru ada 4 kantor imigrasi yang menyediakan layanan WGS, yakni:

  • Kelas 1 Batam 08228886 2017
  • Kelas 1 Jakarta Pusat 0812 9900 4406
  • Kelas 1 Tangerang 08118119000
  • Kelas 1 Bogor 081111 00333
5 dari 5 halaman

Tips Mendapatkan Kuota Antrian Membuat Paspor

1. Pastikan untuk selalu mengecek antrean kuota yang tersedia di kantor imigrasi terdekat Anda.
2. Update info kuota bisa diakses setiap hari Minggu setiap pukul 17.00 WIB
3. Biasanya ada lebih dari satu kantor imigrasi di provinsi Anda, jadi jangan terpaku pada satu kantor imigrasi saja.
4. Apabila Anda telah mendapatkan nomor antrean beserta jadwal membuat paspor, pastikan dating lebih awal bisa 30 menit atau 1 jam lebih awal.

Jangan sampai terlambat, karena bisa dipastikan nomor antrean Anda hangus, dan perlu melakukan proses dari awal lagi.

Itulah beberapa tips sederhana cara membuat paspor baru yang dapat Anda terapkan. Selamat berpelisir ria atau semangat berjuang melanjutkan beasiswa ke luar negeri ya.

(mdk/kur)