Diare Pada Kucing, Bagaimana Pertolongan Pertamanya di Rumah?

Diare Pada Kucing, Bagaimana Pertolongan Pertamanya di Rumah?
GAYA | 1 Desember 2020 08:36 Reporter : Zaki

Merdeka.com - Cat owner pastinya akan merasa khawatir saat kucing kesayangan mengalami diare. Meskipun sebagian besar mereka akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa jam, tapi jangan diremehkan. Pasalnya, tanpa perawatan yang tepat kucing bisa mengalami dehidrasi. Sebelum membawa ke dokter hewan, coba lakukan beberapa pertolongan pertama di rumah seperti berikut ini.

Mengubah Makanannya

diare pada kucing bagaimana pertolongan pertamanya di rumah
©2020 Merdeka.com

Ada banyak penyebab diare pada kucing, tapi kebanyakan disebabkan oleh sesuatu yang dimakan oleh kucing atau perubahan makanan yang mendadak. Diare bisa jadi dipicu bahan baru yang kurang cocok dengan sistem pencernaan kucing. Coba kembali ke makanan yang diberikan sebelumnya dan amati apakah diarenya mereda atau belum.

Jika ingin mengenalkan cat food baru, ada baiknya melakukan transisi selama seminggu. Caranya, bertahap campurkan lebih banyak makanan baru ke makanan yang biasa disantap. Transisi ini memungkinkan sistem pencernaannya beradaptasi dan menurunkan risiko diare.

Berikan Porsi kecil

diare pada kucing bagaimana pertolongan pertamanya di rumah
©2020 Merdeka.com

Banyak yang beranggapan tak perlu memberikan makanan saat kucing sedang diare. Sebaliknya, sistem pencernaan membutuhkan nutrisi untuk mengembalikan kesehatannya. Berikan beberapa porsi kecil makanan yang mudah dicerna, tapi dengan frekuensi yang lebih sering misalnya 4 kali dalam sehari. Utamakan diet rendah lemak, tingkatkan asupan karbohidrat dari kentang atau nasi dengan sedikit ayam atau bahkan bubur bayi dengan bahan dasar daging.

Pastikan Cukup Minum

diare pada kucing bagaimana pertolongan pertamanya di rumah
©2020 Merdeka.com

Kucing yang mengalami diare perlu cukup minum air agar terhindar dari dehidrasi. Isi mangkuk air minum kucing dengan air bersih dan segar. Selain itu, bisa juga menambahkan mangkuk ekstra versi kaldu ayam atau daging sapi yang encer untuk meningkatkan asupan nutrisinya.

Hindari Memberikan Obat Manusia

diare pada kucing bagaimana pertolongan pertamanya di rumah
©2020 Merdeka.com

Tak jarang pemilik kucing memberikan obat manusia untuk mengatasi diare pada kucing kesayangannya. Tanpa berkonsultasi pada dokter hewan, hal ini justru dapat membahayakan kesehatannya.

Sebaliknya, suplemen probiotik bisa diberikan pada kucing untuk mengembalikan populasi bakteri baik di sistem pencernaannya. Pilih produk yang khusus digunakan untuk kucing dan dibuat oleh perusahaan yang punya brand terkemuka. Jika kucing tampak lesu, kehilangan nafsu makan, tampak kesakitan, hingga muntah, saatnya membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Pastikan selalu menjaga asupan nutrisinya dengan memberikan cat food berkualitas seperti Muezza. Terbuat dari bahan alami, salah satu kandungan unggulan di dalamnya adalah Ekstrak Yucca Schidigera yang dapat mengurangi bau dan membantu kotoran kucing terbentuk menjadi gumpalan. Dibuat dari bahan utama ligan saponin dan kompleks karbohidrat, ekstrak ini juga ampuh menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan kucing.

diare pada kucing bagaimana pertolongan pertamanya di rumah
©2020 Merdeka.com

Ada 4 varian rasa untuk menjaga kucing tetap berselera makan seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Muezza juga sudah bersertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Sediakan selalu Muezza di rumah dengan membelinya di Shopee maupun Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia (mdk/aki)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami