Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Cepat

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami dan Cepat
GAYA | 10 September 2019 15:41 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Bagi sebagian orang, rambut rontok adalah momok yang susah-susah gampang diatasi. Banyak produk yang merekomendasikan cara paling ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Namun nyatanya, tidak semua orang berhasil dengan satu produk yang sama. Pasalnya kulit kepala manusia dan penyebab dari kerontokan rambut berbeda. Untuk itulah penanganan pada rambut rontok juga berbeda.

Cara yang dapat dilakukan dengan tingkat keberhasilan tinggi adalah dengan mengetahui penyebabnya. Setelah itu kamu dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok.

//

Berikut ini adalah penyebab rambut rontok:

Pemilihan Shampo. Tanpa disadari, pemilihan shampo yang kurang tepat dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Oleh karena itu, penting untuk memilih shampo dengan formula tepat yang mampu menutrisi rambut serta kulit kepala secara menyeluruh seperti PANTENE Shampo Perawatan Rambut Rontok untuk penggunaan sehari-hari.

pantene rambut rontok
(c)Presented by Pantene

PANTENE Shampo Perawatan Rambut Rontok mengandung teknologi Keratin Damage Blockers yang membantu mencegah rambut patah akibat kerusakan. Dengan begitu rambut rontok bakal berkurang hingga 98% bila digunakan setiap hari. Selain itu produk ini juga mampu memperkuat rambut dari akar sampai ke ujung, mencegah kerusakan yang menyebabkan rambut patah, dan rambut rontok berkurang hingga 98% bila digunakan setiap hari.

Stres. Segala macam trauma fisik dari mulai stres berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan secara drastis, dan penyakit serius, bisa menjadi penyebab rambut rontok dalam jumlah yang banyak meskipun sementara.

Keturunan. Rambut rontok akibat genetik merupakan penyebab rambut rontok yang paling umum. Gen bisa diturunkan dari salah satu pihak orang tua, tapi Anda memiliki risiko kerontokan rambut yang lebih besar jika kedua orang tua mengalami kerontokan rambut.

Kelebihan Vit A. Dilansir dari health.com merujuk pada American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. Untuk itu, Anda harus memperhatikan konsumsi Vit A agar tidak terlalu berlebihan.

Kekurangan Protein. Penyebab rambut rontok lainnya bisa jadi karena Anda menjalani diet rendah protein. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Asupan protein yang terlalu rendah dapat melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut.

Anemia. Anemia akibat kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan yang amat sangat, lemah tubuh, dan kulit memucat. Anda juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, sulit konsentrasi, telapak tangan dan kaki dingin, serta rambut rontok.

Gangguan Kelenjar Tiroid. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid tidak bekerja dengan optimal untuk memproduksi hormon yang terkait dengan metabolisme, serta pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Hypotiroidisme mungkin menyebabkan beberapa gejala, termasuk kenaikan berat badan tanpa sebab, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi. Rambut, kulit, dan kuku mudah rapuh dan patah. Gangguan tiroid lebih umum ditemukan pada wanita, khususnya di umur 50-an. Kedua jenis gangguan tiroid ini bisa menyebabkan Anda mengalami kerontokan rambut.

Kulit Kepala Tidak Sehat. Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan peradangan, sehingga menyulitkan rambut untuk tumbuh dengan baik. Kondisi kulit yang bisa jadi penyebab rambut rontok termasuk dermatitis seboroik, psoriasis, dan infeksi jamur (ketombe).

Pemakaian Hair Dryer yang Terlalu Sering.Terlalu sering menata rambut menggunakan hairdryer dan catokan ternyata bisa merusak sifat alami rambut. Apalagi jika suhu yang digunakan terlalu panas. Pasalnya, alat ini menghilangkan kelembapan alami rambut dengan mengurangi kandungan airnya. Akhirnya, rambut rusak, kering, dan bercabang. Tak jarang penggunaan hairdryer atau catokan rambut yang terlalu sering dan panas juga dapat membuat rambut sulit untuk kembali tumbuh.

Itu adalah beberapa penyebab rambut rontok yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang. Setelah kita mengetahui penyebabnya, berikut ini adalah penanganan cara mengatasi rambut rontok.

Baca Selanjutnya: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara...

Halaman

(mdk/ega)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami