Cerdik, kota di Islandia pasang zebra cross 3D agar pengendara tak ngebut

GAYA | 30 Oktober 2017 16:16 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Ada banyak cara yang diterapkan oleh pihak berwenang untuk memperkecil angka kecelakaan yang disebabkan karena pengendara kebut-kebutan. Umumnya dengan menerapkan peraturan ketat bagi para pengguna jalan. Namun kota kecil di Islandia ini punya cara lain yang lebih kreatif, yaitu dengan memasang zebra cross tiga dimensi.

Dilansir Bored Panda, pihak berwenang di Isafjordur, sebuah kota nelayan di Islandia memerintahkan pembuatan zebra cross yang dicat dengan ilusi optik. Tampaknya seperti balok-balok putih yang mengambang di udara.

Zebra cross 3D di Isafjordur, Islandia ©2017 Gusti Production

Desain yang inovatif ini tidak hanya memberi kemudahan bagi para pejalan kaki, tetapi juga bisa menarik perhatian para pengemudi. Dengan begitu mereka akan menurunkan kecepatan begitu mendekati jalur penyeberangan.

Zebra cross 3D di Isafjordur, Islandia ©2017 Gusti Production

Zebra cross 3D di Isafjordur, Islandia ©2017 Gusti Production

Komisaris lingkungan Islandia Ralf Trylla menyerukan penempatannya di Isafjordur setelah melihat proyek serupa yang sedang dilaksanakan di New Delhi, India. Dengan bantuan perusahaan lukisan jalanan Vegmalun GIH, visinya bisa diwujudkan menjadi kenyataan.

Dengan adanya zebra cross ini di jalan-jalan Isafjordur, diharapkan angka kecelakaan akibat kelalaian pengemudi di kota tersebut bisa semakin ditekan. (mdk/tsr)

Baca juga:
Pesona Lembah Barun Nepal, salah satu lembah terindah di muka bumi
Keindahan musim gugur di berbagai negara dari balik lensa kamera
Mengintip serunya wahana di The World of The Hunger Games Dubai
Wahana The Hunger Games pertama di dunia dibuka di MOTIONGATE Dubai
8 Mitos mengejutkan yang dipercaya masyarakat Rusia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.