Dampak Pandemi Covid-19, Sepeda Kembali Populer di Filipina

Dampak Pandemi Covid-19, Sepeda Kembali Populer di Filipina
GAYA | 29 Mei 2020 11:02 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Berakhirnya masa karantina dan dimulainya periode The New Normal membuat para pekerja harus kembali beraktivitas di luar rumah. Tak terkecuali warga Filipina yang lantas mulai bersepeda. Alat transportasi umum yang masih beroperasi dalam kapasitas terbatas membuat warga Filipina beralih ke sepeda.

1 dari 2 halaman

Penjualan Sepeda Murah Meningkat Signifikan

ilustrasi sepeda

©Pixabay/Free-Photos

Penjualan sepeda berharga terjangkau menyentuh 300-500 unit dalam dua hari. Tercatat setidaknya 14 juta warga Filipina bisa kembali bekerja sejak 16 Mei. Tapi, ketakutan akan infeksi virus corona baru masih terus menghantui.

"Permintaan sepeda sangat tinggi karena cenderung dibutuhkan orang sekarang. Makanya stok kami cepat menipis, terutama bagi sepeda berharga terjangkau dan sepeda lipat," kata pemilik toko sepeda, Glorydine Fontilla, seperti dilansir dari laman video South China Morning Post (24/5/2020).

"Bila situasi sudah kembali normal, saya rasa tetap lebih aman punya kendaraan sendiri. Setidaknya kami bisa pulang lebih awal daripada dengan resah menunggu kendaraan umum," tutur salah satu pembeli sepeda, Norman Barte.

2 dari 2 halaman

Salah Satu Upaya untuk Memutus Rantai Transmisi Virus

Bekerja menggunakan sepeda tak hanya menjadi solusi untuk keterbatasan alat transportasi umum. Warga juga berusaha menghindari kontak langsung dengan orang lain sebagaimana biasanya terjadi di transportasi umum. Maka dari itu, secara tak langsung berupaya memutus transmisi virus.

Dilaporkan bahwa pekerja tak memerlukan screening untuk bisa kembali beraktivitas. Menurut laporan Worldo Meters, kasus virus corona baru di Filipina per Sabtu, 23 Mei 2020 tercatat 13.777 dengan kematian 863 jiwa dan sembuh 3.177 pasien.

Reporter: Asnida Riani
Sumber: Liputan6.com (mdk/tsr)

Baca juga:
Depok Siap Hidupkan Lagi Jalur Sepeda di Jalan Margonda
Sopir Avanza Penabrak 7 Pesepeda Diperiksa Kasus Kecelakaan dan Narkoba
PNS Sopir Avanza yang Seruduk 7 Pesepeda Bakal Kena Sanksi
Sepinya Parkiran Sepeda di Stasiun MRT
Mengenal Brompton, Sepeda Berharga Puluhan Juta yang Diselundupkan Dirut Garuda

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5