Chapaguri alias Ramdon, Ramen Steak yang Viral Gegara Parasite

Chapaguri alias Ramdon, Ramen Steak yang Viral Gegara Parasite
GAYA | 17 Februari 2020 18:58 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Film Parasite berhasil memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi di festival fim internasional, termasuk Oscar. Tak cukup memborong tiga piala Oscar, Parasite juga berhasil menggondol penghargaan Best Picture.

Kemenangan Parasite mencetak sejarah bagi Korea Selatan. Tak heran kalau film ini lantas menciptakan gaung yang luar biasa. Hampir segala hal tentang fim ini jadi viral. Termasuk lokasi pengambilan gambarnya yang mendadak populer sebagai lokasi selfie.

Tak cukup sampai di situ, bahkan makanan yang muncul di Parasite pun ikutan viral. Chapaguri alias ramdon menjadi salah satu bagian penting dari film Parasite.

1 dari 3 halaman

Makanan Murah Meriah yang Beneran Populer di Korea

ilustrasi chapaguri

YouTube/Jisun's Kitchen

Karena chapaguri terdengar sulit diterjemahkan dalam bahasa Inggris, sang sutradara, Bong Joon-ho menyebutnya ramdon yang merupakan singkatan dari ramen dan udon.

Makanan tersebut ternyata sudah dikenal luas di Korea Selatan sejak enam tahun lalu. Dilansir Korea Bapsang, 2 Februari 2020, Chapaguri memadukan mie Chapagetti dan Neoguri. Keduanya adalah produk mi instan populer di Korea Selatan.

2 dari 3 halaman

Representasi Hubungan Si Miskin dan Si Kaya

ilustrasi chapaguri

YouTube/Jisun's Kitchen

Chapaguri juga menjadi representasi bertemunya orang kaya dan orang miskin. Perpaduan mi dan daging itu adalah metafora dari hubungan simbiosis antara parasit dan inangnya.

"(Ramdon) ini adalah makanan yang disukai anak-anak, sang istri kaya dikisahkan tak tahan anaknya yang makan mi murahan, maka dia menambahkan topping berupa daging sirloin," ungkap sebut sang sutradara Bong Joon-ho, dilansir dari Los Angeles Times, 11 Februari 2020.

3 dari 3 halaman

Viral di Dunia Maya

Gara-gara popularitas Parasite, Chapagetti pun ikutan viral. Kalau Anda perhatikan, banyak channel YouTube dan akun Instagram yang menyuguhkan video memasaknya.

Kepingin buat sendiri? Gampang, kok. Tinggal cari dua merek mie instan tersebut di supermarket. Masak seperti biasa, lalu tumis di wajan bersama daging sirloin.

(mdk/tsr)

Baca juga:
9 Makanan yang Disebut Santapan Orang Miskin, Kini Banyak yang Sudah Naik Kasta
Penampakan Bakso Chuanki Akang Bandung yang Habiskan 50 Kilogram Cabai Sehari
7 Cara Memasak Jengkol yang Menggiurkan, Mudah dan Praktis
Mencicipi Tarantula Goreng yang Populer di Kamboja
5 Kuliner Hits yang Viral di Tahun 2019

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami