Demi Tidur Nyenyak, 4 Cara ini Ampuh Hentikan Kucing Mengeong di Malam Hari

Demi Tidur Nyenyak, 4 Cara ini Ampuh Hentikan Kucing Mengeong di Malam Hari
muezza baru. ©2021 Merdeka.com
GAYA | 5 April 2021 07:30 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Mendengar kucing mengeong di malam hari sebenarnya bukan hal yang aneh. Tapi jika dilakukan terus-menerus, bukan hanya bikin pemiliknya khawatir pada kondisi anabul, tapi juga dapat mengganggu waktu istirahat penghuni rumah lainnya. Selain memahami alasan di balik meongan yang terus-menerus di malam hari, jajal beberapa solusi ampuh berikut ini.

Bantu Kucing Beradaptasi

muezza baru
©shutterstock

Bersifat krepuskular yang aktif saat fajar dan senja, kucing secara naluri akan lebih aktif saat penghuni rumah lainnya tidur nyenyak. Para ahli hewan menyarankan untuk membantu anabulmu beradaptasi dengan menyediakan mainan sepanjang hari, terutama saat ditinggal sendirian.

Cara ini bukan hanya bikin kucing merasa happy tapi juga mendorongnya untuk aktif bermain di sela-sela tidur siangnya. Jadwalkan sesi bermain dengan hewan peliharaanmu di sore hari untuk membuatnya lebih lelah dan membantunya tertidur sepanjang malam.

Bersihkan Litterbox Sebelum Tidur

muezza baru
©shutterstock

Kotak kotoran yang terisi bisa menjadi penyebab kucingmu terus mengeong di malam hari. Kebanyakan anabul lebih suka litterbox yang bersih, jadi ada baiknya untuk memiliki kebiasaan membersihkannya sebelum tidur.

Kotak pasir yang bersih di malam hari akan membantu kucingmu tetap bahagia dan tenang. Selain membersihkan kotorannya setiap hari, jangan lupa untuk mencuci kotak pasir setiap 1-2 minggu sekali untuk melakukan pembersihan yang menyeluruh.

Gunakan Lampu Tidur

muezza baru
©shutterstock

Jika memiliki kucing yang sudah cukup berumur, penggunaan lampu yang temaran di sekitar rumah dapat membantu hewan pemeliharaan yang mengalami masalah penglihatan atau demensia. Mampu melihat lingkungannya dapat membantu anabul tua agar merasa tidak terlalu takut dan lebih percaya diri, yang seharusnya bisa mengurangi kebiasaan mengeong di malam hari.

Atur Pola Makan

muezza baru
©shutterstock

Mengeong untuk membangunkanmu di tengah malam bisa jadi cara kucing menunjukkan rasa lapar atau haus. Hindari memberikan terlalu banyak makanan saat meninggalkan anabul sepanjang hari dan membiarkannya lapar di malam hari. Atur jadwalnya untuk pemberian makan dalam porsi kecil dengan automatic feeder dan sesi makan malam yang lebih larut untuk mengurangi kebiasaan meminta makan di dini hari.

Bukan hanya memberikan porsi makan yang cukup, perhatikan juga kualitas dry food yang dipilih. Berikan yang terbaik dari Muezza yang mengandung nutrisi lengkap dan kadarnya seimbang untuk menjaga kucingmu tetap sehat dan aktif.

muezza baru
©Muezza

Hanya menggunakan bahan-bahan alami tanpa bahan tambahan sintetik, brand makanan kucing kering ini diolah dengan teknologi modern. Dirancang khusus oleh ahli gizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hewan peliharaan, Muezza hadir dalam 4 pilihan rasa lezat seperti Tuna Flavor, Salmon Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Mackerel Flavor.

Selain sehat dan lezat, pemilik kucing kini jadi lebih leluasa memegang cat food karena Muezza sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Bebas khawatir saat terkena liur kucing, juga dapat membawanya bepergian atau mencari lokasi penyimpanan makanan tanpa was-was. Dapatkan Muezza sekarang juga, cukup dengan memesannya di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia (mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami