12 Cara menghaluskan wajah paling ampuh

GAYA | 6 September 2018 06:05 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ada banyak cara untuk menghaluskan wajah. Dari yang alami hingga yang berteknologi tinggi. Masing-masing memberikan hasil dengan tingkatan yang berbeda, sesuai dengan sumber daya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya.

Cara menghaluskan wajah menggunakan bahan-bahan alami atau produk perawatan wajah mungkin tidak bisa memberikan hasil signifikan dalam waktu singkat seperti microdermabrasion atau laser. Tetapi metode tersebut juga bisa memberikan efek yang diharapkan jika dilakukan dengan secara teratur. Karena pada dasarnya kulit yang cantik didapat dari komitmen untuk merawat diri.

Berikut ini kami tampilkan cara-cara menghaluskan wajah dari yang paling alami hingga yang paling cepat.

  1. Masker madu
  2. Masker tomat
  3. Masker pepaya
  4. Tea tre oil
  5. Masker kunyit
  6. Masker mentimun
  7. Deep cleansing secara teratur
  8. Eksfoliasi 1 atau 2 kali seminggu
  9. Pakai sheet mask
  10. Pemakaian facial oil
  11. Gunakan sleeping mask sebelum tidur
  12. Konsumsi suplemen vitamin C dan E

Cara menghaluskan wajah alami

Anda juga bisa mencoba cara menghaluskan wajah dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar kita. Berikut ini beberapa di antaranya.

Masker madu

Ilustrasi madu 2018 Merdeka.com/Pixabay


Madu adalah bahan terbaik untuk menghaluskan kulit. Usapkan madu murni yang sudah dicampur dengan sedikit air pada area wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Masker tomat

Ilustrasi tomat 2018 Merdeka.com/Pixabay


Tomat segar adalah toner kulit alami yang sangat baik. Juga dapat membantu mengecilkan pori-pori serta mengobati jerawat dan noda.

Untuk menghaluskan wajah dengan tomat, haluskan beberapa butir tomat segar. Oleskan ke wajah Anda, diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air.

Masker pepaya

Ilustrasi pepaya 2018 Merdeka.com/Pixabay


Pepaya mengandung enzim alami yang dikenal sebagai papain yang memiliki sifat antibakteri dan khasiat penyembuhan. Enzim ini juga membantu menghilangkan kulit yang mati dan rusak.

Cara menghaluskan wajah dengan pepaya yang bisa Anda coba adalah dengan mengolahnya sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

Minyak pohon teh

Ilustrasi tea tree oil 2018 Shutterstock


Minyak pohon teh alias tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Minyak ini juga bagus untuk mengurangi bekas jerawat dan noda.

Cara menghaluskan wajah dengan minyak pohon teh adalah dengan mengoleskannya secara teratur pada wajah.

Masker kunyit

Ilustrasi perawatan dengan kunyit Recipes Network


Kunyit adalah ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit. Bisa melembutkan, menyamarkan noda, dan meringankan pigmentasi (penggelapan).

Campur 1 sendok makan bubuk kunyit dengan susu untuk membuat pasta kental. Terapkan ke daerah wajah dan leher setiap hari untuk kulit yang halus tak bernoda.

Masker mentimun

Ilustrasi mentimun Mrs. Wages


Mentimun melembapkan, menutrisi, dan menghaluskan. Cairan di dalamnya memiliki pH yang sama dengan kulit, sehingga dapat membantu memulihkan mantel asam alami kulit.

Untuk membuat masker wajah, campurkan dua sendok makan oatmeal, satu setengah mentimun murni dan sedikit susu. Oleskan masker ke wajah dan leher Anda, biarkan selama sekitar 20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Anda juga bisa menggunakan mentimun sebagai pembersih. Cukup campurkan jus mentimun dengan susu dan gunakan sebagai pengganti pembersih wajah yang biasa dipakai.

Cara menghaluskan wajah ala Korea

Korea Selatan terkenal dengan produk kecantikannya yang sangat beragam dan lebih maju. Bahkan negara-negara barat pun mengakui mutakhirnya teknologi kosmetik di negeri ginseng.

Para wanita di Korea mendapatkan glass skin alias kulit mulus sebening kaca berkat ketelatenan mereka dalam menggunakan skincare.

Deep cleansing secara teratur

Membersihkan wajah minimal dua kali sehari tak hanya bikin kulit jauh dari jerawat. Juga bisa menjadikannya mulus dan terhindar dari kusam.

Proses pembersihan terbaik dilakukan dalam dua langkah atau lebih. Anda bisa mencoba deep cleansing dengan cleansing oil yang disusul dengan cleanser berbasis foam. Atau bisa juga dengan metode 4-2-4 (4 menit pemijatan dengan cleansing oil, 2 menit dengan cleanser foam, 4 menit pemijatan dengan air hangat).

Eksfoliasi 1 atau 2 kali seminggu

Lakukan eksfoliasi untuk mengelupas sel-sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan produksi kolagen dan menjadikan kulit lebih halus. Gunakan scrub dari oatmeal (untuk kulit sensitif), gula pasir (untuk kulit kering), atau enzyme peel. Setelah dieksfoliasi, biasanya kulit langsung terasa lebih lembut dan lunak.

Pakai sheet mask

Ilustrasi Masker Wajah 2014 Merdeka.com


Sheet mask mengandung cairan pelembap ekstra yang cukup efektif untuk menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal. Lakukan perawatan dengan sheet mask yang sesuai kebutuhan kulit Anda minimal seminggu sekali.

Gunakan krim wajah dengan tekstur rich

Ilustrasi Nivea Creme Into The GLoss


Multi-purpose cream dengan tekstur rich seperti Nivea Creme, Viva Skin Food, atau Laneige Water Bank Gel Cream bisa memberikan kulit halus dalam waktu yang relatif singkat.

Pemakaian facial oil

Ovale Essential Vitamin Tokopedia/COSTMART


Untuk Anda yang memiliki kulit sangat kering, nutrisi ekstra dari facial oil bisa membantu melembapkan dan melembutkan kulit wajah. Pilih yang mengandung vitamin E atau minyak pelembap jenis lain.

Gunakan sleeping mask sebelum tidur

Penggunaan sleeping mask sebelum tidur biasanya efektif untuk menjadikan wajah lebih lembap, cerah, dan halus keesokan harinya.

Demikian cara menghaluskan wajah dengan rangkaian skincare ala Korea Selatan. Anda tak harus menggunakan produk dari negeri ginseng asli untuk mendapatkan kulit halus. Produk lokal pun banyak yang tak kalah berkualitas, kok.

Konsumsi suplemen vitamin C dan E

Mengonsumsi suplemen kulit dengan kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi juga efektif menjadikan kulit halus dalam waktu yang relatif singkat. Pilih produk suplemen yang memiliki izin beredar resmi dari pemerintah.

Demikian cara menghaluskan wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan produk perawatan kecantikan. Cara-cara menghaluskan wajah di atas harus dibarengi dengan gaya hidup sehat agar hasilnya bisa bertahan lama.

Sumber: Top10HomeRemedies, Dermstore

Baca juga:
6 Kemungkinan penyebab kulit tiba-tiba gatal, dari alergi sampai leukemia
Olahraga beneran bisa bikin kulit glowing, tapi perhatikan 3 hal ini terlebih dahulu
Ternyata main hp bisa bikin jerawat dan penuaan dini!
Tahi lalat ternyata bisa berisiko jadi kanker kulit
10 Body lotion ringan dan anti-lengket, buat yang nggak suka pelembap rich

(mdk/tsr)