Cerita Akhir Pekan: Tak Hanya untuk Makanan, Simak 6 Khasiat dan Kegunaan Rempah

GAYA | 31 Maret 2019 10:06 Reporter : liputan6.com

Merdeka.com - Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dunia mungkin lebih mengenal rute perdagangan Jalur Sutra dibandingkan Jalur Rempah. Padahal, Jalur Rempah punya pengaruh besar pada kehidupan Indonesia dan dunia di masa kini.

Indonesia sudah tercatat di banyak manuskrip kuno sebagai bagian penting dalam pembentukan peradaban dunia. Dilansir dari laman Museum Nasional, Kamis, 28 Maret 2019, rempah-rempah Indonesia merupakan salah satu komoditas penting dalam jalur perdagangan, bahkan sejak zaman kejayaan kerajaan-kerajaan besar di dunia.

Biasanya, rempah digunakan sebagai bumbu masakan, meski terkadang juga dibuat jadi makanan manis atau minuman penyegar badan. Namun, tahukah Anda, bahwa di balik fungsi memperkaya rasa makanan dan minuman, rempah juga baik untuk kesehatan?

Dilansir dari beragam sumber, berikut enam kegunaan dan khasiat rempah selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan.

Menambah Nafsu Makan

Untuk bantu meningkatkan nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi kayu manis. Rempah yang satu ini bermanfaat bagi metabolisme tubuh, terutama bagi yang bermasalah dengan nafsu makan. Selain itu, kayu manis juga bermanfaat mencegah tubuh terserang radikal bebas.

Kayu manis biasanya diolah dalam bentuk bubuk dan dimasukan sebagai bumbu masakan, dicampurkan ke dalam adonan, maupun ditambahkan ke dalam kopi.

Melawan Bakteri

Rempah yang bisa melawan bakteri di dalam tubuh adalah pala. Kalau ingin memiliki rangkaian gigi yang sehat dan kuat, serta aroma napas segar, sebaiknya rutin mengkonsumsi rampah satu ini. Kalau biji pala biasa diolah jadi bumbu dapur, buah pala lebih sering dijadikan manisan, sirop, atau dibuat jadi es.

Mengatasi Mual dan Nyeri

Salah satu jenis rempah yang sangat dikenal dan sering digunakan adalah jahe. Rempah satu ini bisa memberi rasa hangat kalau diolah jadi minuman, sebut saja sekoteng dan susu jahe. Rempah satu ini bantu mengatasi mual dan mengatasi rasa nyeri. Selain itu, sensasi hangat dalam minuman jahe juga bisa membantu meredakan gejala flu dan masuk angin.

Ragam Manfaat Rempah untuk Kesehatan

Melancarkan Pernapasan dan Pencernaan

Rempah lainnya yang punya banyak manfaat adalah kunyit. Selain bisa mengurangi rasa sakit karena kram perut saat datang bulan, kunyit atau sering disebut si kuning, juga dapat meningkatkan stamina tubuh, serta melancarkan pernapasan dan pencernaan. Kunyit bisa diolah dalam bentuk campuran makanan maupun jamu.

Antioksidan Alami

Ketumbar termasuk rempah yang punya banyak khasiat. Biji ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten, dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami.

Daun ketumbar berguna mendukung kesehatan rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar juga jadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium. Rempah ini juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, wasir, dan radang lambung.

Menyuburkan Rambut

Untuk menyuburkan rambut, Anda bisa menggunakan kemiri. Selain jadi bumbu masak, rempah satu ini dapat dijadikan obat, terutama jika berbentuk minyak kemiri. Minyak kemiri bisa mempercepat tumbuh rambut, cocok bagi Anda yang mengalami kebotakan.

Namun, ada juga yang memanfaatkannya untuk mengobati penyakit seperti diare, sariawan, sakit perut, disentri, demam, dan sakit gigi. Kemiri punya banyak khasiat karena mempunyai kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, dan protein yang terdapat di dalamnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: