Diserbu Fitoplankton, Pantai-Pantai San Diego Menyala Biru di Malam Hari

Diserbu Fitoplankton, Pantai-Pantai San Diego Menyala Biru di Malam Hari
GAYA | 7 Mei 2020 09:52 Reporter : Tantri Setyorini

Merdeka.com - Setelah menjalani lockdown dan masa karantina selama berminggu-minggu, beberapa tempat wisata di Amerika Serikat kembali dibuka untuk umum. Sejumlah pantai di San Diego kembali menerima pengunjung bertepatan dengan fenomena bioluminesensi.

1 dari 2 halaman

Fenomena Ombak Biru Bercahaya di Pantai-Pantai La Jolla

fenomena ombak bercahaya di la jolla

©2020 NBC San Diego/Ashwin Salvi

Sejumlah pantai di pesisir La Jolla, San Diego mengalami fenomena ombak bercahaya biru yang hanya bisa disaksikan di malam hari. Menurut artikel yang dilansir NBC San Diego (29/4/2020), salah satunya adalah pantai Windansea. Fotografer Ashwin Salvi sempat mengabadikan keindahannya pada akhir bulan April.

Panta-pantai lain di La Jolla juga mengalami fenomena serupa. Dilansir La Jolla Light (2/5/2020), wisatawan di Scripps Pier, Ocean Beach, Sunset Cliffs, Cardiff-by-the-Sea, dan lepas pantai San Elijo State Beach juga bisa menyaksikan keindahan ombak biru bercahaya di malam hari.

2 dari 2 halaman

Akibat Lonjakan Fitoplankton

fenomena ombak bercahaya di la jolla

©La Jolla Light/Milan Kovacevic

Menurut pakar bioluminesensi Michael Latz, fenomena ini disebabkan oleh melonjaknya jumlah fitoplankton di perairan. Fitoplankton dari jenis algae ini membuat permukaan air berwarna cokelat kemerahan, kerap disebut red tide atau gelombang pasang merah. Pada saat malam hari, fitoplankton mengeluarkan cahaya biru cemerlang.

Cahaya ini berasal dari pigmen warna yang terdapat di dalam tubuh mereka. Plankton akan bereaksi terhadap ombak atau pergerakan apapun di air dengan mengeluarkan cahaya tersebut. Fenomena ini juga bisa disaksikan di negara-negara lain, termasuk beberapa pantai di Indonesia. (mdk/tsr)

Baca juga:
Penampakan Ganggang Pancarkan Cahaya di Laut California
Akan Terjadi Pekan Ini, Begini Cara Menyaksikan Hujan Meteor Eta Aquarids
Mengenal Komet Halley, Asal Hujan Meteor Eta Aquarids yang Akan Terjadi Pekan Ini
4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Bulan Mei 2020, Catat Tanggalnya
Jenis-jenis Awan Menurut Ketinggian dan Manfaatnya Bagi Manusia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami